Tips Dapat Tiket Kereta Murah, Ini Rahasianya

Kereta api hingga kini masih jadi salah satu transportasi darat favorit. Selain relatif bebas macet, fasilitasnya juga makin nyaman. Tarifnya juga terbilang ekonomis. Namun jika benar-benar ingin menghemat bujet, ada beberapa tips dapat tiket kereta murah yang bisa dicoba. Yuk, simak ulasannya Teman Traveler.

Pantau Situs Resmi KAI

Kereta api saat melintas (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

PT. KAI terus berupaya berikan segala kemudahan bagi penumpang kereta api. Tak hanya dalam mendapatkan tiket, namun juga informasi mengenai layanan lainnya. Semua bisa Teman Traveler akses dengan mudah lewat laman resmi maupun Instagram mereka. Bisa juga melalui aplikasi khusus di smartphone.

Kereta Api Indonesia (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Tak jarang PT.KAI memberikan beragam promo dengan tarif menggiurkan. Penawaran yang diajukan beragam dan terus berganti-ganti secara berkala. Jadi jika Teman Traveler ingin mendapatkan tiket murah, wajib terus memantau laman dan akun resmi mereka. Pada satu kesempatan, bahkan sempat ada promo tiket 0 rupiah lho.

Tiket Go Show

Stasiun Tugu Jogjakarta (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa memanfaatkan fasilitas go show. Tiket jenis ini ditawarkan dengan tarif khusus dan baru bisa dibeli minimal dua jam sebelum keberangkatan. Sayangnya, hanya ada beberapa kereta api yang memberlakukan sistem ini. Silahkan cek daftar lengkapnya di laman PT. KAI, siapa tahu ada yang jadi incaran.

Bagian dalam kereta api (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Tidak hanya kelas ekonomi, tarif khusus ini juga kadang berlaku untuk kelas bisnis dan eksekutif lho. Bahkan ada yang ditawarkan seharga Rp20.000 saja. Murah ya! Teman Traveler bisa membeli tiket go show di loket stasiun maupun aplikasi.

Promo E-Commerce

Sela gerbong kereta api (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Kehadiran beragam e-commerce yang sediakan layanan pembelian tiket merupakan angin segar bagi pengguna transportasi umum di Indonesia. Semuanya saling berlomba memberikan promo terbaik bagi calon penumpang. Ada yang tawarkan potongan harga, ada pula yang rela berikan cashback.

Promo dari e-commerce penjualan tiket kereta api (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Promo masing-masing e-commerce tentu berbeda-beda. Begitu pula dengan durasinya. Jadi trik agar Teman Traveler bisa mendapatkan tiket kereta api semurah mungkin adalah rajin memantau situs-situs penyedia penjualan tiket.

Promo Bank

Stasiun kereta api saat malam (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Tidak hanya e-commerce, sejumlah bank di Indonesia juga kerap berikan promo menarik untuk setiap nasabahnya. Mereka sering sekali memberikan promo potongan tiket dengan jumlah menggiurkan.

Potongan biasanya langsung diberikan pada nasabah yang membayar dengan kartu debit atau kredit. Benar-benar mudah ya Teman Traveler? Jadi jangan sampai terlewat untuk memantau informasi terbaru dari laman resmi bank.

Hindari High Season

Menjelang keberangkatan kereta api (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Tidak hanya tiket pesawat dan hotel, harga tiket kereta api juga bisa melonjak di high season. Apalagi menjelang musim libur Natal dan Idul Fitri. Untuk menghindari peningkatan harga ini, lakukanlah pemesanan sejak jauh-jauh hari. Setidaknya tiga bulan sebelum keberangkatan.

Itulah beberapa tips berburu tiket dapat tiket kereta murah yang bisa Teman Traveler coba. Bagaimana, ingin habiskan pekan dengan liburan di Bandung atau Bogor sambil naik kereta dalam waktu dekat?

Tags
kontributor tips dan inspirasi Travelingyuk
Share