7 Tips Bermain Air Terjun untuk Muslimah, Basah-Basahan Tanpa Resah

Ariyanti Dwi Kumalasari

Ariyanti Dwi Kumalasari

On Indonesia
Via Instagram/laaslsbilla Via Instagram/laaslsbilla

Menjadi seorang muslimah bukanlah halangan untuk dapat menjelajah keindahan alam negeri ini. Indonesia yang kaya akan potensi wisatanya memang menyimpan banyak destinasi wisata yang patut untuk kita kunjungi. Salah satunya adalah wisata air terjun. Diberkahi oleh Allah SWT dengan wilayah yang memiliki banyak pegunungan, membuat Indonesia punya beragam destinasi wisata air terjun yang sangat mempesona. Bagi yang gemar basah-basahan, inilah tips bermain air terjun untuk muslimah dari kontributor Travelingyuk yang bernama Ariyanti Dwi Kumalasari. Yuk simak tips berikut ini.

1. Kenali Medan

Cari informasi terlebih dahulu, Via Instagram/nisanurfazrina
Cari informasi terlebih dahulu, Via Instagram/nisanurfazrina

Meskipun banyak wisata air terjun yang sudah mulai dikenal dan dibangun beberapa fasilitas memudahkan pengunjung, tapi tak sedikit yang kurang mendapatkan perhatian pemerintah. Kondisi medannya pun mayoritas tanah dan batu. Sehingga, muslimah yang ingin mengunjungi wisata air terjun, harus benar-benar mengerti tentang medan yang akan dilalui. Maka dari itu, sebelum berkunjuung, usahakan untuk mencari berbagai informasi air terjun, termasuk medan yang bakal dilalui.

2. Persiapan Fisik

Pemanasan sebelum trekking, Via website sitisstreet.blogspot.co.id
Pemanasan sebelum trekking, Via website sitisstreet.blogspot.co.id

Seperti yang disebutkan sebelumnya jika masih banyak wisata air terjun yang kondisi medannya sulit. Sehingga untuk menuju destinasi air terjun tersebut, kamu perlu trekking dengan jarak yang cukup jauh dan menantang. Maka dari itu, persiapan fisik mutlak diperlukan buat muslimah yang ingin berkunjung. Strecthing ringan sebelum melakukan trekking bisa jadi alternatif bagi kamu untuk mempersiapkan fisik. Jangan lupa sarapan sebelum memulai aktivitas, supaya selalu berenergi dan siap menghadapi medan yang baka dilalui.

3. Memakai Pakaian yang Nyaman

Kenakan baju yang nyaman, Via Instagram/rian1275
Kenakan baju yang nyaman, Via Instagram/rian1275

Tips traveling ke air terjun selanjutnya adalah menggunakan pakaian yang nyaman juga harus menjadi perhatian. Bagi muslimah yang terbiasa memakai celana, hindari menggunakan celana yang terlalu ketat seperti celana legging. Pilihlah bahan celana yang nyaman seperti celana kain atau celana tactical dan pastikan tidak terlalu ketat saat dipakai. Meskipun sedang berwisata di alam bebas, sebagai seorang muslimah, harus tetap menjaga syariat ya.

Sedangkan bagi kamu yang terbiasa menggunakan rok atau gamis, pastikan rok atau gamis yang dikenakan tidak terlalu lebar dan panjang hingga ke tanah. Karena medan untuk menuju air terjun seringkali licin, menanjak dan banyak tanaman atau dahan di sepanjang jalan. Sehingga ditakutkan nantinya rok atau gamis yang dikenakan rawan tersangkut atau malah menghambat langkah kaki dan bisa membuat kamu jatuh.

4. Perhatikan Pemilihan Alas Kaki yang Digunakan

Pilih alas kaki yang tepat, Via Instagram/laaslsbilla
Pilih alas kaki yang tepat, Via Instagram/laaslsbilla

Memakai alas kaki yang tepat saat bepergian juga perlu jadi perhatian lho. Mengingat destinasi yang bakal dikunjungi adalah air terjun, pemilihan alas kaki yang digunakan sebisa mungkin harus antiselip. Dikarenakan medan yang akan dilalui seringkali licin. Hindari menggunakan sandal atau sepatu berbahan karet. Meskipun bahan karet merupakan bahan yang anti air, namun jika digunakan saat trekking di air terjun, seringkali mengakibatkan kalian terpeleset karena tekstur bahannya yang cenderung licin.

5. Bawa Barang Seperlunya

Bawa barang seperlunya saja, Via Instagram/furoidaaa
Bawa barang seperlunya saja, Via Instagram/furoidaaa

Untuk berwisata mengunjungi air terjun biasanya hanya butuh waktu tidak lebih dari satu hari. Jadi kalian hanya perlu membawa barang-barang yang dibutuhkan saja, seperti obat-obatan pribadi, perlengkapan sholat, dan jangan lupa membawa makanan ringan untuk bekal selama di perjalanan.

6. Jangan Lupa Membawa Baju Ganti

Jangan lupa untuk bawa baju ganti, Via Instagram/anikmatussh
Jangan lupa untuk bawa baju ganti, Via Instagram/anikmatussh

Tidak ada yang mengetahui pasti apa yang akan terjadi nantinya. Untuk mengantisipasi jika baju yang kamu pakai sebelumnya basah atau kotor, tidak ada salahnya untuk membawa baju cadangan. Apalagi jika sudah melihat keindahan air terjun yang ada di depan mata. Siapa pun pasti tidak ada yang ingin melewatkan kesempatan untuk bisa bermain air sepuasnya.

7. Bawa Tas Anti Air

Bawa tas anti air, Via Instagram/putrastore_id
Bawa tas anti air, Via Instagram/putrastore_id

Meskipun bukan merupakan suatu keharusan, tapi membawa tas anti air sangat membantu kamu saat berwisata di air terjun. Terutama untuk menjaga agar barang bawaan kita seperti alat sholat dan baju ganti senantiasa terlindungi dari air. Jadi selama bermain di air terjun, kamu tidak perlu khawatir lagi barang bawaan kalian basah terkena air.

Itulah beberapa tips untuk para muslimah yang ingin bermain ke wisata air terjun. Pastikan semuanya aman terlebih dahulu sebelum bepergian, agar bisa pulang kembali dengan selamat. Selamat berlibur!