Tips Wisata ke Jatim Park 3, Liburan Asyik Tanpa Kelelahan

Batu memiliki sederet wahana rekreasi menarik untuk dikunjungi. Selain Jatim Park, wisatawan juga bisa mendapatkan pengalaman seru di Batu Night Spectacular, Batu Secret Zoo, atau Museum Angkut. Salah satu destinasi teranyar di Kota Apel adalah Jatim Park 3 (JTP 3), dengan wahana unggulan Dino Park dan The Legend Star.

Berdiri di lahan seluas lima hektar, bisa dibayangkan Teman Traveler bakal kelelahan jika berniat menjelajah setiap sudutnya. Nah, agar hal tersebut tak sampai terjadi, berikut adalah beberapa tips wisata ke Jatim Park 3 yang perlu disimak.

Bawa Stroller

Membawa stroller di Jatim Park 3 (c) Lita Lestianti/Travelingyuk

Jika Teman Traveler mengajak anak kecil ke JTP3, sebaiknya membawa stroller. Pilihlah jenis yang ringan, karena saat antri sebelum masuk kereta pengunjung akan diminta melipat stroller dan membawanya hingga pertunjukan selesai. Bakal cukup melelahkan mengangkat stroller saat antrean sedang mengular.

Bawa Gendongan Bayi

Gendongan bayi tidak membuat repot via Instagram.com/leny_fh

Bagi Teman Traveler yang mengajak serta buah hati, adik, atau keponakan ada baiknya siapkan pula gendongan bayi. Bisa saja terjadi skenario di mana anak tiba-tiba tidak ingin naik stroller dan minta digendong.   

Pakai Alas Kaki Nyaman

Gunakan alas kaki nyaman (c) Lita Lestianti/Travelingyuk

Lantaran JTP3 lumayan luas, saya sarankan memakai alas kaki nyaman. Selain harus berjalan jauh, Teman Traveler akan melewati medan yang sedikit naik dan turun. Jangan sampai di tengah jalan mengalami lecet karena alas kaki kurang memadai.

Bawa Payung atau Jas Hujan

Tetap bisa keliling Dino Park dengan jas hujan via instagram.com/putrialiyathaa

Jika berkunjung ke Jatim Park 3 di musim hujan, jangan lupa membawa payung atau jas pelindung. Memang akan sedikit repot, tapi jalan-jalan bakal jadi lebih efektif. Berdasarkan pengalaman saya, banyak pengunjung terpaksa berteduh karena tidak membawa payung.

Sementara mereka yang membawa payung atau jas hujan tetap bisa melanjutkan berkeliling. Setidaknya tidak rugi, karena acara jalan-jalan tidak terganggu hujan. Jika tidak mau repot, Teman Traveler juga bisa membeli jas hujan di kompleks Jatim Park 3.  

Datang Lebih Awal

Antri di Dalam Dino Park sebelum naik kereta (c) Lita Lestianti/Travelingyuk

Jika Teman Traveler mengunjungi Batu saat weekend, libur panjang, atau ‘hari kejepit’, sebaiknya datang lebih awal agar tak perlu antri panjang di loket maupun di dalam taman rekreasi.

Begitu memasuki area Dino Park, pengunjung akan dibawa berkeliling dengan naik kereta khusus. Biasanya antrean di wahana satu ini cukup panjang. Akan terasa lebih nyaman jika Teman Traveler datang lebih awal, ketika jumlah pengunjung tak terlalu membludak.  

Teman Traveler juga bisa lebih puas berswafoto. Kalian tak harus menunggu giliran terlalu lama untuk mengabadikan berbagai momen menarik di kompleks Jatim Park 3.

Terlalu ramai untuk berswafoto (c) Lita Lestianti/Travelingyuk

Teman Traveler akan lebih puas mengelilingi tempat-tempat di Dino Park maupun The Legend Star. Ketika berkunjung ke sana, saya belum sempat mencoba semua wahana di Dino Park. Antreannya sudah terlalu panjang dan hari mulai gelap.

Naik E-Bike

E-bike membuat tak cepat lelah via Instagram.com/putrialiyathaa

Ini adalah cara termudah menghindari lelah berlebihan di Jatim Park 3. Teman Traveler bisa menyewa E-Bike usai turun dari kereta di Dino Park. Sebaiknya pilih yang ukuran kecil, karena bisa digunakan menjelajah hampir semua sudut di dalam taman.

Harga sewa E-Bike single adalah Rp100.000,per tiga jam, sedangkan E-Bike double adalah Rp200.000 per tiga jam. Jangan sampai terlambat mengembalikan karena akan ada denda, Rp35.000 per jam untuk single bike dan Rp75.00 per jam untuk double bike.

Itulah beberapa tips wisata ke Jatim Park 3, agar Teman Traveler tak sampai kelelahan berlebih saat menjelajah di dalamnya. Jadi bagaimana, adakah di antara kalian yang berencana mampir ke Dino Park maupun Legend Star akhir pekan ini?

Tags
Batu kontributor tips dan inspirasi traveling wisata batu wisata malang
Share