Berlibur di Bali Saat Nyepi? Simak 7 Tips Ampuhnya Berikut Ini

Nyepi merupakan salah satu hari besar paling sakral di Bali. Hampir semua aktivitas di Pulau Dewata akan dihentikan seharian penuh, termasuk di antarnya bandara dan tempat wisata. Lantas apakah itu berarti liburan ke Bali saat Nyepi adalah ide yang buruk? Setelah ditelusuri, ternyata banyak hal menarik yang bisa coba Anda lakukan saat seluruh penduduk sedang khusyuk melakukan ritual Nyepi. Daripada penasaran, berikut beberapa tips yang kamu bisa praktekkan untuk membuat liburan di Bali tetap menyenangkan di Hari Raya Nyepi.

1. Bikin Rencana Perjalanan Matang

Membuat catatan soal rencana perjalanan via The Ontarion

Pastikan Anda membuat rencana perjalanan dengan matang. Pastikan sudah mendarat di Bali sebelum Nyepi dimulai. Anda akan berkesempatan menyaksikan beberapai pawai khas yang sungguh sayang jika dilewatkan. Salah satunya pawai ogoh-ogoh, patung yang melambangkan roh dan aura jahat. Ogoh-ogoh bakal diarak keliling desa atau wilayah tertentu, sebelum kemudian dibakar sebagai bentuk harapan agar semua warga bebas dari pengaruh buruk.

2. Nikmati Semua Fasilitas di Hotel

Fasilitas kolam renang di Bisma Eight Bali via Instagram Bismaeight

Nyepi cuma berlangsung selama satu hari, dan Anda bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk menikmati fasilitas hotel tempat menginap secara maksimal. Tak ada salahnya untuk coba bersantai di kolam renang, menikmati fasilitas spa, atau bahkan berjalan-jalan sambil menikmati pemandangn yang ada di sekitar resort. Beberapa hotel di Bali bahkan menawarkan ruangan rekreasi khusus berisi sejumlah permainan seperti tenis meja maupun billiard untuk membantu para tamu melewati Nyepi.

3. Menonton Film

Menonton film di laptop sembari menikmati minuman via Instagram Adler.Anja

Kebanyakan restoran maupun kafe memilih tutup ketika Nyepi berlangsung. Namun bukan berarti Anda hanya bisa terdiam atau tidur seharian di kamar hotel. Cobalah lakukan beberapa kegiatan menyenangkan, di antaranya menonton film. Pemerintah Bali biasanya meminta stasiun TV domestik untuk menghentikan sementara siaran mereka, namun untungnya aturan tersebut tak diberlakukan untuk siaran tv kabel. Selain itu sambungan Internet di hotel juga tetap dibiarkan menyala.

4. Memotret Bintang

Pemandangan langit Bali bertabur bintang via Instagram Made_oghell

Selama prosesi Nyepi, hampir seluruh warga Bali akan berdiam diri di rumah untuk bermeditasi dan tidak menyalakan lampu. Hal ini membuat seantero Pulau Dewata menjadi gelap gulita di malam hari. Sepintas mungkin akan tampak menyeramkan. Namun jika melongok ke atas, Anda akan mendapati hamparan bintang-bintang indah, yang sebelumnya sulit terlihat karena paparan sinar lampu dari kawasan perkotaan. Inilah kesempatan yang bagus untuk memotret indahnya lautan bintang di langit Bali.

5. Tinggalkan Bali

Indahnya pemandangan Gili Petelu di Lombok Timur via Instagram Dytoo_mediatour

Bagi yang tidak tahan hanya berada di sekitar area resort atau hotel selama Nyepi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mencoba berjalan-jalan ke beberapa pulau di sekitar Bali. Salah satu destinasi favorit adalah Pulau Gili, yang sudah cukup populer di kalangan wisatawan asing. Anda bisa menyewa perahu dari Sanur, Padangbai, mapun Benoa untuk menuju ke sana. Ada sejumlah sumber yang menyebutkan Pulau Nusa sebagai alternatif, namun konon adat istiadat Bali dan ritual Nyepi masih diberlakukan dengan ketat oleh warga sekitar.

6. Tidur

Ilustrasi seorang wanita sedang tidur via Awakening Health

Salah satu opsi terbaik untuk menghabiskan waktu adalah dengan tidur. Anda juga bisa melakukannya ketika Nyepi di Bali. Mungkin bagi beberapa orang hal ini dianggap membosankan, namun tidur sebenarnya memberikan banyak keuntungan. Anda akan merasa jauh lebih segar keesokan harinya dan siap mengerahkan semua tenaga untuk menjelajah berbagai tempat indah yang ada di Bali.

7. Menikmati Suasana Tenang

Suasana tenang di Pantai Lembongan Bali via Instagram Summerdaytrip

Seluruh Bali akan jauh lebih tenang dari biasanya selama Nyepi, jadi mengapa Anda tidak sekalian mencoba untuk menikmatinya? Suasana tenang selama sehari penuh akan bagus untuk membuat jiwa merasa tentram dan damai. Apalagi Bali dikenal dengan alamnya yang masih asri. Anda dijamin akan merasa seperti benar-benar lepas dari penatnya kehidupan bertempo cepat di kawasan perkotaan. Nyepi adalah kesempatan yang bagus untuk menentramkan hati, bahkan Anda bisa melakukan yoga jika memang ingin.

Itulah tadi beberapa tips dan kegiatan menyenangkan yang bisa Anda lakukan di Bali di tengah-tengah perayaan Nyepi. Di tengah keheningan sekalipun, Pulau Dewata ternyata masih bisa menjadi tempat berlibur yang istimewa.

Tags
Bali Indonesia liburan nyepi liburan nyepi bali tips Wisata
Share