Tips Naik Pesawat dengan Balita, Liburan Keluarga Bisa Tenang

Rasanya akan sangat menyenangkan jika bisa liburan dengan keluarga. Namun, harus mempertimbangkan banyak hal untuk mengajak si kecil terbang dengan pesawat. Selain tangisnya bisa mengganggu penumpang lain, balita juga cepat merasa bosan dan tidak nyaman. Tenang saja, kamu tetap bisa merencanakan liburan bersama dengan keluarga kecilmu, kok. Ikuti saja tips naik pesawat dengan balita agar perjalanan tetap nyaman dan tenang.

1. Pilih Umur Anak dengan Tepat

Pilih usia anak yang aman
Pilih usia anak yang aman via Instagram/@trailtail

Traveling dengan bayi yang baru saja lahir beberapa minggu tampaknya tidak terlalu aman. Ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Namun bayi dengan usia ini akan lebih banyak tidur. Jika anak anda menginjak usia di atas enam bulan hingga setahun, siap-siap lelah karena balita di usia ini jauh lebih aktif. Semakin sering diajak terbang, si anak pun akan mulai terbiasa dengan suasana di dalam pesawat.

2. Atur Jadwal Sesuai Jam Tidur Anak

Sesuaikan dengan jam tidur anak
Sesuaikan dengan jam tidur anak via Instagram/@cholo_partyof3

Masing-masing anak memiliki jam tidur yang berbeda. Beberapa berhasil menerapkan kebiasaan tidur di malam hari dan bangun saat hari terang. Sebaliknya, anak yang baru segar menjelang tengah malam juga ada. Pilihlah jadwal keberangkatan sesuai dengan jam tidur anak. Ini akan jauh lebih memudahkan untuk menghindari si kecil rewel saat sedang berada di ketinggian.

3. Pilih Penerbangan dengan Transit

Pilih penerbangan transit
Pilih penerbangan transit via Instagram/@life_of_gabshi

Sudah bukan rahasia, anak kecil cenderung cepat merasa bosan. Hindari melakukan penerbangan panjang jika sedang membawa balita. Selain anak akan rewel dan membuatmu sibuk, bisa juga suara tangisnya mengganggu penumpang lain. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya atur penerbangan dengan beberapa kali transit. Si kecil pun akan terhibur dengan perubahan suasana di sekitar,

4. Bawa Stroller atau Kursi Bayi

Bawa stroller atau babyseat
Bawa stroller atau babyseat via Instagram/@rianang1205

Tips naik pesawat dengan balita berikutnya adalah dengan membawa stroller atau kursi bayi ke dalam kabin. Untuk memastikan, kamu bisa menghubungi customer service maskapai yang akan digunakan, apakah membawa perlengkapan seperti ini diizinkan. Lebih penting, pesanlah kursi sendiri untuk si buah hati. Selain tidak membuatmu kelelahan, si kecil akan mendapat ruang yang cukup.

5. Minta Bantuan Pramugari

Minta bantuan pramugari
Minta bantuan pramugari via Instagram/@suhendarsahadi

Jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain. Tahukah bahwa ada hal-hal yang bisa minta ke pramugari? Salah satunya adalah meminta bantuan mereka untuk mengasuh si kecil. Hal ini sangat dibutuhkan ketika kamu harus ke kamar kecil, sementara pasanganmu sedang tertidur lelap. Pastikan meminta dengan sopan dan saat mereka sedang tidak sibuk, ya.

Nah, setelah membaca tips naik pesawat dengan balita, sekarang jadi tak ragu lagi kan membawa si kecil untuk liburan? Bagaimana, sudah siap menciptakan kenangan indah dengan keluarga?

Tags
Akomodasi Indonesia tips dan inspirasi tips naik pesawat dengan balita
Share