Tipe-Tipe Penumpang Kereta, Kamu Nomor Berapa?

Kereta api, merupakan salah satu moda transportasi yang cukup digemari masyarakat. Selain murah, transportasi ini juga menawarkan kenyamanan dan pelayanan yang baik. Beberapa kali menggunakan kendaraan ini untuk bepergian tentu membuat kita memiliki kenangan spesial yang selalu tersimpan di hati. Salah satu hal yang cukup membekas adalah segelintir orang-orang unik yang membuat perjalanan kita saat menggunakan kereta jadi terasa berwarna. Berikut ini beberapa tipe penumpang yang bisa bikin kamu senyum sendiri jika mengingatnya.

1. Tipe Cicak

Penumpang tipe cicak, sukanya nempel di pinggir jendela biar bisa lihat pemandangan, katanya [via]

Kenapa disebut tipe cicak? Karena penumpang jenis ini suka sekali nempel di tembok alias duduk di sebelah jendela. Saking cintanya sama tembok, rata-rata mereka sampai nggak peduli sama nomor kursi. Padahal harusnya dia yang duduk di sebelah luar. Ngeselin, kan?

2. Tipe hibernasi

Tidur di kereta memang paling wenak! [via]

Penumpang tipe ini sebenarnya salah satu jenis penumpang yang nggak akan mengganggu perjalanan. Karena dari mulai berangkat hingga sampai di tujuan mereka kerjanya cuma tidur aja. Kalo lagi apes paling-paling mereka cuma ngorok sedikit. Barang yang dibawa pun simple dan nggak banyak. Biasanya yang termasuk pada golongan ini adalah bapak-bapak atau mas-mas yang super duper cuek. Tapi nggak menutup kemungkinan ada perempuan yang masuk dalam tipe ini.

3. Tipe pelancong

Tipe pelancong, sukanya keliling tau-tau di luar dan tiba-tiba di atas [via]

Penumpang jenis ini sepertinya tipe orang yang nggak bisa diam dan suka berpetualang. Mereka nggak akan ragu untuk mengeksplorasi setiap sudut gerbong kemudian berdiri di tengah sambungannya sambil menikmati pemandangan. Kalau kereta berhenti di suatu stasiun, mereka pasti turun untuk sekedar jalan-jalan menghirup udara segar sambil melihat sekeliling atau jajan di pinggir peron. Waktu kereta sudah mulai jalan lagi, mereka tiba-tiba sudah muncul di dalam kayak sulapan. Rata-rata penumpang jenis ini adalah bapak-bapak atau mas-mas kece yang suka tantangan.

4. Tipe sandaran hati

Tipe sandaran hati yang kepalanya suka miring ke kanan dan ke kiri sampai menemukan sandaran yang pas! [via]

Penumpang jenis ini berawal dari tipe hibernasi yang saking asiknya tidur, dia sampai nggak sadar kalau kepalanya miring ke kiri dan ke kanan. Alhasil teman sebangkunya jadi korban sandaran. Kalau sandarannya pas, bisa aja tuh kepalanya bertahan di pundak sampai beberapa jam kedepan. Iya kalau mulutnya mingkem, lha kalau dia mangap lalu ngiler? Oh, letto!

5. Tipe kabur dari rumah

Tipe kabur dari rumah, bawa barang banyak sampai tas rasanya mau meledak [via]

Penumpang satu ini mungkin adalah tipe yang lumayan sering kamu temukan di atas kereta. Ciri-cirinya adalah berbadan tegap dan seakan memiliki jiwa yang tegar. Tak lupa beberapa buah tas berukuran besar yang sudah seperti mau meledak. Mulai dari ransel, tas tangan, hingga koper ia bawa semua. Yah, seperti orang baru kabur dari rumah.

7. Tipe selonjoran

Selonjoran, feel like home [via]

Kalau yang satu ini mungkin sekarang sudah jarang ditemukan. Apalagi setelah berlakunya beberapa kebijakan di atas kereta sehingga penumpang pun tak lagi bersikap seenaknya sendiri. Jika kamu masih menemukannya, yah anggap saja sedang kebagian apes. Tipe ini biasanya suka sekali mengangkat kaki ke atas kursi. Lalu beberapa saat kemudian tanpa disadari setengah bagian tempat duduk sudah dikuasainya sendiri. Kalau malam hari kadang suka buka alas koran di lantai untuk tiduran.

8. Tipe wartawan

Tipe wartawan antara asik dan berisik [via]

Jenis penumpang yang satu ini adalah gabungan dari beberapa sifat manusia masa kini yaitu, peduli nyerempet-nyerempet kepo diselingi dengan ramah yang sok asik dan dilanjutkan dengan curcol. Biasanya kalau sudah ketemu orang kayak begini, dia nggak bakal berhenti ngomong mulai dari berangkat hingga sampai di stasiun tujuan kecuali pas doi lagi ke kamar mandi atau waktu ngunyah makanan. Penumpang tipe wartawan tidak menutup kemungkinan dia laki-laki ataupun perempuan. Kalau kalian seumuran bisa saja ujung-ujungnya dia bakal minta nomor telepon.

9. Tipe dandan

Yang suka dandan di kereta mana suaranya? Eh, jangan fokus sama yang lagi mangap lho! [via]

Kalau tipe penumpang yang satu ini adalah kaum wanita yang menomor satukan penampilan setiap saat. Peralatan wajib yang tak boleh ketinggalan adalah bedak, lipstick, foundation, pensil alis, dan masih banyak lagi. Biasanya mereka meletakkan senjata tersebut di dalam sebuah dompet khusus yang selalu dibawa kemana saja. Setiap 3 jam sekali wanita tipe ini akan berkaca untuk memeriksa keadaan wajah mereka agar selalu cucok, cerah, dan berseri.

10. Tipe couple

Kereta ekonomi serasa kelas eksekutif, bunga betebaran dimana-mana oh cinta! [via]

Tipe penumpang yang sering bikin orang lain gigit jari. Sering ditemukan di atas kereta saat hari libur tiba. Biasanya adalah sepasang muda-mudi yang sedang berlibur atau mudik bareng. Mulai dari berangkat hingga sampai di stasiun tujuan keduanya selalu lengket seperti perangko dan amplop. Dunia pun serasa milik berdua. Kereta ekonomi jadi seperti kelas eksekutif. Jika si tipe sandaran hati harus miring ke kanan dan ke kiri untuk mencari pundak siapa saja yang ikhlas menampungnya, maka si couple sudah tak perlu repot lagi. Uh, so sweet!

11. Tipe kulkas

Ada segelintir penumpang yang sering makan saat di kereta, sebut saja mereka tipe kulkas [via]

Yang terakhir adalah penumpang tipe kulkas, bisa tau nggak kenapa disebut begitu? Yap, karena penumpang jenis ini suka membawa bekal makanan yang banyak. Di jam pertama dia makan keripik kentang, sejam berikutnya dia ngunyah cokelat, dan begitu seterusnya hingga sampai di tempat tujuan. Kalau dia nggak pelit, bisa saja kamu ditawari snack secara tiba-tiba. Tapi jangan banyak berharap ya!

Dari kesebelas tipe penumpang di atas, nomer berapa sajakah yang sering kamu temui di kereta? Kalau kamu punya tipe unik lainnya silahkan tulis di kolom komentar, ya!

Tags
Indonesia Kereta api Tipe Penumpang Transpotasi
Share