Tips Belanja Lebaran Hemat, Anti Kebablasan!

Jelang Lebaran, para umat muslim pastinya mulai bingung belanja perlengkapan lebaran. Apalagi lagi kalau THR sudah diterima, rasanya ingin cepat-cepat berburu baju dan perlengkapan lainnya. Namun agar tak kebablasan, ada beberapa tips belanja Lebaran hemat yang bisa Teman Traveler coba.

Belanja berlebihan bisa menyebabkan pengeluaran tak terkontrol Teman Traveler, apalagi jelang lebaran. Untuk itu kalian perlu terapkan prinsip belanja hemat. Tapi ingat, hemat bukan berarti sedikit ya. Hanya saja perlu diperhatikan porsi dan harganya. Yuk kita bahas soal tips belanja Lebaran hemat yang bisa kalian coba.

Belanja Jauh Hari Sebelum Lebaran

Suasana di dalam mall (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sedari minggu-minggu awal Ramadan, diskon sudah mulai bertebaran di hampir semua mall. Semakin mendekati Lebaran, promo yang ditawarkan bakal makin menggila. Pengunjung pun terus membludak, tumpah ruah bagaikan pasar malam.

Teman Traveler harus pintar-pintar mengatur waktu belanja kebutuhan lebaran. Jangan termakan promo atau diskon. Biasanya potongan harga diberikan setelah mall melakukan penyesuaikan harga. Jika tak ingin tenggelam dalam lautan manusia, belanjalah jauh-jauh hari sebelum Lebaran.

Jika memungkinkan malah beberapa minggu sebelum Ramadan. Saat itu harga masih benar-benar normal dan tentunya Teman Traveler takkan antri berdesakan di kasir.

Datangi Pusat Perbelanjaan dengan Diskon Khusus

Suasana ramai di mall (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Meski sudah belanja jauh-jauh hari, bukan tidak mungkin Teman Traveler bakal tergiur datang lagi ke Mall untuk melengkapi koleksi baju Lebaran. Apalagi jika THR sudah di genggaman.

Jika memang Teman Traveler senang merasakan euforia belanja beberapa hari jelang Lebaran, datanglah ke mall yang tawarkan diskon khusus. Namun hati-hati, jangan sampai tertipu dengan membeli stok lama. Biasanya ada beberapa pihak yang memanfaatkan momen ini untuk cuci gudang.

Teman Traveler juga harus pandai membandingkan harga promo dengan harga normal. Penting sekali agar kalian tak sekedar termakan promo menggiurkan.

Belanja di Pasar Malam

Suasana pasar malam (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Jika menurut Teman Traveler datang ke mall hanya membuat capek karena banyak orang berjubel, pasar malam bisa jadi alternatif lain dalam berbelanja. Di sana tersedia beragam keperluan mulai dari pakaian, perlengkapan rumah tangga, makanan, asesoris, dan masih banyak lagi.

Warga kota besar mungkin sudah jarang datang ke pasar malam, salah satunya karena gengsi. Selain itu, pusat-pusat perbelanjaan modern juga sudah banyak bermunculan hingga ke kota kecil.

Belanja pakaian di pasar malam (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Belanja di pasar malam sebenarnya tak terlalu buruk. Memang, barang yang ditawarkan tidak benar-benar berkualitas top, tapi positifnya bisa didapatkan dengan harga miring. Selain itu boleh Teman Traveler tawar sejadi-jadinya.

Suasana pasar malam yang lebih bernuansa kekeluargaan dan santai juga kerap membuat betah, apalagi jika datang bersama keluarga. Bagi Teman Traveler yang membawa buah hati, umumnya ada odong-odong atau wahana bermain agar si kecil tidak bosan.

Siapkan Uang Secukupnya

Ilustrasi dompet dan uang (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Ada satu cara yang bisa Teman Traveler lakukan untuk membuat belanja jadi lebih hemat dan terkontrol. Cara yang dimaksud adalah membawa uang secukupnya. Sulit memang, tapi jika tak ingin pengeluaran kebablasan, hal ini tetap harus dilakukan.

Dengan menyiapkan uang secukupnya, Teman Traveler akan bisa lebih efektif dalam belanja. Kalian akan lebih teliti dalam membandingkan harga, kualitas, dan seberapa perlu barang yang akan dibeli.

Catat Semua Kebutuhan

Ilustrasi mencatat kebutuhan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Kadang Teman Traveler bisa belajar pada ibu-ibu atau asisten rumah tangga yang biasa mencatat daftar belanja dengan teliti. Sebelum menambahkan daftar baru, pertimbangkan seberapa penting fungsi dan kegunaan barang tersebut.

Catatan belanja ini tak sekedar membatasi belanja, namun juga mengontrol pengeluaran. Teman Traveler bisa tahu jelas mana barang yang benar-benar dibutuhkan, mana yang hanya sekedar ‘ingin’ dibeli.

Teman Traveler juga boleh biasakan belanja sendiri atau bersama keluarga. Pasalnya, tidak ada orang yang paling mengerti kebutuhan kita selain diri sendiri. Sementara itu, kehadiran keluarga bisa jadi pengingat agar tidak berlebihan.

Itulah beberapa tips belanja lebaran hemat yang bisa Teman Traveler coba. Jangan lupa mengontrol pengeluaran kalian menjelang Hari Kemenangan ya.

Tags
kontributor tips dan inspirasi Travelingyuk
Share