Tips Jitu Liburan Murah Meriah ke Gili Trawangan

Advertisement

Siapa coba yang tidak tertarik liburan di Gili Trawangan di Lombok Utara. Pulau kecil bebas polusi dengan pantai yang jernih dan taman bawah laut yang relatif masih terjaga, ditambah spot sunrise dan sunset dalam satu lokasi membuat pulau ini sudah seperti surga saja. Pulau ini sudah sejak lama dikenal dunia dan menjadi jujugan wisatawan mancanegara. Terbukti dengan banyak berdirinya resort mewah di sana.

Walau namanya sudah dikenal luas dan menjadi salah satu obyek wisata andalan Indonesia, nyatanya belum banyak traveler yang mengetahui informasi rinci mengenai hal-hal mendasar untuk merencanakan liburan yang sempurna di pulau ini. Banyak dari traveler umumnya backpacker yang enggan ke sana lantaran terbentur biaya yang mahal. Tapi, kalau saja mereka tahu ada cara hemat untuk menikmati liburan di Gili Trawangan dengan puas, pasti akan makin banyak backpacker yang dapat mewujudkan mimpinya.

Disusun Travelingyuk dengan merangkum dari berbagai sumber serta pengalaman traveler yang pernah berkunjung ke Gili Trawangan, didapatlah berbagai trik dan tips yang bisa kamu coba untuk mewujudkan liburan hemat dan puas di pulau keren ini. Berikut ulasan lengkapnya.

Cara Mengakali Transportasi Menuju Gili Trawangan

Ada banyak cara untuk menuju ke Gili Trawangan, cara paling mudah, cepat dan mahal adalah dengan naik speedboat dari Bali. Tempat pemberangkatannya tinggal pilih, lewat Tanjung Benoa, Padang Bai, Sanur atau Pulau Serangan. Tapi kita sedang membahas liburan hemat, sehingga pilihan pertama tidak masuk dalam kategori. Ada cara lain yang lebih hemat dengan konsekuensi waktu tempuhnya lebih lama.

Kita asumsikan kalian sudah berada di Pulau Bali. Step pertama yang dilakukan adalah menuju ke Pelabuhan Padang Bai. Di sana kamu beli tiket kapal ferry menuju ke Pelabuhan Lembar di Lombok dengan biaya Rp. 40 ribu. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 5 jam. Setelah sampai di Lombok, lanjutkan perjalanan menuju ke Terminal Mandalika di Mataram dengan ongkos Rp. 10 ribu. Barulah setelah itu menuju ke Desa Pemenang naik angkot, tarifnya sekitar Rp. 15 ribu.

Tempat parkir perahu di Pelabuhan Bangsal, via instagram
Tempat parkir perahu di Pelabuhan Bangsal, via instagram

Tujuan selanjutnya adalah Pelabuhan Bangsal, dari desa Pemenang naik ojek saja dengan biaya yang murah bisa dinego karena lokasinya sudah dekat. Pelabuhan Bangsal adalah pintu gerbang menuju ke tiga gili yang salah satunya adalah Gili Trawangan. Kamu tinggal beli tiket public boat dengan biaya sekitar Rp. 15 ribu per kepala. Setelah itu berlayar selama setengah jam dan sampailah di pulau yang dimaksud. Informasi tambahan, kapal penyeberangan dari dan ke Gili Trawangan berlangsung antara pukul 08.00 WITA dan 17.00 WITA dengan asumsi cuaca cerah.

Advertisement
Tags
Gili Trawangan Lombok
Share