Incip Tengkleng Rica-rica Pak Manto, Pedas Gurihnya Bikin Melongo

Penggemar olahan kambing pasti bahagia saat liburan ke Solo. Kota cantik yang jadi kampung halamannya Bapak Joko Widodo ini memiliki banyak warung makan dengan menu olahan kambing. Salah satunya adalah Tengkleng Rica-rica Pak Manto yang rasa pedas gurihnya bikin melongo. Makin penasaran dengan rasanya kan? Intip ulasannya yuk!

1. Kedai Legendaris Berusia Seperempat Abad

Sate buntel pak manto
Sate buntel pak manto via instagram/@amazingindonesiafood

Pecinta kuliner Solo pasti tak asing lagi dengan Kedai Pak Manto. Tempat makan ini terbilang legendaris karena sudah 25 tahun melayani para penikmat makanan khas Indonesia. Sesuai dengan namanya, menu di sini berupa tengkleng. Namun, teman traveler dapat memesan aneka menu kambing lain seperti tongseng, sate, hingga gulai. Nah, porsinya di sini cukup banyak. Sangat cocok dijadikan bekal sebelum jelajah kota Solo.

2. Tengkleng Unik yang Beda dari Lainnya

Tengkleng pak manto
Tengkleng pak manto via instagram/@jogjabikinlaper

Berburu tengkleng di Solo sangatlah mudah. Namun, yang rasanya istimewa hanya ada di kedai Pak Manto. Perbedaannya pada bumbu yang Pak Manto gunakan. Pemiliki kedai di Jalan Honggowongso 36 ini menyajikan tengkleng dengan bumbu rica-rica yang kental dan super pedas. Berbeda dengan tengkleng biasa yang memiliki kuah encer berwarna kuning. Soal rasanya, tak perlu ditanyakan lagi. Pasti bakalan ketagihan.

3. Dimasak Menggunakan Arang

Tengkleng dimasak diatas tungku arang
Tengkleng dimasak diatas tungku arang via intagram/@kulinerdisolo

Kelezatan tengkleng di sini tidak hanya berasal dari kuah kentalnya. Namun, juga bumbu rempah yang digunakan untuk mengolah potongan serta tulang di menu tengkleng. Menariknya, menu ini diolah bukan di atas kompor gas, melainkan dimasak sempurna di atas tungku arang. Nah, proses inilah yang membuat aromanya khas. Belum disajikan, bisa-bisa ngiler saat mencium baunya.

4. Menu Sumsum Kambing yang Kaya akan Rasa

Sumsum kambing dan sate buntel
Sumsum kambing dan sate buntel via intagram/@bangkusantri

Tengkleng rica di warung Pak Manto boleh saja jadi andalan. Namun, ada menu lain yang sayang untuk dilewatkan ketika makan di warung ini. Apalagi kalau bukan sumsum tulang kambing yang bumbunya sama dengan tengkleng rica? Rasanya istimewa, bahkan di bagian tulang terdalam. Sensasi paling nikmat adalah saat menyeruput sela-sela tulang. Bisa dibayangkan bagaimana gurihnya makanan ini kan? Dibandingkan tengkleng, menu ini cukup susah didapatkan karena jumlah dibatasi.

Nah, itulah ulasan tentang Tengkleng Rica-rica Pak Manto. Bagaimana, sudah siap untuk berburu kuliner berkolesterol belum?

Tags
Indonesia Jawa Tengah kuliner Solo Solo Surakarta
Share