4 Tips Untuk Menyaksikan Gerhana Bulan yang Spektakuler

Gerhana bulan dan super blue blood moon tentu saja menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh sebagian orang. Bulan dengan ukuran yang lebih besar dari biasanya akan menjadi pemandangan menakjubkan. Namun untuk dapat menyaksikannya dengan sempurna, kita tak hanya membutuhkan teropong. Lokasi dan prediksi cuaca menjadi hal yang juga perlu diperhatikan. Berikut tips yang perlu diperhatikan sebelum menonton gerhana bulan dan super blood moon.

1. Cari Dataran yang Lebih Tinggi

Super Blue Blood Moon [image source]
Mencari dataran yang lebih tinggi bukan dengan tujuan agar bulan menjadi lebih dekat. Memilih lokasi yang berada di ketinggian akan membuat pandanganmu semakin bersih. Hal ini akan meminimalisir halangan, baik berupa bangunan maupun haze (kabut asap, partikel polusi udara yang menyerupai kabut).

2. Jauhi Polusi Cahaya

Bulan penuh yang terlihat lebih jelas di kawasan minim polusi cahaya [image source]
Kebanyakan fenomena langit tak bisa disaksikan secara jelas dari daerah perkotaan. Seperti milky way contohnya, pemandangan seperti ini tak akan nampak di kota karena terlalu banyak polusi cahaya. Begitu pun saat bulan penuh, milky way tak akan menampakkan diri. Hal yang sama juga dapat kamu terapkan untuk melihat gerhana bulan dan super blue blood moon. Agar tampak jelas dan terang, menjauhlah dari daerah yang penuh dengan polusi cahaya.

3. Pastikan Koordinat Bulan

Aplikasi TPE [image source]
Tak hanya BMKG saja yang dapat menemukan waktu dan koordinat di mana bulan akan muncul. Kamu dapat menggunakan aplikasi bernama The Photographer Ephemeris. Di situ kamu bisa mendapatkan informasi waktu sekaligus koordinat moonrise, moonset, sunrise, sunset, dan arah munculnya dari tempat yang kamu inginkan.

4. Bawa Teropong

Teleskop juga dapat digunakan sebagai alat bantu untuk memotret [image source]
Memang benda yang satu ini opsional. Namun jika memiliki teropong atau teleskop, kamu bisa membawanya untuk mendapatkan penglihatan permukaan bulan yang jelas dan detail. Terlebih lagi jika kamu berada di wilayah perkotaan, benda yang satu ini pasti akan kamu perlukan guna melihat bulan dengan lebih jelas.

Jika kamu ingin mendapatkan foto super blue blood moon yang superb, sebaiknya pemilihan lokasi dan peralatan harus dipersiapkan matang-matang. Sudah menemukan lokasi yang cocok? Coba cari tahu di sini.

Tags
Gerhana Bulan Indonesia Super Blue Blood Moon tips
Share