Tempat Wisata di Mata Uang ini Wajib Dikunjungi!

Advertisement

Bulan Desember 2016 kemarin, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan Bank Indonesia telah meluncurkan uang rupiah yang baru. Uang rupiah tersebut pun menghebohkan dunia hiburan lantaran desain dan gambarnya yang unik. Yap, perancang uang baru ini menggunakan tempat – tempat wisata yang belakangan ini sangat populer hingga di kalangan wisatawan mancanegara. Sebut saja Gunung Bromo, Pulau Derawan, Raja Ampat hingga Benteng Neira. Sebelum Pulau Derawan, ternyata beberapa tempat di bawah ini sudah lebih dulu muncul di uang rupiah milik Indonesia. Bahkan beberapa tempat wisata tersebut terkenal berkat mata uang. Wah, lalu tempat wisata mana saja yang pernah digunakan sebagai gambar uang rupiah? Berikut rangkumannya!

1. Bendungan Tangga Asahan

Bendungan Tangga Asahan
Bendungan Tangga Asahan [image source]
Bendungan Sigura-Gura menjadi salah satu destinasi wisata yang pernah masuk dalam mata uang Indonesia. Bendungan yang disebut dengan Tangga Asahan ini terletak di 23,3 km dari hulu Sungai Asaha (Danau Toba) atau 1 km di hilir Air Terjun Sigura-gura. Karena merupakan bendungan terbesar di Indonesia setelah Sutami, tak heran jika bendungan satu ini masuk sebagai gambar dalam mata uang nominal 100 rupiah.

Bendungan Tangga Asahan di Uang
Bendungan Tangga Asahan di Uang [image source]

 

2. Candi Borobudur, Jawa Tengah

Candi Borobudur
Candi Borobudur [image source]
Siapa sih yang tak kenal dengan Candi Borobudur? Candi ini bukan hanya terkenal di Indonesia tapi juga masuk dalam daftar keajaiban dunia. Saking terkenalnya, tak heran jika Candi yang terletak di Magelang ini menjadi salah satu gambar untuk mata uang. Kecantikan Candi Borobudur sendiri terdapat dalam uang 10 ribuan yang keluar di tahun 1992.

Candi Borobudur Jawa Tengah
Candi Borobudur Jawa Tengah [image source]

3. Candi Loro Jonggrang atau Candi Prambanan

Candi Prambanan, Yogyakarta
Candi Prambanan, Yogyakarta [image source]
Bukan hanya Candi Borobudur, Candi Prambanan atau juga dikenal dengan nama Candi Loro Jonggrang juga masuk sebagai gambar dalam mata uang rupiah. Candi Hindu terbesar di Indonesia ini sendiri terdapat dalam mata uang 10000 rupiah yang keluar di tahun 1979. Sayangnya, dalam mata uang tersebut, tak semua bagi Candi terlihat.

Candi Prambanan
Candi Prambanan [image source]

4. Gunung Anak Krakatau, Selat Sunda

Gunung Anak Krakatau, Selat Sunda
Gunung Anak Krakatau, Selat Sunda [image source]
Tahun 1942, terdapat anak gunung yang muncul di kawasan Selat Sunda. Gunung kecil ini terbentuk setelah 40 tahun meletusnya gunung Krakatau. Keajaiban ini pun menghebohkan dunia hingga nama Indonesia sering muncul di berita luar negeri. Karena kepopulerannya tersebut, Gunung Anak Krakatau ini menjadi salah satu gambar di salah satu uang kertas seratus rupiah.

Gunung Anak Krakatau
Gunung Anak Krakatau [image source]

5. Danau Toba dan Pulau Samosir

Danau Toba, Sumatera Utara
Danau Toba, Sumatera Utara [image source]
Menjadi danau terbesar di Indonesia sekaligus Asia Tenggara, tentu saja Danau ini begitu terkenal. Selain itu, danau vulkanik ini makin ternama lantaran adanya pulau cantik di tengah danau. Pulau bernama Samosir tersebut menjadi salah pemandangan cantik ketika para wisatawan berlibur ke Sumatera Utara ini. Selain terkenal hingga ke dunia, Danau Toba juga menjadi salah satu gambar cantik di mata uang Indonesia.

Danau Toba
Danau Toba [image source]

6. Danau Segara Anakan dan Gunung Rinjani, Lombok

Danau Segara Anakan
Danau Segara Anakan [image source]
Berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, gunung berapi tertinggi kedua ini benar-benar mencuri perhatian. Selain puncak Gunung yang menyajikan pesona alam super mewah, Gunung Rinjani juga memiliki danau cantik yang terkenal bernama Segara Anakan. Kecantikan dari Gunung Rinjani ini sendiri juga terdapat dalam uang kertas 10 ribu yang keluar di tahun 1998.

Gunung Rinjani
Gunung Rinjani [image source]

7. Pulau Tidore, Maluku Utara

Pulau Tidore, Maluku Utara
Pulau Tidore, Maluku Utara [image source]
Nah, tentu tahu kan uang mana yang di salah satu sisinya terdapat pemandangan cantik Pulau Tidore? Yap, uang rupiah tersebut adalah 1000 yang hingga kini masih digunakan oleh banyak orang sebagai alat tukar menukar. Pulau Tidore sendiri merupakan salah satu pulau yang terdapat di Maluku Utara. Letak pastinya, pulau ini berada sebelah barat dari Pulau Halmahera. Jika kamu ingin berkunjung ke Pulau ini, cukup melakukan perjalanan selama 30 menit dengan menggunakan speedboat dari Ternate.

Pulau Tidore
Pulau Tidore [image source]

8. Masjid Kudus

Masjid Kudus Jawa Tengah
Masjid Kudus Jawa Tengah [image source]
Sudah pernah berkunjung ke Masjid satu ini? Ya, Masjid Sunan Kudus merupakan salah satu destinasi wisata religi yang banyak dikunjungi. Masjid bersejarah ini sendiri dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549 M atau 956 H dengan menggunakan batu Baitul Maqdid dari Palestina (batu pertama). Hingga kini masjid yang terletak di desa Kauman, Kecamatan Kita, Kabupaten Kudus Jawa Tengah ini tetap berdiri dan makin megah. Kecantikan bangunan ini pun juga pernah terlihat dalam salah satu mata uang rupiah Indonesia.

Masjid Kudus
Masjid Kudus [image source]

9. Pura Ulun Danu Bratan

Pura Ulun Bali
Pura Ulun Bali [image source]
Pura Ulun Danu Bratan merupakan salah satu pura ternama di Bali. Pura air ini sendiri terletak di tepi Danau Bratan dekat Bedugul. Pura cantik ini sendiri didirikan pada tahun 1663 untuk menghormati dewi Danu yang merupakan dewi air, sungai dan danau. Pura Ulun ini pun menjadi salah destinasi wisata Bali yang menjadi gambar di salah satu mata uang rupiah pecahan 50000.

Pura Ulun
Pura Ulun [image source]
Nah, itulah dia tempat cantik dan ternama yang juga terkenal berkat mata uang.

Advertisement
Tags
candi Danau Gunung Indonesia Jawa Tengah Kudus Lampung Lombok Magelang Maluku Utara masjid Pulau Samosir Sleman Sumatra Utara Yogyakarta
Share