Tips Menabung untuk Liburan, Jangan Cuma Wacana!

Adakah di antara Teman Traveler yang berhasrat jalan-jalan namun urung terwujud karena dana belum terkumpul? Jangan cuman wacana, segeralah susun rencana agar liburan impian bisa segera terwujud. Berikut ini Travelingyuk punya beberapa tips menabung untuk liburan yang bisa kamu coba.

Pilih Destinasi

sean_o_kmn4veeepr8_unsplash_lmF.jpg
Ilustrasi pantai via Unsplash

Pertama-tama, tentukan dulu tujuan wisata yang diinginkan. Teman Traveler tentu sudah punya semacam bucket list bukan? Kalian bisa mencari inspirasi dari situ atau beberapa ulasan mengenai tempat wisata.

Berikutnya, cari informasi sebanyak mungkin terkait destinasi tersebut.  Mulai dari transportasi, kuliner, hingga akomodasi yang recommended serta keperluan liburan lainnya. Buat list tempat mana saja yang ingin Teman Traveler sambangi. Jika perlu, buatlah itinerary.

Tentukan Anggaran

josefa_ndiaz_izmdwt2lw5q_unsplash_qG5.jpg
Ilustrasi menentukan anggaran via Unsplash

Rampung membuat itinerary, berikutnya Teman Traveler mulai menyusun bujet. Berapa banyak uang yang akan dialokasikan untuk liburan. Tentukan sesuai itinerary. Jangan sampai membuat perencanaan keuangan yang tidak sesuai dengan plan awal.

Dengan begini, Teman Traveler bisa tahu secara pasti berapa target tabungan yang ingin dicapai, hingga berapa lama waktu yang dibutuhkan mengumpulkan dana tersebut. Mulailah menyisihkan sebagian pemasukan untuk hal ini. Tak perlu ragu, karena liburan kini sudah jadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang.

Target dan Komitmen

giulia_bertelli_dvxgnwnywem_unsplash_zwx.jpg
Ilustrasi komitmen pada diri sendiri via Unsplash

Hal ini adalah salah satu yang paling penting. Tentukan target, kapan Teman Traveler bakal mencapai jumlah tabungan sesuai yang dibutuhkan. Pastikan juga berapa persen pemasukan bakal dialokasikan untuk anggaran. Begitu gaji masuk, jangan -menunda-nunda untuk menyisihkannya dalam pos liburan.

Belajar disiplin pada diri sendiri. Komitmen untuk selalu menabung sesuai nominal yang ditetapkan. Agar jumlahnya cepat terpenuhi, cobalah mengatur keuangan dengan baik. Jangan sampai tergoda menggunakan uang dalam tabungan untuk keperluan lain.

Gunakan Rekening Khusus

michael_longmire_lhltmgdohc8_unsplash_6Ma.jpg
Ilustrasi tabungan untuk liburan via Unsplash

Cara ini juga sangat efektif. Pisahkan rekening tabungan liburan dan kebutuhan sehari-hari. Hal ini penting untuk menghindari terpakainya dana jalan-jalan untuk keperluan lain. Langsung pindahkan dana ke rekening ini setiap ada pemasukan anyar.

Kurangi Gaya Hidup Konsumtif

Punya kebiasaan habiskan waktu di kafe hits? Mulailah batasi kegemaran ini. Meski terlihat sepele, akumulasi pengeluaran untuk nongkrong per bulan bisa cukup banyak lho. Jangan sampai rencana liburan impian gagal terwujud hanya karena menuruti hasrat nongki atau belanja baju baru.

Itulah sekilas ulasan mengenai tips menabung untuk liburan. Yuk, segera
wujudkan perjalanan wisata terbaik Teman Traveler. Ingin wisata ke Jogja atau Bandung nih?

Tags
kontributor tips dan inspirasi Travelingyuk
Share