Tips Mendapatkan Kamar Hotel dengan Tarif Murah, Bahkan Gratis

Melisa

Melisa

On Indonesia

Traveling sudah menjadi salah satu gaya hidup yang diikuti banyak orang. Selain transportasi dan itinerary, hal penting lainnya yang harus dipertimbangkan adalah tempat menginap. Kalau salah pilih, budget traveling bisa membengkak dan memotong uang saku, nih. Di bawah ini ada beberapa tips untuk mendapatkan hotel dengan harga murah, bahkan gratis. Lumayan kan untuk menghemat saat liburan. Simak, ya.

1. Koleksi Kupon Menginap

Myfave Aplikasi
Myfave Aplikasi [image source]
Di era serba teknologi ini ada banyak website dan aplikasi yang ditujukan untuk mempermudah para traveler. Selain ada ojek dan taksi online, ada juga berbagai aplikasi kupon diskon seperti Lakupon dan Myfave. Harga kamar yang biasanya mencapai 1,7 juta bisa ditebus hanya dengan 440 ribu rupiah. Hemat banget, kan? Baca syarat dan ketentuannya dengan teliti, ya. Jangan sampai kupon yang sudah kamu beli kadaluarsa.

2. Beli Kamar yang Batal Ditempati

Beli kamar yang tak bisa dicancel
Beli kamar yang tak bisa dicancel [image source]
Beberapa orang memesan kamar di tanggal yang salah. Lainnya harus membatalkan liburan meski sudah memesan hotel. Tak semua pemesanan bisa dengan mudah dicancel. Kamar-kamar yang sudah terlanjur dipesan ini akan dijual dengan harga yang lebih rendah. Ini waktunya menggunakan bakat negosiasimu.

3. Cari Hotel yang Baru Dibuka

Memilih hotel yang baru buka
Memilih hotel yang baru buka [image source]
Hotel yang baru dibuka cenderung memasang tarif murah meriah untuk mendapatkan konsumen dan rating. Selain harga yang rendah, perabotan dan segala fasilitas tentu masih baru. Pelayanannya yang diberikan pun sudah pasti yang terbaik. Tak mau kan mendapat komentar jelek untuk hotel barunya? Beberapa hotel baru bahkan mengadakan promo-promo menarik yang sayang untuk dilewatkan.

4. Last Minute Deal

Last Minute Deal
Last Minute Deal [image source]
Memesan tiket pesawat jauh-jauh hari memang terbukti lebih murah. Namun, cara yang sama ternyata tak bisa diterapkan untuk kamar hotel. Di beberapa online travel agent, ada fitur Last Minute Deal untuk memesan kamar di menit-menit terakhir dengan harga khusus dan banyak diskon. Daripada kamarnya tak terjual, mereka akan memberikan tarif murah meriah, nih. Siapa yang tak mau?

5. Ikut Kuis dengan Hadiah Menginap

Kuis menginap gratis
Kuis menginap gratis [image source]
Cara lainnya agar bisa menginap di hotel mewah dengan harga khusus, bahkan gratis adalah dengan mengikuti kuis. Ada banyak produk atau bahkan akomodasi yang memberikan hadiah berupa menginap cuma-cuma. Rajin-rajinlah mencari info tentang kuis ini, ya. Ada juga yang menjanjikan liburan seru hingga luar negeri untuk hadiahnya, lho.

6. Tunjukkan Bahwa Kamu Seorang Influencer

Ilustrasi seorang influencer
Ilustrasi seorang influencer [image source]
Punya follower banyak di sosial media? Manfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan harga khusus dari hotel, bahkan kafe. Belakangan, akomodasi melakukan pemasaran lewat tangan para influencer. Beberapa selebgram atau travel blogger malah sengaja diundang pihak hotel untuk menginap gratis dengan harapan bisa mempromosikan fasilitas dan kenyamanan kamar lewat sosial media sang influencer.

Siapa bilang traveling harus mahal? Ada banyak cara kok untuk memangkas biaya liburan. Mendapatkan tiket pesawat murah juga mudah, lho. Bagaimana, sudah pernah coba cara yang mana, nih?