Jangan Sampai Terprovokasi ‘Joker’, 5 Tempat Wisata Ini Baik Buat Kesehatan Mental

Tanggal 10 Oktober diperingati sebagai hari kesehatan mental sedunia. Kalau ingat kesehatan mental, pasti ingat dengan film “Joker”, di mana kesehatan mental sang tokoh terganggu parah, sehingga membuatnya melakukan tindak kejahatan yang mengerikan dan memprovokasi orang-orang yang frustrasi dengan kualitas hidupnya untuk mengikuti jejaknya.

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kualitas hidup tetap prima adalah pergi berlibur. Sebagai referensi, berikut 5 tempat wisata yang dijamin akan membantu menjaga kesehatan mental Teman Traveler.

1. Danau Toba

Image may contain: one or more people, people sitting, cloud, mountain, sky, outdoor, nature and water
Danau Toba via Instagram/anezsandyova_

Siapa sih yang tidak kenal Danau Toba? Danau bekas letusan super-volcano jutaan tahun lalu ini masih menyimpan pesonanya sendiri. Alamnya yang rindang dipenuhi pepohonan dan rumput yang hijau ditambah danau seluas 1.145 kilometer persegi membuat hati kita menjadi damai dan tenang.

2. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

No photo description available.
Taman Nasional Gunung Semeru dan Bromo via Instagram/zainnurih

Tempat ini masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit Indonesia, baik dari dalam maupun luar negeri. Banyak wisatawan merasakan kedamaian batin di tengah aktivitas yang mereka lakukan, entah pada saat hiking atau hanya sekadar hunting foto. Hawa pegunungan yang sejuk, pemandangan padang pasir di kawah, hingga kepulan asap yang keluar dari gunung Bromo seperti memiliki aura yang menentramkan.

3. Pulau Macan

Image may contain: 1 person, ocean, outdoor, nature and water
Pulau Macan via Instagram/ang.nsry

Tempat ini dituju banyak orang untuk menenangkan hati dan melepas stres. Pantainya yang bersih ditambah terumbu karangnya yang masih asri membuat kita tidak mau pergi dari sini, apalagi pulau ini sangat mudah diakses dan berjarak cukup dekat dengan Jakarta.

Ternyata pergi ke pantai memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mental loh! Menurut sebuah jurnal di Health Place, aroma udara laut ditambah dengan okestrasi deburan ombak mampu menstimulasi otak manusia untuk memberikan ketenangan. Selain itu, tekstur pasir pantai yang halus juga mampu memberikan efek rileks ketika tersentuh kulit.

4. The Yoga Barn, Bali

No photo description available.
Yoga Barn via Instagram/theyogabarn

The Yoga Barn adalah salah satu tempat yoga dan pusat kontemplasi terfavorit di Bali. Banyak sekali wisatawan berkunjung ke sini untuk menjernihkan batin dan jiwa mereka dengan metode-metode khusus yang ditawarkan.

The Yoga Barn sendiri memegang prinsip holistic healing dalam semua kegiatannya. Artinya, semua aktivitas yang dilakukan tidak hanya untuk memberi kedamaian batin, tapi juga mengubah emosi dan sifat negatif menjadi lebih positif. Ternyata kualitas kesehatan mental yang baik akan berpengaruh besar terhadap kesehatan fisik secara menyeluruh, loh!

5. Portibi Farm, Sukabumi

Image may contain: one or more people, people sitting, grass, table, tree, outdoor and nature
Suasana di Portibi Farm via Instagram/eco_bule

Tempat yang satu ini tidak boleh Teman Traveler lewatkan. Berlokasi di Sukabumi, Portibi Farm hanya berjarak sekitar 2-3 jam dari Jakarta. Tempat wisata yang berkonsep peternakan dan perkebunan organik ini siap membawa kita untuk “back to nature“.

Tempat sejuk dengan udara yang super bersih dan segar ini menyediakan berbagai aktivitas menarik seperti memanen dan membuat makanan sendiri dari hasil kebun organik, trekking ke hutan, berenang di air terjun dan olahraga alam yang memadukan olah pernapasan dan gerak tubuh. Sangat ideal untuk dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak karena aktivitas yang ditawarkan dijamin efektif untuk “mendetoks” dari ketergantungan kita akan gadget.

Demikian 5 tempat di Indonesia yang bisa disinggahi untuk memperbaiki mood dan menyegarkan emosi menjadi lebih positif. Ingat, ketika Teman Traveler mulai merasa stres dan pusing dengan kehidupan sehari-hari, berhentilah sejenak dan mulai berlibur demi kesehatan mental yang lebih baik.

Tags
Bali Indonesia kesehatan mental Wisata
Share