Istimewanya Terminal Purabaya, Tersibuk Se-Asia Tenggara

Welly Handoko

Welly Handoko

On Indonesia
Terminal Purabaya Surabaya Terminal Purabaya Surabaya

Memasuki musim mudik, tempat-tempat seperti terminal, stasiun, dan bandara dijamin bakal makin sibuk. Tak terkecuali Terminal Purabaya Surabaya, konon merupakan salah satu yang tersibuk di Asia Tenggara.

Namun di tengah kepadatan penumpang bus jurusan antar kota dan antar pulau, Terminal Purabaya menyimpan beberapa keiistimewaan Teman Traveler. Selain fasilitasnya lengkap, pelayanan di sini pun sangat memuaskan. Tak percaya? Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Loket Bagus dan Terintregasi

Loket terintegrasi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Loket pembelian tiket bus biasanya terkesan kumuh dan tidak terawat. Sekedar berpetak dengan sekat triplek. Namun di lobby utama Terminal Purabaya, mata Teman Traveler akan terbelalak melihat betapa bagus dan rapinya deretan tempat pebelian tiket.

Kebersihannya sangat terjaga. Selain itu hanya ada sedikit petugas tiket yang ‘memaksa’ calon penumpang mengungkap kota tujuan mereka. Hal ini membuat Purabaya terasa makin nyaman.

Koridor Nyaman Mulai dari ‘Drop Spot’ Menumpang

Koridor nyaman di Purabaya (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Dari dulu Terminal Purabaya sudah sangat baik dalam hal drop spot atau lokasi penurunan penumpang. Begitu turun dari bus atau kendaraan lain, penumpang takkan langsung kepanasan. Ada koridor beratap yang bisa membuat mereka jalan dengan nyaman.

Koridor nyaman berlanjut hingga dalam (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Koridor nyaman ini terus berlanjut hingga area dalam. Uniknya lagi, fasilitas ini sudah ada jauh sejak Purabaya direnovasi menjadi lebih modern. Jika diperhatikan, Teman Traveler bisa melihat sedikit unsur klasik di sini.

Fasilitas Umum yang Lengkap

Terminal sudah dilengkapi beragam fasilitas umum (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Terminal Purabaya menyediakan banyak fasilitas penunjang yang memudahkan penumpang. Salah satu yang terpenting adalah pusat informasi. Di sini Teman Traveler bisa mendapat keterangan lengkap mengenai jadwal keberangkatan bus atau informasi lain seputar terminal.

Tepat di samping pusat informasi, terdapat ATM Centre. Bagi Teman Traveler yang tidak membawa uang tunai, fasilitas ini tentu sangat membantu. Tak perlu repot pergi jauh-jauh untuk menarik dana.

Toilet bersih (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Toilet bersih juga sangat mudah ditemukan di Terminal Purabaya. Di area sekitar drop spot, lobby lantai pertama, maupun lobby terminal lantai dua. Benar-benar membantu.

Sementara itu, bagi Teman Traveler yang beragama Islam tersedia musholla di beberapa titik. Tempatnya berdekatan dengan toilet maupun kamar mandi. Para calon penumpang bisa meneruskan perjalanan tanpa harus meninggalkan kewajiban beribadah.

Ruang perawatan bayi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Pengelola Purabaya juga menyediakan fasilitas khusus Ruang Perawatan Bayi dan menyusui. Para ibu tak perlu khawatir buah hati mereka rewel kala menunggu jadwal keberangkatan bus. Ruangan ini bisa ditemukan di lantai pertama bangunan utama terminal, di sisi kanan dari arah lobby. Tenang saja, banyak petunjuk arahnya kok

Posko BPJS Kesehatan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Menyambut musim mudik, terminal juga menyediakan Posko Mudik BJPS Kesehatan. Jika Teman Traveler sedang merasa tak enak badan, bisa langsung mampir ke sini untuk memeriksakan diri. Gratis untuk para pemegang kartu BPJS.

Gedung Lobby Ruang Tunggu Megah

Lobby megah (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Purabaya memiliki lobby yang cukup megah. Begitu melihat pertama kali, Teman Traveler dijamin bakal kagum. Rasanya bukan seperti di terminal, tapi lebih mirip bandara.

Atapnya tinggi megah, ditambah lantai dua yang nampak mewah dari bawah. Selain itu tersedia beberapa fasilitas penunjang seperti tennant makanan dan deretan toko. Calon penumpang pun serasa makin dimanjakan.

Ruang tunggu nyaman (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tak hanya megah, area lobi Purabaya juga sangat fungsional. Di masing-masing lantai terdapat ruang tunggu penumpang yang nyaman dan leluasa. Jarang sekali terlihat orang duduk terlantar di lantai.

Selain luas, area lobi juga dihiasi sejumlah tanaman hijau. Efektif hasilkan nuansa asri di tengah panasnya cuaca Surabaya. Ngomong-ngomong, suhu di sekitar sini terasa sejuk lho meski tak ada AC atau kipas angin. Hal ini karena ventilasi cukup dan desain bangunan dengan atap tinggi.

Eskalator Khusus Difabel dan Trofi

Penumpang antre gunakan eskalator (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Akses penumpang menuju lantai dua kian mudah dengan adanya dua unit eskalator. Sayangnya, eskalator ini hanya untuk naik saja Teman Traveler. Jika ingin turun, kalian wajib menggunakan tangga konvensional yang ada di dekat tanda ‘Exit’.

Jalur khusus troli (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Bagi calon penumpang yang menggunakan troli untuk membawa barang bawaan, tersedia area khusus dengan permukaan datar. Sangat memudahkan untuk naik turun lantai. Tak hanya itu, fasilitas ini juga sangat berguna bagi mereka yang menggunakan kursi roda. Bisa dibilang, Purabaya ramah untuk semua orang.

Terang di Malam Hari

Deretan lampu di langit-langit terminal (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Jam operasional 24 jam membuat penerangan jadi sangat penting di Purabaya. Bagi Teman Traveler yang pernah mampir ke sini malam hari, tentu harus mengakui bahwa tempat ini sangat terang. Deretan lampu bergelantungan di atap terminal mengeluarkan cahaya maksimal untuk menerangi semua aktivitas.

Deretan lampu bikin terminal terasa mewah (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tak hanya menjadi sumber penerangan di malam hari, deretan lampu di langit-langit Terminal Purabaya juga berfungsi sebagai ornamen penghias ruangan di siang hari. Apalagi jika dilihat dari lantai atas, makin terlihat indah dan mewah.

Garbarata Bikin Terminal Serasa Bandara

Garbarata di Purabaya (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Beberapa orang yang pernah menginjakkan kaki di Purabaya mengatakan pada saya bahwa tempat ini mirip sekali dengan bandara. Hal tersebut mungkin tak terlepas dari keberadaan garbarata, lorong penghubung dari terminal ke jalur pickup penumpang. Mirip seperti penghubung dari bandara ke landasan pacu.

Fasilitas garbarata membuat penumpang jadi makin nyaman berada di terminal. Tidak perlu repot-repot kepanasan maupun berlari-lari untuk menuju jalur keberangkatan bus. Keren ya?

Langsung sampai di samping bus (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Teman Traveler akan menemukan beberapa jalur dengan papan berisi informasi jurusan masing-masing bus. Tinggal ikuti petunjuk tersebut, kalian akan sampai tepat di samping pintu bus yang dicari. Benar-benar mirip seperti di bandara. Kalian bisa langsung naik dengan santai, tanpa harus mendengar komando teriakan dari awak bus.

Banyak Petugas Siap Membantu

Petugas siap membantu para penumpang (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Semakin mendekati Lebaran, calon penumpang di Terminal Purabaya bakal makin membludak. Untungnya hal ini sudah diantisipasi dengan dikerahkannya anggota kepolisian dan petugas dari Dinas Perhubungan. Mereka akan siap siaga membantu calon penumpang di beberapa titik.

Terminal Selalu dalam Kondisi Rapi

Deretan bus di Purabaya (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Terminal bus sering identik dengan ruwet dan riweh. Namun di Purabaya, semua bayangan tersebut sirna usai melihat deretan bus berjajar rapi. Hal ini tak lepas dari bagusnya manajemen yang dilakukan. Jika busnya saja sudah terorganisir begini, calon penumpang pasti bakal sangat antusias.

Menikmati Pemandangan dari Area Lobby

Pemandangan terminal dari atas (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Lobby terminal yang megah dan dihiasi kaca transparan di tiap sisinya, membuat para calon penumpang bisa dengan mudah menyaksikan segala aktivitas di sekitar. Bagi para pecinta bus, hal ini jadi pemandangan yang cukup menarik. Teman Traveler bisa melihat bus berseliweran dengan leluasa.

Asyiknya nikmati pemandangan sekitar (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Terlepas dari faktor estetika, kaca transparan tersebut juga bermanfaat bagi penumpang untuk melihat apakah bus yang dinanti sudah siap berangkat atau belum. Keuntungan juga bagi Teman Traveler yang suka memilih-milih bus bagus. Dari kejauhan sudah terlihat apakah bus yang datang sesuai keinginan atau tidak.

Itulah beberapa ulasan mengenai istimewanya Terminal Purabaya, salah satu pusat aktivitas mudik di Jawa Timur, yang sekaligus jadi salah satu terminal tersibuk di Asia Tenggara. Bagaimana menurut Teman Traveler, adakah di antara kalian yang pulang kampung lewat sini?