Apa yang Seharusnya Dilakukan Jika Terjebak Cuaca Ekstrem Saat Berlibur?

Advertisement

Cuaca ekstrem saat berlibur dapat menjadi bencana bagi siapa pun yang tidak siap. Orang-orang yang tidak disiapkan dengan baik dapat menemukan diri mereka dalam situasi yang tidak menyenangkan atau bahkan berbahaya. Seperti yang terjadi pada wisatawan yang beberapa waktu lalu terjebak di Karimunjawa.

Selama kurang lebih lima hari, mereka tidak bisa menyeberang kembali dan mengalami penundaan kepulangan. Hal ini terjadi karena ombak tinggi akibat cuaca ekstrem. Ini adalah insiden yang mungkin luput diperhitungkan ketika berlibur. Untuk menghindari hal serupa, ada beberapa hal yang seharusnya dilakukan jika terjebak dalam cuaca ekstrem saat berlibur.

Lakukan Riset Cuaca

Photo by Brian McGowan on Unsplash

Ini akan membantumu mempersiapkan diri dengan baik untuk perjalanan. Teman Traveler dapat mengikuti informasi cuaca di media sosial atau membaca laporan cuaca di koran atau di internet. Ini akan memberimu gambaran yang jelas tentang apa yang akan dihadapi, jadi kamu bisa mengambil langkah-langkah untuk menghadapinya.

Selalu Pergi dengan Persiapan

Photo by Erol Ahmed on Unsplash

Jangan lupa bawa perlengkapan yang dibutuhkan untuk melindungi diri Anda dari cuaca ekstrem, seperti payung, jaket tebal, dan sepatu khusus. Dengan mempersiapkan diri dengan baik, Anda dapat memastikan bahwa rencana berlibur Anda akan berjalan lancar. Jika Anda harus berada di luar selama cuaca buruk, cobalah untuk bergerak cepat namun tetap aman.

Cobalah untuk Tetap Tenang dan Berpikir Jernih

Photo by Erwann Letue on Unsplash

Jangan panik. Hal yang paling penting adalah menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain. Jika kamu merasa bahwa situasi membahayakan, segera hubungi pihak berwenang atau organisasi yang relevan untuk meminta bantuan.

Selalu Bawa Obat-Obatan yang Penting

Photo by Laurynas Mereckas on Unsplash

Pastikan =membawa obat-obatan yang tepat untuk penyakit atau kondisi penyakit yang kamu alami. Jika kamu tidak yakin tentang obat-obatan yang harus dibawa, segera hubungi dokter untuk meminta saran.

Selalu Isi Ulang Air Minum

Photo by Marvin Meyer on Unsplash

Saat kemalangan terjadi, kamu mungkin mendapati akses minum yang jauh lebih sulit. Karena itu untuk memastikan kamu mendapatkan asupan air minum yang cukup, kapan pun botol minummu kosong maka segera isi hingga penuh. Dengan begitu, ketika keadaan darurat terjadi, kamu tidak akan kesulitan untuk mencari air minum yang bersih.

Persiapkan Pakaian yang Sesuai

Photo by Sarah Brown on Unsplash

Jangan pakai pakaian yang terlalu tipis atau terlalu tebal, karena ini akan membuat kamu lebih tidak nyaman dan rentan terhadap cuaca ekstrem. Usahakan untuk memakai pakaian yang nyaman dan sesuai untuk cuaca. Selain itu, bawa pakaian cadangan yang mudah kering sehingga selalu bisa digunakan dalam keadaan darurat karena dapat dicuci dan kering seketika.

Cari Tempat Aman untuk Berlindung

Photo by Orna Alex on Unsplash

Jika cuaca ekstrem terjadi, cobalah untuk menemukan tempat yang aman untuk berlindung, seperti bangunan atau ruangan bawah tanah. Ini akan membantumu menghindari cuaca buruk dan menjaga keamanan. Pastikan kamu berada dalam gerombolan yang sama dan tidak berpencar jika memungkinkan. Hal ini demi mempermudah proses evakuasi.

Syukurnya wisatawan asing dan domestik yang terjebak di Karimunjawa berhasil dievakuasi dan sudah sampai di Semarang. Kini mereka bisa melanjutkan aktivitas atau perjalanan.

Kita tentu tidak mau hal buruk terjadi, tapi tentunya ada baiknya jika kamu berencana untuk bepergian di waktu-waktu yang berpotensi muncul cuaca ekstrem, kamu mengikuti tips-tips di atas.

Advertisement
Tags
Cuaca Ekstrem tips cuaca buruk
Share