Tips Olahraga Saat Puasa, Tetap Sehat di Bulan Suci

Olahraga saat puasa sebenarnya sangat mungkin dilakukan. Namun porsinya tentu berbeda dibanding hari biasa. Ada batasan yang harus diperhatikan. Teman Traveler penasaran? Yuk, simak beberapa tips dan penjelasan saya berikut ini.

Berenang Sebentar di Pagi Hari

Ilustrasi gedung kolam renang (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Puasa bukan penghalang untuk berenang. Namun apakah boleh dilakukan, mengingat ada kemungkinan air masuk dalam tubuh? Dalam Islam sendiri hukumnya adalah makruh alias masih boleh. Tapi tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Pertama, Teman Traveler sebaiknya berenang pagi hari. Selain tubuh masih fresh, juga menghindarkan dari pikiran ingin sengaja mendinginkan diri karena haus. Selanjutnya adalah batasi waktu berenang. Jika terlalu lama di dalam air, kalian akan cepat capek dan lemas.

Jalan Santai

Ilustrasi jalan santai (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Banyak orang bilang lari adalah olahraga paling murah. Namun bagaimana jika sedang puasa? Teman Traveler bisa beralih sejenak ke jalan santai atau jalan cepat jika fisik memungkinkan. Dengan demikian tubuh tetap aktif bergerak dan sekaligus memperlancar sistem metabolisme.

Ilustrasi jogging track (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Berdiam diri selama sebulan penuh berpuasa tentunya tidak akan sehat. Jadi apa salahnya Teman Traveler berolahraga sejenak, meski hanya sekedar jalan pagi di lapangan olahraga maupun sekitar komplek perumahan.

Lari Jarak Pendek

Ilustrasi lari jarak pendek (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Lari atau jogging termasuk olahraga populer karena memang murah dan menyenangkan. Aktivitas ini juga bisa dilakukan selama puasa, namun ada perbedaan porsi yang harus diperhatikan.

Jogging pagi hari, Teman Traveler akan merasakan hawa segar. Selain itu tubuh masih dalam kondisi bagus lantaran baru makan sahur beberapa jam sebelumnya. Agar tak cepat lelah, cukup berlari kecil santai dengan beberapa putaran. Tak perlu terlalu bekerja keras, asalkan tubuh bergerak dan kalori terbakar sudah cukup.

Jogging sore hari jelang buka juga tak kalah asyik. Teman Traveler bisa berlari normal seperti hari biasa. Pasalnya waktu berbuka sudah dekat dan jika kalian kelelahan, bisa langsung mendapat asupan pengganti dari kalori yang dibakar.

Jogging di Tempat Rindang

Ilustrasi jogging track di tempat rindang (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Jika ingin berolahraga teratur saat puasa, pilihlah tempat yang rindang. Beraktivitas berat di tempat terbuka dan langsung terkena sinar matahari akan membuat Teman Traveler cepat lelah. Selain teduh, berlari di lokasi rindang juga akan memberi kesempatan kalian menghirup oksigen berkualitas tinggi.

Bersepeda Santai

Ilustrasi sepeda (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Bersepeda juga termasuk olahraga yang disukai banyak orang. Bahkan tak sedikit yang menganggapnya sebagai hobi. Sangat menyenangkan untuk dilakukan.

Selama puasa, Teman Traveler masih bisa tetap bersepeda sembari mengelilingi jalanan kota atau komplek olahraga. Agar tenaga tak cepat terkuras, gunakan set gear paling ringan. Selain itu cobalah berkendara di pagi hari dan pilih tempat teduh.

Bermain Bola Basket

Ilustrasi bermain basket (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Bola basket juga bisa jadi pilihan olahraga selama puasa. Cukup main untuk seru-seruan saja bersama teman. Jika bisa, pilihlah sore hari. Setelah lelah bermain Teman Traveler bisa langsung berbuka.

Main Tenis Bareng Teman

Ilustrasi bermain tenis (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tenis juga seru dimainkan selama puasa. Teman Traveler bisa coba melakukannya di pagi hari dengan intensitas ringan, agar tak terlalu melelahkan. Jangan mengumbar tenaga begitu saja karena memukul bola tenis bukan sesuatu yang enteng.

Ajak Anak-anak

Olahraga sambil mengajak anak (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Olahraga saat puasa akan lebih menyenangkan jika mengajak anak-anak. Tingkah polah mereka bakal bikin Teman Traveler terhibur saat sudah mulai kelelahan. Selain itu kalian juga bisa mengajarkan pada mereka bahwa berpuasa bukan berarti harus berdiam diri, menghemat tenaga hingga waktu berbuka.

Itulah beberapa tips olahraga saat puasa yang bisa Teman Traveler coba. Selain itu, jangan lupa konsumsi banyak air putih dan vitamin saat berbuka.

Tags
kontributor tips dan inspirasi Travelingyuk
Share