Tips Backpacker Seorang Diri, Me Time Sekaligus Holiday!

Advertisement

Bepergian akan membuka mata tentang kehidupan selain lingkungan yang kita temui sehari-hari. Merasakan keindahan alam, kehidupan yang lebih damai atau justru super-sibuk, dan banyak pengalaman baru yang dialami selama traveling. Tahu kah kamu, banyak pakar yang mengatakan bahwa travelling seorang diri memiliki manfaat yang lebih banyak ketimbang bepergian berkelompok.

Berpergian sendiri serasa dunia milik sendiri. Foto via Yooreka.id

Bepergian sendiri ke wilayah asing akan membuat seseorang lebih percaya diri, menemukan jati diri, dan lebih kreatif. Manfaat luar biasa ini bisa kamu dapatkan saat kamu healing ditempat alam yang kamu sukai. Meski begitu, tak dipungkiri ada rasa khawatir atau takut ketika bepergian sendiri. Jika travelling minimal berdua, setidaknya ada teman berbincang sepanjang perjalanan, saling menjaga, dan saling menitipkan barang. Sebab itu, buat kamu yang tetap ingin travelling sendirian, berikut tips terbaik buat kamu yang harus dimengerti:

Membuat Jadwal yang Longgar

Ketika membuat agenda perjalanan, buatlah waktu yang cukup longgar antara kegiatan satu dengan lainnya. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir jika ada gangguan dalam perjalanan atau kalau sampai tersesat. Memiliki waktu yang lebih longgar akan mengurangi stress dan kegelisahan selama perjalanan, terlebih di masa liburan.

Pilih Tujuan Wisata yang Pas di Hati

Jalan jalan sendirian diatas kapal sendiri. Foto via mydaypack.com

Cobalah realistis dan pilih tempat wisata mana saja yang sangat ingin kamu datangi dan layak dikunjungi. Jangan sampai memaksakan diri harus menjelajahi semua tempat dalam waktu yang sempit. Kalau itu terjadi, kamu tak akan menikmati suasana melainkan hanya merasa lelah.

Jaga Kesehatan

Yang paling sederhana dalam menjaga kesehatan selama travelling adalah jangan biarkan tubuhmu kelelahan, kehausan, kelaparan, dan terlalu kenyang. Jika memungkinkan, cobalah istirhat selama perjalanan dan nikmati momentum ini. Bawa selalu air mineral dan camilan untuk mengganjal rasa lapar saat belum menemukan makanan yang cocok.

Sabar

Ada banyak orang bepergian terutama saat libur panjang. Sebab itu, bersabarlah di setiap kesempatan. Mungkin cuaca buruk membuatmu urung ke satu tempat wisata, atau saking penuhnya kamu jadi tak nyaman di lokasi wisata tertentu dan terpaksa meninggalkannya.

Riset

riset perjalanan sangat penting saat perencanaan. Foto via okezone.travel.com

Ini sangat penting. Riset dulu semua yang berkaitan dengan kebutuhanmu sepanjang perjalanan, mulai dair hotel, tempat makan, objek wisata, rute perjalanan, dan lainnya. Ketika melakukan riset, pastikan area tujuan wisatamu termasuk zona aman atau tidak berisiko tinggi.

Apapun itu kegiatannya, selama pandemi berlangsung tetaplah menaati aturan 5M, sehingga liburan mu akan selalu tenang dan damai.

Advertisement
Tags
backpacker tips dan inspirasi
Share