5 Tips Traveling Budget Pas-pasan, Kantong Kering Tetap Bisa Jalan-jalan

Advertisement

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat merencanakan perjalanan traveling adalah budget. Kalau kamu salah perhitungan, bisa jadi liburanmu terhambat karena kehabisan uang, nggak mau kan? Jika kamu ingin traveling dengan budget pas-pasan, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Berikut 5 tips traveling budget pas-pasan dari kontributor Travelingyuk Dea Fahmi Reza, buat kamu yang hobi berpergian. Tetap bisa jalan-jalan meski uang pas-pasan.

1. Cari Dahulu Informasi Sebanyak Mungkin

Mencari informasi lewat smartphone, Via Instagram streetphotography1805
Mencari informasi lewat smartphone, Via Instagram streetphotography1805

Sebelum kamu memulai traveling, sebaiknya kamu mencari banyak informasi mengenai destinasi tujuanmu, transportasi yang akan kamu gunakan, tempat makan, obyek wisata, dan juga harga penginapannya. Informasi tersebut dapat kamu cari di internet, atau bertanya langsung kepada teman-teman traveler lainnya. Informasi tersebut akan sangat membantu kamu dalam meminimalisir biaya perjalanan.

2. Gunakanlah Transportasi Umum

Lebih pilih kendaraan umum, Via Instagram widiestu
Lebih pilih kendaraan umum, Via Instagram widiestu

Walapun tak senyaman kendaraan pribadi, transportasi umum dapat mengurangi pembiayaan berliburmu. Pesanlah tiket transportasi seperti bus dan kereta api jauh-jauh hari sebelumnya. Jika kamu memesan tiket secara mendadak, maka harganya pasti akan mahal. Sering-seringlah mengecek website mereka agar kamu tau promo harga yang sedang mereka adakan. Cara ini sangat ampuh untuk kamu yang punya budget pas-pasan.

3. Carilah Penginapan Murah

Cari penginapan yang murah, Via Instagram etedalat
Cari penginapan yang murah, Via Instagram etedalat

Traveling tidak harus menginap di hotel bintang. Banyak sekali penginapan khusus untuk para backpacker yang sangat murah. Hal ini perlu diperhatikan karena pengeluaran terbesar saat traveling adalah biaya menginapnya. Kamu harus selalu ingat bahwa tujuan utamamu menginap adalah untuk beristirahat, bukan kemewahan. Akan lebih baik jika kamu menemukan penginapan murah yang dekat dengan tempat tujuan wisatamu. Kamu jadi bisa berjalan kaki sambil menikmati pemandangan di sekitar sana.

4. Bawalah Bekal Makan Sendiri

Bawa bekal sendiri, Via Instagram 8989anko2
Bawa bekal sendiri, Via Instagram 8989anko2

Kalau kamu sedang pergi ke tempat wisata, misalnya saja taman kota, pasti ada keinginan untuk jajan dan minum. Tetapi rata-rata harga makanan dan minuman di tempat wisata cenderung mahal. Hal ini harus diperhatikan kalau punya budget yang pas-pasan. Penting untuk membawa makanan bekal sendiri ketika akan pergi ke tempat wisata. Dengan demikian kita bisa menekan pengeluaran saat pergi traveling. Bekal bisa dibeli di pasar tradisional atau warung dekat penginapan kamu tinggal.

5. Tempat Wisata Gratis

Cari tempat wisata murah, tengah kota misalnya, Via Instagram ___alternative
Cari tempat wisata murah, tengah kota misalnya, Via Instagram ___alternative

Tempat wisata murah atau gratis selalu ada dimana saja. Bisa berupa pantai, sungai, gunung, dan juga taman. Dengan mengunjungi tempat-tempat ini, kita bisa berhemat dan tujuan wisata jadi semakin banyak. Semua harus diperhitungkan dengan rinci dan detail. Hal ini dapat membantu menyamakan budget antara tempat wisata dengan mempertimbangkannya dari segi jarak dan biaya.

Itulah lima tips traveling budget pas-pasan yang bisa kamu lakukan jika uang sedang seret. Terbukti ya, uang bukan masalah yang terlalu besar, yang penting niatnya aja diperkuat. Sepakat?

Advertisement
Tags
tios traveling budget pas-pasan
Share