Kue Cantik Manis, Jajanan Tradisional yang Rasanya Ngangenin

Advertisement
Advertisement

Jajanan tradisional khas Nusantara banyak jenisnya. Rasanya juga beragam, mulai dari legit, gurih hingga super pedas. Nah, salah satu sajian istimewa yang masih difavoritkan adalah kue cantik manis. Beberapa orang mengenalnya dengan Centik Manis atau Jentik Manis. Seperti apa bentuk dan rasanya? Yuk, simak penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara berikut.

Jajanan Khas Pasar di Jawa

Jentik Manis
Jentik Manis (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Kue cantik manis dapat Teman Traveler temukan di Pulau Jawa, tepatnya di pasar-pasar tradisionalnya. Camilan yang digunakan sebagai pendamping untuk minum kopi atau juga teh ini pas disuguhkan pada pagi atau sore hari. Sementara itu, bentuk jajanan tradisional ini lucu nan cantik. Oleh karena itu, kuliner ini disebut dengan Centik Manis.

Bila dilihat sepintas, kue ini seperti agar-agar. Teksturnya sedikit kenyal dan lembek. Warna dominannya adalah putih. Tetapi, dipercantik dengan jentik-jentik berwarna merah. Karena itu pula, makanan ini disebut juga dengan jentik manis.

Tekstur Lembut yang Menggigit

Centik Manis
Centik Manis (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Saat memakan kuliner tradisional ini, tekstur lembut terasa dari gigitan pertama. Kekenyalannya juga pas dan bikin pengen nambah lagi. Sementara cita rasanya manis yang menyatu dengan kelembutan. Seperti permen kapas, cantik manis langsung langsung hancur ketika digigit. Tekstur lembut tersebut berasal dari bahan utamanya, yaitu tepung hunkue dan santan.

Cara pembuatannya juga tak sulit. Hanya saja, Teman Traveler harus sabar memasukkan bahan ke dalam plastik atau daun pisang. Jika, tidak hati-hati bisa hancur lebur. Penggunaan sagu mutiara juga memengaruhi rasa serta tekstur makanan ini. Semakin banyak sagu mutiara, teksturnya makin kenyal dan manis

Harga Terjangkau untuk Semua Kalangan

Lembut dan kenyal
Lembut dan kenyal (c)Rizky Nusantara/Travelingyuk

Zaman dahulu, kue ini biasanya digunakan untuk santapan berbuka puasa. Bisa dibilang, kuliner ini menjadi pengganti dari buah kurma. Makin penasaran kan? Teman Traveler bisa pergi ke pasar-pasar tradisional, salah satunya Pasar Gede Solo, Pasar Beringharjo Jogja, dan Pasar Johar Semarang. Harganya terjangkau, mulai dari Rp5.000. Jika ketinggalan untuk datang ke pasar tradisional, bisa langsung cari toko kue. Biasanya, harganya lebih mahal, dikisaran harga Rp7.000-Rp10.000.

Kue cantik manis adalah kuliner asli Nusantara. Dibuat dari tangan-tangan ahli. Membutuhkan kesabaran dan keuletan sehingga menciptakan sajian kuliner bercita rasa khas Nusantara. Bagaimana dengan Teman Traveler? Sudah coba belum?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah Jogja semarang Solo Surakarta Travelingyuk
Share