Cara Mendapatkan Travel Umroh & Haji yang Murah dan Anti Ketipu

Advertisement

Bagi umat muslim, khususnya di Indonesia, sudah menjadi impian tersendiri untuk bisa beribadah langsung di rumah Allah. Meski tak bisa dibilang murah, namun banyak yang rela menabung hingga bertahun-tahun, bahkan melakukan umroh backpacker.  Juga berdampak pada banyaknya agen travel yang berloma-lomba menawarkan paket murah. Tak hanya beribadah, paket-paket yang ditawarkan pun biasanya juga dilengkapi acara pelesir ke Dubai, Turki, bahkan ada pula yang memberi bonus berlibur ke Eropa setelah selesai menjalankan umroh. Sayangnya, tak sedikit juga yang menipu. Ini dia cara-cara untuk terhindar dari penipuan berkedok travel murah.

Harga Masuk Akal

Umroh merupakan mimpi sebagian besar rakyat Indonesia
Umroh merupakan mimpi sebagian besar rakyat Indonesia [image source]
Banyaknya travel agen bodong ini rupanya sudah memakan korban dari kalangan artis juga. Lyra Virna, juga Kalina mengaku telah ditipu oleh biro perjalanan yang menjanjikan acara beribadah yang nyaman dengan harga terjangkau. Semurah-murahnya tarif yang ditawarkan, perlu diketahui bahwa negara Arab tak mudah untuk memberikan visa umroh. Pastikan visamu sudah selesai diurus oleh travel agen yang memberangkatkanmu. Bisa berangkat tapi susah pulang dan tertahan di bandara bukan hal yang tak mungkin terjadi. Bahkan tak sedikit yang mengalami tragedi serupa.

Track Record Travel

Umroh
Umroh [image source]
Jangan lupa mengecek track record dari travel yang akan kamu gunakan jasanya. Baik atau tidaknya pelayanan biasanya bisa terlihat dari testimonial para konsumen yang puas. Keluhan pun akan terbaca jelas. Namun, belakangan testimonial pun sudah banyak dipalsukan. Yang paling tidak beresiko adalah menggunakan biro perjalanan yang direkomendasikan orang terdekat atau kenalan sesuai dengan pengalaman pribadinya. Nah, yang seperti ini tidak akan menjerumuskan, bukan?

Jangan Tertipu Follower yang Banyak

First Travel yang bermasalah
First Travel yang bermasalah [image source]
Kini berbagai usaha sudah menggunakan sosial media sebagai salah satu wadah promosinya. Ramai atau tidaknya peminat biasanya terlihat dari banyaknya follower yang tak mau ketinggalan berita atau promo yang diadakan. Sayangnya, sekarang pun sudah bisa membeli follower, lho. Terbaru, First Travel Umroh memiliki masalah mengenai pemberangkatan hingga meminta calon jemaah mengirimkan biaya tambahan agar bisa segera berangkat. Padahal akun instagramnya memiliki puluhan ribu pengikut, ternyata hal ini tidak bisa dijadikan jaminan.

Rajin Mencari Informasi Mengenai Fasilitas

Teliti fasilitas yang dijanjikan
Teliti fasilitas yang dijanjikan [image source]
Belakangan banyak terungkap kasus iming-iming berangkat ke Mekkah untuk beribadah dengan harga terjangkau, namun dilengkapi berbagai fasilitas kelas mewah. Perjalanan dengan maskapai mahal, juga menginap di hotel bintang 5 yang super nyaman. Rajin-rajinlah mencari tahu lewat internet mengenai fasiitas yang ditawarkan. Meski hotel mewah, tapi letaknya sangat jauh dengan Masjidil Haram, sama saja akan membuat ibadahmu terhalang jarang dan waktu karena harus mencari transportasi setiap akan sholat berjamaah.

Menggunakan Travel Resmi

Gunakan travel berijin resmi Departemen Keagamaan
Gunakan travel berijin resmi Departemen Keagamaan [image source]
Rasanya sangat berbahagia saat bisa mewujudkan mimpi berumroh, apalagi sebelumnya harus menabung sedikit demi sedikit. Sholat berjamaah dengan saudara semuslim dari seluruh dunia pun sudah terbayang. Namun, bisa jadi bayangan indah tersebut buyar dan malah berganti dengan kekecewaan yang super dalam. Untuk menghindari ini, gunakan agen perjalanan yang resmi. Daftarnya bisa dengan mudah dicari di internet. Mungkin akan lebih mahal, namun harganya tetap masuk akal dan sesuai dengan fasilitas yang dijanjikan. Kini bahkan bisa menabung dengan DP murah untuk bisa berangkat di tahun berikutnya, lho.

Nah, sudah baca kan caranya agar tak tertipu iming-iming murah namun berakhir dengan kekecewaan. Jadilah konsumen yang pintar dengan membagikan informasi ini pada teman dan sahabat. Selamat beribadah, ya.

Advertisement
Tags
tips traveling wisata religi
Share