The Onsen Batu, Liburan Keren dengan Gaya Jepang Beneran

Hai Teman Traveler! Bekerja keras sepanjang pekan bisa jadi sangat melelahkan. Tak jarang banyak yang bosan dan stress, sampai akhirnya gak fokus sama tujuan hidup. Kalo sudah begini, tandanya kalian butuh liburan. Nah bagi yang sedang berada di sekitaran Malang, bisa tuh mampir ke The Onsen Batu.

Suasana ala Jepang di The Onsen Batu via Instagram.com/chatarinamelati

The Onsen Batu adalah resort yang menyuguhkan sensasi liburan dengan suasana ala Jepang. Lokasinya ada di Kota Wisata Batu, tepatnya di Jalan Raya Arumdalu, Songgoriti. Istimewanya, mereka adalah satu-satunya yang menawarkan pemandian air panas alami lho.

Tidur Nyenyak dengan Suasana ala Jepang

Cottage dengan nuansa Jepang via Instagram.com/traveloka

The Onsen Hot Spring Resort memiliki 25 Cottage, semuanya bergaya Ryokan, rumah dengan arsitektur jepang. Interiornya menggunakan tatami (alas jerami) dan futon (kasur tipis). Tiap sudut ruangan didominasi unsur kayu, persis seperti yang biasa Teman Traveler lihat di film-film Jepang.

Kasur futon beralaskan tatami via instagram.com/traveloka

Begitu masuk ke kamar, Teman Traveler akan menemukan meja dengan alas tatami. Sudut ini bisa kalian manfaatkan sebagai tempat makan, maupun ruang kumpul sambil ngobrol santai. Asyiknya lagi, semua kamar di sini menghadap langsung ke lereng Gunung Panderman. Sambil istirahat, kalian bisa melihat beberapa paralayang melintas.

Ruangan untuk makan via Instagram.com/traveloka

Setiap cottage di The Onsen Batu diberi nama berdasarkan kota-kota di Jepang, misalnya Tokyo, Osaka, Kyoto, Yokohama, dan masih banyak lagi. Tipenya ada dua, Teman Traveler bisa memilih yang berisi dua atau tiga kamar tidur.

Menikmati suasana santai via Instagram.com/bungadeviani

Ryokan dengan dua kamar dibanderol mulai Rp3.000.000 per malam. Sementara untuk yang tipe tiga kamar, bisa Teman Traveler sewa dengan rate mulai Rp3.950.000 semalam. Dijamin, istirahat kalian bakal nyenyak dengan suasana asyik kayak gini!

Berendam di Onsen dengan Mata Air Panas Alami

Asyiknya berendam di onsen via Instagram.com/travelokaxperience

Semua cottage di The Onsen Hot Spring Resort dilengkapi fasilitas onsen pribadi. Onsen sendiri merupakan istilah Jepang untuk menyebut tempat berendam sumber mata air panas alami. 

Air panas di onsen masing-masing Ryokan berasal dari sumber alami pegunungan sekitar candi Songgoriti. Suhunya mencapai 42 derajat celcius. Dipercaya mengandung belerang, kaya akan mineral dan bagus untuk kesehatan kulit. 

Meski tidak menginap, Teman Traveler tetap dapat menikmati sensasi mandi di onsen lho. Pengelola sudah menyiapkan Genki Onsen, pemandian air panas umum, terpisah antara laki – laki dan perempuan. Masing-masing sanggup menampung pengunjung hingga 20 orang.

Capek hilang, kulit pun makin bersinar. Nggak ada ruginya berendam di onsen. Bagaimana Teman Traveler, tertarik mencoba? Tiket masuknya onsen umum dibanderol Rp100.000 dan mereka biasanya buka antara pukul 15.00 hingga 18.00.

Keren Pakai Yukata

instagram.com/chatrinamelati

Di masing-masing kamar tersedia yukata (baju tradisional Jepang). Pakaian unik ini biasa dikenakan warga Jepang selepas mandi air panas di onsen. Bahannya tipis dan mudah dilewati angin, cocok sekali untuk dipakai sehabis mandi.

Terasa cocok dikenakan sembari bersantai menikmati pemandangan sekitar cottage. Teman Traveler juga bisa memanfaatkannya untuk berfoto, agar kelihatan keren di halaman Instagram.

Foto sambil kenakan yukata via instagram.com/travelokaxperience

Teman Traveler yang tak menginap juga bisa tetap berfoto sambil kenakan yukata kok. Kalian tinggal keluarkan biaya antara Rp100.000 hingga Rp150.000 untuk menyewa selama dua jam. Dengan tarif segitu, sudah dapat kimono, obi (ikat pinggang), bakiak, dan asesoris rambut (khusus wanita). Jadi bagi yang ingin dandan ala Jepang, jangan ragu dateng ke sini ya.

Berfoto dengan Latar Belakang Jembatan dan Gerbang Torii

Gerbang dan jembatan ala Jepang via Instagram.com/travelokaxperience

Tepat di depan Restoran Fushimi, Teman Traveler akan melihat taman dengan replika Gerbang Torii dan Jembatan Shinkyo. Menurut kepercayaan warga Jepang, gerbang tersebut merupakan pembatas dunia manusia dan roh. Bentuknya berupa dua pilar warna merah, biasa ditemui di kuil-kuil Shinto.

Pose keren di depan Gerbang Torii via instagram.com/pamelaffe

Tepat di sebelah gerbang, ada jembatan merah yang bentuknya mirip Jembatan Shinkyo di Jepang. Di negara asalnya, jembatan ini konon hanya bisa dilewati kaisar dan beberapa jendral. Namun tak perlu khawatir Teman Traveler, di The Onsen Batu kalian bebas melintasinya. Mau berfoto ria pun boleh.

Suasananya Jepang banget via Instagram.com/sutrisnasandra

Menu Serba Jepang di Fushimi Restaurant

Deretan sushi menggoda via Instagram.com/susy_linawati

Keunikan lain yang bisa Teman Traveler dapatkan di The Onsen Batu adalah pengalaman makan dengan aneka menu ala Jepang yang menggoda selera. Langsung saja meluncur ke Fushimi, restoran yang sajikan deretan makanan seperti sushi, sashimi, dan masih banyak lagi.

Bagi yang tidak menginap, bisa tetap makan di sini dengan bayar tiket masuk seharga Rp50.000. Tiket tersebut nanti bisa ditukarkan dengan dua botol minuman.

Bagaimana Teman Traveler, menarik kan? Daripada jauh-jauh liburan ke Jepang dan mahal, boleh lah kalian coba sensasi ala Negeri Sakura dengan kearifan lokal di The Onsen Batu.

Tags
akomodasi batu Batu kontributor wisata batu
Share