Tiket Masuk Pulau Komodo Diwacanakan Naik, Seharga Hape Mewah Nih

Isti

Isti

On Indonesia
Two Komodo dragon fight with each other. Indonesia. (c) Shutterstock

Isu kenaikan tiket masuk Pulau Komodo hingga kini masih menjadi polemik. Publik dibuat heboh dengan angkanya yang terbilang cukup fantastis. Bagaimana tidak, harga untuk bisa menikmati keindahan alam serta aktivitas kehidupan komodo di habitatnya tersebut mencapai angka jutaan rupiah. Cukup mencekik, baik wisatawan lokal maupun luar negeri. Penasaran semahal apa?

Pesona Alam Pulau Komodo yang Tak Perlu Diragukan

Komodo dragon. ( Varanus komodoensis ) Biggest in the world living lizard in natural habitat. Rinca Island. Indonesia. (c) Shutterstock
Keindahan kawasan Taman Nasional Komodo via Shutterstock

Eksotisnya Taman Nasional Komodo yang berada di Nusa Tenggara Timur memang tak perlu diragukan lagi. Terdiri dari gugusan pulau yang menawarkan keindahan menakjubkan, membuat siapapun ingin melangkahkan kaki ke sini. Apalagi mengingat tempat ini masuk dalam jajaran 7 Keajaiban Dunia di tahun 2011 lalu. Bukan hanya soal pulau cantik yang berpadu dengan lautan biru, komodo yang merupakan spesies biawak terbesar dari familia varanidae sekaligus kadar terbesar di dunia ini turut menjadi daya tarik.

Harga Tiket Pulau Komodo Sekarang dan Wacananya

Vintage Wooden Ship with Blue Sails near Komodo Island, Indonesia (c) Shutterstock
Salah satu kapal yang berada di perairan Taman Nasional Komodo via Shutterstock

Kenaikan tiket masuk ke Pulau Komodo menjadi rencana Pemprov NTT. Untuk turis asing akan dikenakan USD 500 (sekitar Rp7,2 juta dengan kurs Rp.14.500an) atau seharga hape high end. Sedangkan wisatawan domestik dikenakan USD 100 atau sekitar Rp1,4 juta yang direncakan berlaku per tahun 2019 mendatang. Harga cukup fantastis mengingat harga tiket masuk Pulau Komodo 2018 hanya Rp200.000 untuk wisatawan asing. Sementara untuk domestik hanya Rp50.000 dan Rp20.000 untuk wisatawan lokal. Sungguh menjadi kenaikan yang cukup drastis, bukan?

Alasan Dibalik Kenaikan Harga

Reef Manta approaches cleaning station with coral and fish. Komodo National Park, Indonesia (c) Shutterstock
Keindahan di bawah laut yang menakjubkan (c) Shutterstock

Dilansir dari Pos-Kupang, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT, Marius Jelamu mengatakan jika harga tiket itu sangat masuk akal jika dilihat dari peran komodo terhadap dunia ilmu pengetahuan. “Komodo memberikan gambaran kepada kita tentang sejarah dan proses geologi, antropologi, filologi, sejarah hewan dan perkembangan selama ribuan tahun“.

Tiket masuk Pulau Komodo
Tiket masuk Pulau Komodo (c) Travelingyuk/Deby Ibrahim

Marius juga mengungkapkan jika hal tersebut dapat mengajarkan kepada banyak orang bahwa sesuatu yang indah dan berkualitas, harus didapat dengan pengorbanan.

Diselimuti Polemik Berkepanjangan

Two Komodo dragon fight with each other. Indonesia. (c) Shutterstock
Pemandangan habitat kadal terbesar di dunia(c) Shutterstock

Isu kenaikan tiket masuk Pulau Komodo hingga kini masih menjadi polemik. Bahkan Menteri Pariwisata juga ikut menanggapi isu tersebut. Menurutnya, kenaikan tiket masuk tersebut masih sebatas wacana. Rencana tersebut harus dilihat dari beberapa hal, seperti legal aspek. Dilansir dari Detik, Arief Yahya juga menyebut jika Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang berhak untuk mengonfirmasi hal ini.

Itulah isu tentang kenaikan tiket masuk Pulau Komodo yang cukup heboh dibicarakan banyak orang. Bagaimana dengan Teman Traveler. Setuju untuk dinaikkan hingga angka Rp7 juta atau harga saat ini saja? Tinggalkan komentarmu di kolom bawah ini ya!