Tips Hemat Budget Akomodasi Saat Liburan, Traveler Cerdas Wajib Catat!

muthia anindita

muthia anindita

On Indonesia
Tips Liburan Hemat Tips Liburan Hemat

Liburan hemat dan murah memang idaman semua orang. Namun seringkali budget traveling membengkak akibat biaya akomodasi atau tempat bermalam yang terlalu mahal. Selain memesan kamar jauh-jauh hari, salah satu tips hemat budget akomodasi saat liburan adalah menentukan tempat bermalam. Caranya seperti apa? Berikut tips liburan cedas dari Kontributor Travelingyuk, Muthia Anindita.

Memilih Bermalam di Hostel yang Murah dan Nyaman

Kamar di Hostel via shutterstock.com
Kamar di Hostel via shutterstock.com

Hostel merupakan salah satu alternatif menginap yang bisa dicoba Teman Traveler. Jenis tempat bermalam ini menyediakan penyewaan satu tempat tidur untuk satu orang per malam. Biaya menginap bisa menjadi sangat murah dibandingkan bermalam di hotel. Bagaimana tidak, dalam satu kamar, setidaknya ada empat bahkan 12 tempat tidur yang disewakan ke masing-masing tamu.

Walaupun biayanya murah, hostel menyediakan fasilitas lengkap yang esensial bagi Teman Travaler. Misalnya wifi, sarapan pagi, laundry, komputer, loker dan lain sebagainya. Beberapa tempat juga menyediakan paket-paket wisata dan berbagai potongan harga tiket masuk objek wisata. Selain murah, juga bisa nambah teman baru pastinya.

Sewa Kamar, Rumah atau Apartemen Milik Warga Lokal

Sewa Kamar lewat aplikasi penyewaan via shutterstock.com
Sewa Kamar lewat aplikasi penyewaan via shutterstock.com

Belakangan ini, aplikasi penyewaan kamar, apartemen dan rumah harian mulai bermunculan. Biaya yang dipatok pun juga terjangkau. Melalui aplikasi tersebut, Teman Traveler memungkinkan dapat menyewa satu unit apartemen atau rumah lengkap dengan furnitur, televisi, komputer, wifi, peralatan dapur, sampai peralatan mandi.

Harga yang ditawarkan bergantung besar pemilik rumah yang merupakan warga lokal. Bisa dilihat dari besar tidaknya apartemen atau rumah, lokasi dan juga fasilitas yang disediakan. Nah, aplikasi sewa harian ini bisa jadi rekomendasi jika Teman Traveler liburan di luar negeri. Agar tidak tertipu, cek review pengunjung lain melalui aplikasi. Jangan kaget juga. Biasanya untuk sewa rumah bisa sekalian tinggal bersama dengan pemiliknya. Pastikan teliti jika tidak mau tinggal bersama.

Mencari Tempat Tinggal Gratis dari Teman

Bermalam di rumah teman
Bermalam di rumah teman via shutterstock.com

Tips hemat budget akomodasi saat liburan berikutnya adalah bermalam di rumah teman atau rumah singgah. Tak perlu membayar biaya sewa, hanya perlu memberikan uang beberapa untuk biasa selama bermalam. Cara mencari rumah berbagi untuk bermalam ini bisa dari teman sendiri, komunitas, bahkan aplikasi, seperti couchsurfing.

Nah, rumah bersama ini tidak seperti hotel. Kemungkinan besar Teman Traveler bakalan tidur di sofa, bahkan di lantai. Jika rumah tengah sepi, bisa jadi tidur nyenyak di atas kasar. Meski cukup menggiurkan karena tak berbayar, Teman Traveler harap waspada dengan barang bawaan. Simpan barang berharga di tempat yang aman.

‘Bermalam’ Co-working Space

Coworking Space untuk bermalam
Coworking Space untuk bermalam via shutterstock.com

Co-working space atau ruang kerja bersama adalah sebuah tempat yang disediakan untuk para pekerja untuk mengerjakan tugasnya di luar kantor. Teman ini didesain khusus agar suasana nyaman dan tidak terasa seperti kantor. Karena ditujukan untuk bekerja, co-working space menyediakan fasilitas kantor yang lengkap, mulai dari meja, kursi, komputer, printer, wifi, sampai kopi dan teh.

Beberapa tempat beroperasi selama 24 jam. Ruang kerja ini pun biasanya juga menawarkan fasilitas berupa sofa untuk istirahat, loker untuk menyimpan barang berharga. Jika Teman Traveler ingin hemat uang dan tidak butuh waktu lama untuk istirahat, bisa coba berkunjung ke co-working space. Beberapa tempat memberikan tarif, tapi ada juga yang gratis. Pastikan untuk teliti saat mencari.

Demikian tips hemat budget akomodasi saat liburan. Kekurangan pasti ada di setiap pilihan. Namun, hal tersebut bisa diminimalisir jika Teman Traveler bijak dan juga cerdas dalam memilih. Dompet pun juga bakalan aman, walaupun liburan dalam waktu cukup panjang. Bagaimana, siap mencoba?