4 Spot Terbaik untuk Menyaksikan Gerhana Bulan 2018

Awal tahun 2018 bisa jadi momen terbaik untuk para pecinta astronomi. Sepanjang tahun ini sendiri diprediksi akan terjadi lima kali fenomena gerhana, baik bulan maupun matahari. Setelah momen super blue moon yang terjadi pada tanggal 1 Januari lalu dan disusul tanggal 31 Januari mendatang. Pada tanggal yang sama, kamu juga dapat menemukan gerhana bulan. Untuk menyaksikan fenomena tersebut, kamu dapat mencoba datang ke empat lokasi ini ya.

1. Kota Bukit Tinggi

Jam Gadang Bukit Tinggi [image source]
Jika kamu memiliki agenda untuk datang ke Sumatera Barat dalam waktu dekat, jangan lupa untuk singgah di Kota Bukit Tinggi. Karena pada tanggal 31 Januari mendatang, Monumen Jam Gadang menjadi pusat pemantauan dan pengamatan gerhana bulan. Bahkan BMKG juga menyiapkan layar lebar yang terhubung dengan teropong agar masyarakat dapat turut menyaksikan.

Tempat yang akan menjadi spot melihat gerhana bulan [image source]

2. Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail marzuki Teater [image source]
Banyak tempat yang melakukan peneropongan umum di Ibukota Jakarta, salah satunya adalah Taman Ismail Marzuki. Event ini dibuka mulai pukul 17.00 sampai 23.00 WIB. Momen ini dibuka untuk umum dan tanpa pungutan biaya sedikit pun. Namun agar mendapat tempat kamu bisa mendaftar secara online di sini.

Pintu masuk Taman Ismail Marzuki Teater [image source]

3. Tugu Monas

Tugu Monas saat senja [image source]
Ikon Ibukota Jakarta, Tugu Monas, juga menjadi lokasi yang dibuka untuk menyaksikan gerhana bulan. Tempat ini juga dapat menjadi opsi lokasi yang tepat bagi para fotografer yang sedang berburu foto gerhana maupun super blue moon. Tugu Monas yang menjulang dapat menjadi foreground foto yang indah jika disandingkan dengan bulan.

Ilustrasi gerhana bulan [image source]

4. Taman Fatahillah

Lansekap Taman Fatahillah [image source]
Taman Fatahillah juga dapat menjadi opsi tepat untuk menyaksikan fenomena gerhana bulan. Wilayah di kawasan Kota Tua ini juga menjadi salah satu lokasi yang disiapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Kamu dapat menyaksikan gerhana bulan di sekitaran bangunan klasik. Suasana Kota Tua dan bangunan tersebut juga dapat menjadi foreground yang tepat jika kamu ingin berburu foto gerhana bulan.

Taman Fatahillah [image source]
Menyaksikan fenomena gerhana bulan tentu saja menjadi kegiatan yang menarik untuk disaksikan. Apalagi setelah kejadian super blue moon yang terjadi tiga kali berturut-turut dalam waktu berdekatan. Tempat mana yang akan kamu jadikan spot untuk melihat gerhana bulan?

Tags
DKI Jakarta Gerhana Bulan Indonesia Sumatera Barat Wisata
Share