11 Tempat Wisata di Kabupaten Tanggamus, Primadona Wisata di Provinsi Lampung

Advertisement

Tanggamus adalah satu dari lima belas kabupaten dan kota di Lampung yang menjadi andalan tujuan wisata di provinsi tersebut. Posisinya yang menghadap langsung ke salah satu teluk terbesar yang dimiliki Lampung membuat daerah ini memiliki banyak sekali pilihan tempat wisata bahari. Di kabupaten ini pula terdapat spot bertemu dengan lumba-lumba di alam bebas.

Baca Juga :8 Tujuan Wisata di Malang Kota yang Oke Punya

Secara umum Tanggamus adalah kabupaten yang berdiri sejak tanggal 21 Maret 1997. Namanya diambil dari sebuah gunung yang berada di pusat kota yaitu Gunung Tanggamus. Topografi wilayahnya yang bervariasi mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi, menjadikan daerah ini kaya akan sumber daya alam sekaligus memiliki potensi wisata yang komplit. Berikut ini Travelingyuk rangkum, tempat-tempat keren yang bisa traveler jadikan tujuan berwisata di kabupaten Tanggamus.

1. Teluk Kiluan, Tempat yang Tepat Untuk Bertemu dengan si Lumba-Lumba

Tempat yang wajib ada dalam bucketlist liburanmu di kabupaten Tanggamus di Lampung adalah Teluk Kiluan. Teluk inilah yang menjadi saingan berat Pantai Lovina di Bali karena mereka sama-sama memiliki atraksi serupa berupa bertemu dengan kawanan lumba-lumba di laut lepas. Teluk Kilauan terletak di desa Kilauan Negeri, kecamatan Kelumbayan, kabupaten Tanggamus.

Lumba-lumba di Teluk Kiluan, via instagram
Lumba-lumba di Teluk Kiluan, via instagram

Jarak Teluk Kilauan dari ibukota provinsi, Bandar Lampung sekitar 80 kilometer dan bisa ditempuh selama 3-4 jam. Teluk Kilauan menyajikan beragam pilihan wisata, selain berlayar ke tengah laut untuk melihat lumba-lumba, mereka yang berada di pesisirnya juga bisa bermain pasir dan berenang di laguna biru yang keren.

2. Pantai Gigi Hiu, Pantai Paling Fotogenik se-Lampung

Tidak jauh dari Teluk Kilauan ada sebuah pantai yang disebut-sebut memiliki pemandangan paling fotogenik tidak hanya di Lampung namun di Indonesia. Adalah Pantai Gigi Hiu alias Pantai Batu Layar alias Pantai Pegadungan. Banyaknya alias yang dimiliki pantai ini tidak lepas dari belum populernya pantai tersebut sehingga setiap traveler dan warga memiliki versi namanya sendiri-sendiri.

Pantai Karang Gigi Hiu, via instagram
Pantai Karang Gigi Hiu, via instagram

Pantai Batu Hiu adalah nama yang tengah naik daun. Pemberian namanya sendiri merujuk pada gugusan karang tajam yang dianalogikan sebagai gigi ikan hiu. Secara administratif pantai ini terletak di desa Pegadungan, kecamatan Kalumbayan, kabupaten Tanggamus. Tidak usah bawa peralatan snorkeling ke tempat ini, karena Pantai Gigi Hiu hanya bisa dinikmati secara visual saja.

3. Air Terjun Lamuran, Objek Wisata Tersembunyi yang Masih Alami

Dengan sebagian wilayahnya yang berbukit dan bergunung-gunung, kabupaten Tanggamus mempunyai banyak spot air terjun. Hanya saja untuk mengunjungi air terjun-air terjun tersebut dibutuhkan usaha ekstra lantaran posisinya yang masih tersembunyi dengan akses yang belum memadai. Seperti air terjun satu ini, adalah Air Terjun Lamuran yang terletak di lereng Gunung Tanggamus.

Air Terjun Lamuran, via instagram
Air Terjun Lamuran, via instagram

Secara administratif Air Terjun Lamuran terletak di dusun Lamuran, pekon atau desa Teratas, kecamatan Kota Agung, kabupaten Tanggamus. Meski letaknya berada di wilayah ibukota kabupaten akan tetapi rute menuju ke lokasi cukup bikin ngeri khususnya buat mereka yang jarang berpetualang. Yang membuat Air Terjun Lamuran sangat khas yaitu keberadaan batu besar di bawah air terjun. Batu inilah yang seringnya digunakan sebagai tempat untuk pose foto.

4. Gunung Tanggamus, Negeri Atas Awan Tanggamus

Seperti diceritakan di awal bahwa asal mula pemberian nama kabupaten Tanggamus berasal dari sebuah gunung di pusat kota yang bernama Gunung Tanggamus. Gunung ini berdiri tegak di timur laut ibukota kabupaten yaitu kecamatan Kota Agung. Gunung ini sangat populer di kalangan pecinta alam dan menjadi lokasi favorit untuk pendakian dan juga kemping.

Gunung Tanggamus, via instagram
Gunung Tanggamus, via instagram

Gunung Tanggamus memiliki tinggi 2.102 meter di atas permukaan air laut yang menjadikannya sebagai gunung tertinggi kedua di provinsi Lampung setelah Gunung Pesagi. Puncak gunung ini mempunyai pemandangan yang begitu indah terlebih saat pagi dan sore. Saat itu lembah Gunung Tanggamus akan tertutup kabut putih yang tebal sehingga membuat traveler di puncaknya berasa berada di atas awan.

5. Pantai Sawmill, Tempat Asyik Untuk Berekreasi

Wilayah kabupaten Tanggamus yang menghadap ke Teluk Semangka membuatnya punya garis pantai yang sangat panjang sekaligus memberinya banyak pantai eksotis. Salah satunya adalah Pantai Sawmill yang terletak di pesisir barat tepatnya di desa Karangsari, kecamatan Wonosobo.

Pantai Sawmill, via instagram
Pantai Sawmill, via instagram

Pantai dengan nama lain Sumil ini memiliki pemandangan alam yang kompleks. Selain laut yang menghampar luas, di sebelah barat pantai ini terlihat gugusan pegunungan Bukit Barisan Selatan yang telah ditetapkan pemerintah sebagai taman nasional. Beralih ke sisi timur, sayup-sayup terlihat puncak Gunung Tanggamus yang menjadi ikon kabupaten tersebut.

6. Air Terjun Way Lalaan, The Most Popular Water Falls in Tanggamus

Jika kepingin menikmati suguhan air terjun di Tanggamus begitu melelahkan karena gambaran jalan yang begitu menantang, maka ada pilihan lain yang lebih bersahabat yaitu Air Terjun Way Lalaan. Air terjun ini didapuk sebagai destinasi wisata populer di Tanggamus yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Air Terjun Way Lalaan, via instagram
Air Terjun Way Lalaan, via instagram

Air Terjun Way Lalaan memiliki ketinggian 11 meter dan airnya mengalir ke sungai Lalaan yang bermuara di Teluk Semangka. Air terjun ini bisa traveler temukan di pekon atau desa Kampungbaru, kecamatan Kota Agung Timur atau tepat berada di kaki Gunung Tanggamus. Akses menuju ke lokasi sudah dibangun tangga beton yang dibuat pada zaman kolonial Belanda sekitar tahun 1937.

7. Curug Jarum Lebuay, Air Terjun Dua Rupa

Selain Air Terjun Way Lalaan yang cukup populer dan telah dikenal sejak Belanda masih menjajah Indonesia ternyata Tanggamus punya air terjun lain yang punya dua rupa yaitu Curug Jarum Lebuay. Air terjun ini akan berubah menjadi air terjun kembar dengan dua aliran berdampingan saat musim hujan.

Curug Jarum Lebuay, via instagram
Curug Jarum Lebuay, via instagram

Curug Jarum Lebuay terletak di pekon Lebuay Datar, kecamatan Air Naningan. Air terjun ini memiliki debut air yang berlimpah meski musim kemarau hanya saja yang membedakan saat musim kemarau aliran air terjun ini hanya satu. Di bawah terjunan air terdapat gua kecil dan juga kolam yang bisa digunakan berenang. Namun pengunjung harus tetap hati-hati kalau bermain air di kolamnya.

8. Bendungan Batutegi, Alternatif Wisata Buat Yang Mau Menyendiri

Mumpung masih berada di kecamatan Air Naningan, setelah puas basah-basahan di Curug Jarum Labuay langsung saja bersantai di Bendungan Batutegi yang berada di pekon Batutegi. Bendungan yang dibangun sejak tahun 1995 dan selesai 9 tahun kemudian ini berada di antara dua bukit yang tinggi serta mengorbankan bukit yang lebih rendah untuk ditenggelamkan.

Bendungan Batutegi, via instagram
Bendungan Batutegi, via instagram

Kabarnya Bendungan Batutegi ini merupakan bendungan terbesar se Asia Tenggara yang mampu menampung air sebanyak 9 juta meter kubik. Selain dimanfaatkan untuk sarana pembangkit tenaga listrik, Bendungan Batutegi juga mulai dikembangkan untuk tujuan wisata. Biaya masuk ke kawasan bendungan ini hanya Rp. 2 ribu per orang saja. Sebaiknya berkunjung pada pagi atau sore, pasalnya siang hari di bendungan ini lumayan panas karena tidak ada tempat berteduh.

9. Kawah Belerang Bukit Pagar Alam, Rasakan Sensasi Bau Belerang yang Menyengat

Trip ke Tanggamus bisa traveler tutup dengan mengunjungi tiga objek sekaligus dalam satu lokasi yaitu di kawasan Ulu Belu. Tempat pertama yang bisa didatangi adalah Kawah Belerang Bukit Pagar Alam. Kawah ini memiliki pemandangan permukaan berwarna keperakan dan agak kehitaman.

Kawah Belerang Bukit Pagar Alam, via instagram
Kawah Belerang Bukit Pagar Alam, via instagram

Di beberapa titik terdapat genangan air yang tidak terlalu dalam. Dari sana pula muncul sumber air panas dari sela-sela bebatuan. Air panas tersebut muncul disertai kepul asap putih dengan bau menyengat khas belerang yang tidak bersahabat dengan indera penciuman. Meski letaknya berada di kawasan berbukit namun suhu udara di kawasan kawah ini terasa hangat.

10. Air Terjun Lembah Pelangi, Objek Wisata yang Sedang Naik Daun

Tempat kedua setelah puas menikmati dan mengambil gambar di Kawah Belerang Bukit Pagar Alam adalah Air Terjun Lembah Pelangi. Air terjun setinggi 20 meter ini merupakan air terjun bertingkat yang terdiri dari 3 susunan. Menariknya air terjun yang berada di posisi paling bawah memiliki sumber air panas yang bisa digunakan untuk mandi dan terapi.

Air Terjun Lembah Pelangi, via instagram
Air Terjun Lembah Pelangi, via instagram

Untuk mendatangi satu per satu rangkaian Air Terjun Lembah Pelangi dibutuhkan usaha ekstra karena ketiganya terpisah jarak dengan medan yang curam meski posisinya tidak jauh. Kebanyakan traveler yang berkunjung ingin menikmati sensasi berendam di air hangatnya. Kamupun tidak boleh ketinggalan berendam di bawah air terjun ini kalau berkunjung ke sana.

11. Danau Hijau, Sumber Air Panas Ulu Belu

Masih berada satu kawasan dengan kawah belerang dan Air Terjun Lembah Pelangi terdapat danau cantik berwarna hijau jernih bernama Danau Hijau. Danau ini berada di daerah Ulu Belu yang dikenal pula sebagai daerah geothermal di kabupaten Tanggamus. Tentu saja danau yang ada di hadapan traveler ini bukan danau biasa, airnya hangat dan tercium bau belerang yang menyengat.

Danau Hijua Ulu Belu, via instagram
Danau Hijua Ulu Belu, via instagram

Hangatnya air danau berasal dari bongkahan belerang di dasar danau yang mendidih. Tempat ini menjadi tujuan rekreasi favorit warga Tanggamus di akhir pekan dan hari libur. Terlihat dari berderetnya warung-warung makan di pinggir danau yang menjajakan aneka jenis makanan dan camilan yang bikin perut kenyang. Danau Hijau Ulu Belu memang pas dikunjungi traveler yang hobi fotografi, pemandangan alam di sekitar lokasi sayang jika hanya dinikmati dengan mata saja.

Baca Juga :6 Tempat Untuk Wisata Kuliner Halal Berbuka Puasa di Negeri Paman Sam

Sebelas daftar tempat keren di kabupaten Tanggamus ini hanyalah sebagian kecil dari jumlah keseluruhan potensi yang dimiliki kabupaten ini mengingat wilayahnya berada di Teluk Semangka yang memiliki garis pantai mencapai lebih dari 200 kilometer. Temukan tempat-tempat keren lainnya di Tanggamus dan share pengalamanmu di kolom komentar!

Advertisement
Tags
Air Terjun Gunung Indonesia Lampung pantai Tanggamus Teluk
Share