Hindari Barang Ini Saat Traveling, Biar Bawaan Nggak Berat

Tidak perduli kamu jenis traveler yang menggunakan koper atau ransel, mengemas barang saat traveling adalah satu hal yang benar-benar harus diperhatikan. Karena jika tidak, hal tersebut akan mempersulit diri sendiri. Meskipun mengemas barang menggunakan koper, jika semua benda masuk di dalamnya, sama saja akan membuatmu susah sendiri. Begitu pun jika menggunakan ransel, backpack, atau carrier. Berikut ini merupakan tips packing saat traveling, agar barang bawaan tak mempersulit diri sendiri dalam perjalanan.

1. Alat Mandi

Hotel telah menyediakan sabun via pexels.com

Tips packing saat traveling yang pertama adalah tentang alat mandi. Setiap hotel, berapa pun bintangnya, pasti menyediakan peralatan mandi untuk tamunya. Mulai dari sabun, sampo, pasta gigi, sabun, bahkan hingga lotion. Karenanya teman traveler tak perlu membawa peralatan mandi yang telah disediakan oleh hotel. Bawa saja beberapa benda yang tidak disediakan di hotel. Seperti benda-benda ekstra untuk merawat rambut atau kosmetik.

2. Kamera Lengkap

Tak perlu membawa peralatan kamera lengkap via pexels.com

Tips packing saat traveling lainnya tentang kamera. Membawa kamera lengkap akan sangat menyusahkan, kecuali jika tujuan travelingnya memang untuk berburu foto atau berhubungan dengan pekerjaan seorang fotografer. Jika hanya sekedar jalan-jalan, lebih baik hanya bawa kamera yang sederhana, seperti mirrorless. Dengan membawa banyak lensa, body kamera, serta tripod, dapat menambah berkilo-kilo jumlah berat barang bawaan.

3. Terlalu Banyak Celana Jeans

Jangan terlalu banyak membawa jeans via pexels.com

Meskipun terdengar sepele, membawa banyak celana jeans akan menambah berat barang bawaanmu. Selain itu, pakaian yang berbahan jeans juga cukup memakan tempat.

Tips packing untuk traveling
Tips packing untuk traveling (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Setidaknya bawa satu atau dua celana jeans saja. Karena bahannya yang kuat dan tidak mudah kotor, celana ini dapat kamu gunakan selama beberapa hari.

4. Hair Dryer

Tak perlu bawa hair dryer via pexels.com

Hair dryer termasuk salah satu hal yang lebih baik ditinggalkan saat traveling. Beberapa hotel telah menyediakan fasilitas ini. Dengan begitu, tas atau kopermu akan ringan dan menggantinya dengan barang bawaan lain yang lebih penting. Jika hotel tempat teman traveler menginap tidak menyediakan pengering rambut, kipas angin dapat menjadi alat bantu untuk mengeringkan rambut.

5. Bawa Satu Pasang Sepatu

Bawa satu pasang sepati via pexels.com

Tak perlu membawa terlalu banyak sepatu ketika traveling. Bawa satu pasang sepatu saja, namun sesuaikan dengan destinasi tujuanmu. Teman traveler dapat memilih satu sepatu yang dapat digunakan dengan segala kondisi. Sisanya dapat disiasati dengan membawa alas kaki lain seperti sandal santai ataupun sandal gunung.

Mengemas barang di dalam koper maupun tas saat akan traveling memang sedikit beresiko. Jika asal memasukan barang, akan membuat barang bawaan semakin berat dan mengurangi efisiensi ruang. Coba tips di atas ya pada perjalananmu mendatang.

Tags
Indonesia Packing tips traveling Wisata
Share