Agar Hasil Foto Makanan Semakin Instagenic, Ini Caranya!

Sosial media seakan tak pernah lelah memanjakan mata penggemarnya. Apalagi untuk kamu yang suka dunia kuliner. Pastilah suka melihat postingan food enthusiast idolamu yang instagenic. Mata seakan dimanjakan dengan melihat postingan foto makanan yang bagus dan membuat ingin mencicipnya segera. Berikut tips yang bisa kamu coba, agar hasil fotomu juga sedap dipandang.

Gunakan Fasilitas Grid di Smartphone

Grid yang ada pada kamera smartphone
Grid yang ada pada kamera smartphone [image source]
Hampir semua smartphone memiliki fasilitas grid dalam aplikasi kameranya. Dengan memanfaatkan grid, kamu bisa menata framing terhadap subjek dengan komposisi yang sempurna. Garis bantuan ini akan mempermudah kamu ketika ingin posisi subjek makanan yang akan kamu foto. Pengaturan grid dapat ditemukan pada tombol setting.

Beranikan Untuk Berkreasi Dengan Exposure Slider

Exporsure slider
Exporsure slider [image source]
Kecanggihan yang ditawarkan smartphone saat ini semakin mengejar kemampuan D-SLR ataupun mirroless. Salah satu contohnya adalah exposure slider yang akan muncul setelah jarimu mengetuk layar untuk menemukan titik fokus. Muncul sebuah simbol berbentuk matahari. Dengan memainkan exposure slider, pilihan metode pengambilan gambar seperti high key atau low key juga dapat kamu terapkan dengan menggunakan smartphone-mu.

Manfaatkan Cahaya Natural

Cahaya natural akan lebih baik
Cahaya natural akan lebih baik [image source]
Ketika mengambil gambar menggunakan smartphone, hindari menggunakan flash. Karena cahaya tambahan ini akan langsung tertuju pada subjek dan terkesan keras. Kamu harus peka terhadap kondisi pencahayaan natural yang ada di sekitar tempatmu memotret. Misalnya, pilih meja di dekat jendela agar cahaya matahari bisa membantumu untuk membuat foto yang bagus.

Mainkan Ruang di Sekitar Subjek Foto

Memainkan negative space
Memainkan ruang di sekitar subjek foto [image source]
Jika kamu kurang percaya diri untuk menata makanan yang akan foto, pilihan terbaik adalah memainkan area di sekitar subjek foto. Tak perlu menggunakan banyak aksesori, fokus terhadap makanan atau minumannya saja. Misalnya ingin membuat foto dengan subjek buah cherry, singkirkan semua pernik-pernik di sekitar mejamu. Jadikan cherry tersebut menjadi primadona di karya fotomu.

Jangan Pernah Menggunakan Zoom Kamera

Jangan gunakan zoom
Jangan gunakan zoom [image source]
Hindari penggunaan zoom pada kamera, lebih baik kamu memajukan atau memundurkan smartphone-mu. Karena dengan menggunakan fasilitas zoom yang ada di smartphone akan membuat hasil jepretanmu pecah atau pixelate. Sayang kan jika hasil fotomu tidak maksimal ketika akan di-posting di sosial media.

Kecanggihan teknologi membuat fotografi menjadi lebih sederhana dan mudah. Selama kamu paham tentang bagaimana kondisi cahaya dan peka terhadap keadaan sekitar, alat foto apapun akan memberikan hasil yang terbaik. Selamat mencoba ya!

Tags
food photography foto makanan Smartphone tips fotografi
Share