Diet Plastik Saat Mudik? Bisa Kok, Yuk Simak Tips-tipsnya Seperti Berikut

Musim mudik akan segera tiba ya Teman Traveler. Merupakan momen di mana bisa bertemu dengan keluarga besar di rumah. Momen yang datangnya satu tahun sekali ini jangan sampai menyumbang sampah dalam jumlah yang lebih besar ya Teman Traveler, terutama plastik. Ada beberapa tips untuk diet plastik saat mudik 2019. Apa saja? Yuk ikuti ulasannya.

Mengganti Tisu dengan Lap/Sapu Tangan

Pakai sapu tangan, via Instagram/saputanganpremium
Pakai sapu tangan, via Instagram/saputanganpremium

Terutama buat keluarga yang memiliki bayi atau balita, fungsi tisu memang penting. Apalagi tisu basah. Namun usakan untuk mengurangi konsumsi tisu, ganti dengan lap ataupun sapu tangan. Perbanyak handuk kecil ataupun sapu tangan saat berada di perjalanan. Selain membuat hemat pengeluaran, sampah juga tidak akan terlalu banyak.

Membawa Wadah Isi Ulang

Bawa wadah sendiri, via Instagram/sophiesobento
Bawa wadah sendiri, via Instagram/sophiesobento

Camilan atau snack memang penting juga untuk dibawa. Gunannya banyak untuk tunda lapar sampai dengan membuat fokus saat menyetir. Usahakan untuk mulai sekarang menggunakan wadah isi ulang sebagai tempat jajan atau lain-lain. Snack ringan yang dibeli memang simple, tapi untuk melestarikan lingkunga, mulai gunakan wadah atau tempat isi ulang.

Bawa Botol Minum Isi Ulang

Bawa botol minum isi ulang, via Instagram/trishop_jbi
Bawa botol minum isi ulang, via Instagram/trishop_jbi

Tips selanjutnya adalah membawa botol minum isi ulang. Jika habis sewaktu-waktu, kamu tinggal isi ulang saja. Saat mampir ke rest area, biasanya juga ada tempat yang menawarkan isi ulang air mineral. Perbanyak koleksi tumblr, supaya tetap bisa nyaman saat bepergian. Suka beli kopi? Kamu juga bisa membawa tempat sendiri kok.

Pakai Sedotan Selain Plastik

Sedotan bambu, via Instagram/junglestraws
Sedotan bambu, via Instagram/junglestraws

Cara diet plastik lainnya adalah meminimalisir penggunaan sedotan plastik. Cara yang paling mudah dilakukan, beli sedotan stainless steel atau bambu, ya.

Perihal sedotan plastik memang kecil. Namun jika terus menerus dilakukan, dampaknya juga akan bagus untuk bumi. Belakangan banyak sedotan dari tumbuhan yang ditawarkan, misalnya saja dari daun kelapa, batang kangkung, dan lain-lain.

Gunakan Utensil Non Plastik

Sendok bukan plastik, via Instagram/wood.y.r
Sendok bukan plastik, via Instagram/wood.y.r

Sendok, sumpit ataupun juga garpu memang masih banyak yang terbuat dari plastik. Supaya makin sadar lingkungan, kamu perlu menganti semuanya dengan peralatan yang terbuat dari non plastik, kayu merupakan salah satu yang cukup direkomendasikan. Bisa digunakan kembali nantinya, jadi lebih hemat kan?

Itulah tips-tips yang bisa Teman Traveler lakukan supaya sampah plastik tidak semakin menggunung dan mengancam bumi. Yuk mulai peduli sampah mulai dari sekarang. Mulai dari kapan? Sekarang juga!

Tags
diet plastik kurangi sampah plastik masalah sampah plastik
Share