Tips Cara Makan Kepiting yang Jarang Orang Tahu

Advertisement

Kuliner kepiting adalah menu yang susah ditolak karena kelezatannya. Meski seenak itu, tapi justru dihindari oleh sebagian orang yang merasa kesulitan saat menyantapnya. Sedihnya, beberapa bagian yang nikmat justru dibuang begitu saja. Padahal di dalamnya ada daging yang melimpah. Jika tahu caranya, menikmati setiap kenikmatan yang ada pada kepiting itu cukup mudah kok.

1. Menggunakan Alat Pemecah Cangkang Kepiting

Pemecang Cangkang
Pemecang Cangkang Via wikiHow

Kepiting tidak seperti ikan yang tinggal dibelah dan dicomot. Butuh perlakuan khusus jika ingin menikmatinya semaksimal mungkin. Yang pertama kamu perlukan adalah senjata ampuh untuk memecah atau membuka cangkang kepiting. Bentuknya seperti tang. Setelah bagian cangkang atau capit terbuka kamu bisa langsung memakan daging atau menghisapnya.

2. Membelah Kepiting dan Cabut Capitnya

Membelah Kepiting
Membelah Kepiting Via YouTube

Makan kepiting memang lumrah menggunakan tangan langsung. Namun beberapa keadaan mengharuskanmu makan dengan sendok dan garpu. Jangan khawatir, kamu masih bisa tetap makan kok. Caranya adalah dengan membelah kepiting menjadi beberapa bagian. Di beberapa restoran biasanya kepiting tersaji dalam keadaan sudah terbelah. Jika belum, kamu bisa meminta bantuan pada pelayan. Selain itu, sebaiknya kamu mencabut capitnya terlebih dahulu dengan gerakan menarik kemudian diputar.

3. Makan Kepiting dengan Sendok dan Garpu

Makan Kepiting dengan sendok
Makan Kepiting dengan sendok Via nl.aliexpress.com

Jika tidak ada alat untuk memecah cangkang, kamu bisa menggunakan sendok dan garpu. Cara ini cukup ampuh untuk bagian capit yang memang menyimpang banyak daging. Tusuklah daging dengan garpu lalu hancurkan kulit capit dengan sendok. Setelah remuk, ganti fungsi sendok untuk menahan capit dan garpu buat mengorek-ngorek dagingnya. Mudah sekali kan?

4. Menikmati Bagian Dada Kepiting

Makan Kepiting
Makan Kepiting Via Instagram Baltimore Magazine

Bagian dada kepiting juga menyimpang banyak daging. Sebenarnya paling pas dinikmati langsung dengan tangan. Namun mengeruknya dengan sendok juga bisa. Di area ini juga terdapat bagian paru-paru yang rasanya kurang enak. Kamu harus lebih jeli agar bagian itu tidak termakan.

Kepiting adalah adalah satu seafood yang nikmat. Namun tidak semua bagian tubuhnya bisa dimakan. Contohnya seperti cangkang yang memang keras dan kaki-kaki kepiting yang berukuran kecil. Menikmati hidangan ini bukan hanya soal rasa, tapi sensasi saat berburu daging dan menghisap-hisap cangkangnya. Kamu punya cara lain yang lebih mudah? Bagikan di kolom komentar ya.

Advertisement
Tags
Indonesia kuliner tips
Share