Naik Ekonomi Rasa Eksekutif, 3 Jalur Kereta Ini Wajib Kamu Coba

PT. KAI terus berusaha membenahi pelayanannya. Dari waktu ke waktu, moda transportasi yang dianggap murahan dan kumuh ini telah berubah 180 derajat. Saat ini gerbong KA menjadi sangat bersih. Bahkan, untuk kereta jenis ekonomi saja rasanya sudah seperti naik eksekutif. Tidak ada panas, semua AC, tempat duduk nyaman, dan yang paling penting lagi, harga murah. Kalau kamu berencana backpackeran ke kota tertentu, jalur ini bisa kamu jadikan acuhan.

1. KA Ambarawa Ekspress

Perjalanan dari Semarang ke Surabaya kini bisa berjalan dengan lebih lancar dan juga nyaman. Jika dahulu kereta yang dinaiki cenderung tidak baik dan kotor, kini setelah muncul era new concept, kereta Ambrawa Ekspress jadi lebih bagus. Bahkan dengan harga terjauh dari Semarang Poncol ke Surabaya hanya dibanderol Rp80.000,00 saja.

Ambarawa Ekspress Saat Melintas
Ambarawa Ekspress Saat Melintas

Yang membuat kereta api ini jadi istimewa adalah konsep duduk yang 2-2 dalam satu baris. Selain itu, ruangan juga full AC, bahkan beberapa orang merasa kedinginan dan ada layar LCD yang digunakan sebagai hiburan. Dengan harga semurah itu, konsumen bisa bisa lebih betah di dalam kereta yang melakukan perjalanan jarak jauh antar provinsi.

2. KA Sancaka

Kereta selanjutnya yang bisa kamu coba jika ingin mendapatkan layanan kelas eksekutif harga ekonomi adalah KA Sancaka. Kereta ini membawa penumpang dari Stasiun Surabay Gubeng menuju Stasiun Yogyakarta dengan lama perjalanan sekitar 5,5 jam saja. Dengan kereta ini, penumpang bisa PP Surabaya-Yogyakarta dengan cepat dan tidak membuang waktu di jalan.

Kereta Melewati Persawahan
Kereta Melewati Persawahan [via]
Yang membuat kereta ini jadi incaran banyak penumpang hingga tiketnya sering habis adalah harganya yang murah. Kalau kamu ingin menggunakan kereta ini siapkan uang sekitar Rp115.000,00-Rp160.000,00 saja. Di dalam kereta, kamu bisa menikmati gerbong yang bersih, dingin, dan tentu saja membuat betah selama melakukan perjalanan.

3. KA Argo Parahyangan

Sebagai satu-satu kereta yang melayani perjalanan dari Bandung ke Jakarta Gambir, KA Agro Parahyangan terus melakukan pembenahan di segala sektor. Salah satu pembenahan paling tampak terlihat dari gerbong ekonomi AC yang dibuat lebih nyaman, bersih dan tentu saja dingin sehingga penumpang bisa menikmati perjalanannya dengan lancar.

Kereta Melewati Padalarang Bandung
Kereta Melewati Padalarang Bandung [via]
Kereta ini memasang tarif perjalanan antara Rp45.000,00 hingga Rp80.000,00 sesuai dengan kelas dan juga jarak. Kalau kamu ingin backpackeran dari Jakarta ke Bandung, disarankan menggunakan kereta ini saja. Alasannya, waktu tempuhnya lebih cepat, dan dalam satu hari bisa 2x perjalanan pulang pergi meski kadang fakultatif.

Inilah beberapa jalur kereta ekonomi rasa eksekutif yang bisa kamu jadikan acuhan. Sesekali boleh kan ya menghabiskan akhir pekan dengan mbolang pakai kereta. Sudah bersih, dingin, anti macet lagi. Yuk, rencanakan liburanmu.

Tags
jalur kereta kereta ekonomi kereta murah
Share