Nusa Ceningan, Pulau Mungil yang Cocok untuk Menyepi di Bali

Menjelajahi Pulau Bali memang tidak akan ada habisnya. Dari Denpasar hingga pulau-pulau kecil di sekitarnya. Seperti Nusa Ceningan yang belum banyak dijamah oleh wisatawan. Bahkan atmosfer tradisonal masih begitu kental terasa di sini. Pulau dengan panjang 3,7 km dan lebar 1,5 km, menjadikan Nusa Ceningan menjadi pulau terkecil di antara dua gugusan pulau lainnya. Walaupun paling mungil, Nusa Ceningan tetap menawarkan keindahan alam Bali bagaikan berlian yang tersembunyi. Jika ingin menyepi di Bali, Nusa Ceningan tempat yang paling tepat.

Jembatan Kuning Penghubung dari Nusa Lembongan

Satu-satunya akses untuk ke Nusa Ceningan
Jembatan Kuning satu-satunya akses dari Nusa Lembongan [image source]
Sebagai satu-satunya akses yang menghubungkan Nusa Ceningan dengan Nusa Lembongan, jembatan ini memegang peran besar untuk menjaga mobilitas masyarakat yang keluar dan masuk ke pulau ini. Walaupun sempat roboh pada akhir tahun 2016 lalu, saat ini jembatan yang dibuat dengan kerangka besi ini telah pulih kembali. Setiap wisatawan yang datang selalu tampak asyik berfoto di atas jembatan. Tak jarang mereka lupa kalau jembatan ini juga jalan untuk kendaraan bermotor lewat.

Wisatawan yang berfoto di jembatan kuning
Serunya foto di Jembatan Kuning [image source]

Blue Lagoon yang Menawan

cliff jumping Blue Lagoon
Cliff Jumping Blue Lagoon [image source]
Blue Lagoon adalah jawaban untuk kamu yang suka menantang adrenalin. ‘Surga’ yang tersembunyi di balik hutan ini menjadi spot untuk cliff jumping. Tapi jangan sembarang terjun tanpa melihat kondisi ombak ya. Waktu yang paling aman untuk cliff jumping di Blue Lagoon antara Juni hingga September, karena di bulan tersebut arus ombak tergolang tenang. Sudah siap loncat dari ketinggian 13 meter dari ujung tebing?

Air biru Blue lagoon
Keindahan Blue Lagoon [image source]

Mahana Point Menunggu Kedatanganmu

Mahana jumping point
Mahana Jumping Point [image source]
Serupa dengan Blue Lagoon, Mahana Point juga menjadi salah satu spot cliff jumping yang populer. Hanya saja ketinggian tebingnya lebih rendah. Melompat dari ketinggian 10 meter juga memompa adrenalin dan merasakan sensasi yang seru. Di Mahana Point kamu juga bisa bertemu dengan para surfer yang sedang beraksi menaklukkan ombak. Kamu juga bisa coba surfing tipis-tipis di sini.

spot untuk pecinta adrenalin
Spot favorit untuk pecinta adrenalin [image source]

Gua Batu Melawang Disukai Burung Walet

Gua Batu Melawang
Gua Batu Melawang [image source]
Gua Batu Melawang berada di bawah tebing dan terletak tidak jauh dari Blue Lagoon dan Secret Beach. Di dalamnya terdapat banyak sarang burung walet. Warga setempat sempat menjadikan pemetikan sarang burung walet sebagai sumber pendapatan utama. Tapi sayangnya saat ini sudah mulai sulit ditemukan, sehingga warga sekitar juga kehilangan mata pencaharian.

warga lokal yang sedang mencari sarang walet
Warga lokal yang sedang mencari sarang walet [image source]

Menyepi di Secret Beach

Secret beach nusa ceningan
Secret Beach Nusa Ceningan [image source]
Sesuai dengan namanya, pantai tropis ini tersembunyi lokasinya. Masih tergolong sepi dari pengunjung dan benar-benar bersih. Dengan garis pantai sepanjang 50 meter, pantai ini seolah-olah menjadi pantai pribadimu. Tapi hati-hati ya, ombak di pantai ini tergolong liar. Jadi lebih baik kamu hanya bermain di bibir pantai saja. Secret Beach terletak tidak jauh dari Blue Lagoon dan searah dengan spot yang biasa digunakan untuk cliff jumping.

Benar-benar masih terjaga kebersihannya
Serasa pantai pribadi, masih sepi pengunjung [image source]
Walaupun belum memiliki beach club seperti di Seminyak dan sekitarnya, pulau kecil yang eksotis ini tetap menjadi surga yang menarik untuk dikunjungi. Buat kamu yang ingin menyepi, segera rencanakan travelingmu ke Nusa Ceningan. Tunggu apa lagi?

Tags
Bali jumping point Nusa Ceningan secret beach
Share