Wisata Kuliner ke Madura, Yuk!

Advertisement
Advertisement

Meski bukan warga asli, Anda mungkin sudah sering menyantap kuliner Madura seperti soto dan sate. Tak heran, sebab kedua makanan lezat ini bisa dijumpai di hampir seluruh kota di Indonesia. Cita rasanya yang lezat pun membuat semua orang ketagihan. Tapi kalau berkunjung ke Madura langsung, kira-kira kuliner apa lagi ya yang bisa dicoba? Nah, berikut ini kami rangkum  kuliner khas Madura yang wajib Anda jajal saat berkunjung ke Pulau Garam ini:

1. Soto Madura

Soto Madura [image source]

Ya, di daftar teratas tentu saja ada soto Madura yang kelezatannya tiada dua. Berbeda dengan soto Lamongan yang menggunakan bahan dasar ayam, soto Madura memakai irisan daging sapi. Kuah soto Madura juga sedikit lebih keruh jika dibandingkan dengan soto Lamongan. Sebagai pelengkap, makanan ini biasanya disajikan dengan telur rebus, kentang goreng, dan taoge. Ada juga beberapa variasi lain dari soto Madura yaitu soto Sumenep yang dimakan dengan singkong, soto Pamekasan yang berkuah bening dengan tambahan kentang rebus, atau soto Bangkalan yang berbumbu kunyit dan jahe dengan isian daging sapi serta jeroan ayam.

Soto Madura [image source]
Lokasi : Soto Babat Sumenep & Rujak Cingur Ibu Juhairiyah

Jl. Raden Abdul Azis, Jungcangcang, Kec. Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur

2. Sate Madura

Sate Madura [via Instagram]
Sate Madura [via Instagram]
Madura juga tersohor akan kelezatan satenya. Itulah mengapa Anda tak boleh melewatkan untuk menyantap sate Madura di daerah asalnya. Ada sate kambing dan sate ayam yang bisa Anda pilih. Sate ayam diberi bumbu kacang dan kecap, sedangkan sate kambing diberi bumbu kecap dan perasan jeruk nipis. Sate Madura makin mantap disantap dengan sambal dan taburan bawang merah mentah. Untuk karbohidratnya bisa dipilih mau nasi putih atau lontong.

Sate Madura [image source]
Lokasi : Sate Bluto, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

3. Bebek Sinjay

Bebek Sinjay [image source]
Wah, pecinta bebek dijamin ketagihan dengan gurihnya bebek Sinjay khas Madura. Daging bebek yang dimasak hingga lembut dan empuk, diberi bumbu super gurih kemudian digoreng hingga matang, disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal manga muda yang pedas asam, makanan satu ini sungguh memuaskan lidah. Saking terkenalnya, bebek Sinjay yang asalnya ada di Jalan Raya Ketengen No 45, Bangkalan, kini sudah buka cabang di beberapa kota lain salah satunya Malang.

Bebek Sinjay [image source]
Lokasi : Jalan Raya Ketengan No. 45, Tunjung, Burneh, Tunjung, Burneh, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur

Telepon : 0878-4965-5545

4. Nasi Jagung

Nasi Jagung [via Instagram]
Nasi Jagung [via Instagram]
Kontur tanah di Madura kabarnya sangat sempurna untuk menanam jagung. Tak heran, hasil jagung di kota ini melimpah dan banyak diolah menjadi makan nikmat salah satunya nasi jagung. Dalam seporsi nasi jagung khas Madura, Anda akan menjumpai urap-urap, sayur lodeh, pepes ikan tongkol, dan juga ikan asin yang digoreng kering. Tentu saja sambal tak ketinggalan yang membuat rasnya makin nendang.

Nasi Jagung [image source]

5. Lorjuk

Lorjuk [image source]
Karena berdekatan dengan laut, tak heran jika di Maduran Anda banyak menjumpai hidangan yang terbuat dari hasil laut, misalnya saja lorjuk. Ya, lorjuk adalah sejenis kerang berbentuk panjang pipih yang biasanya tinggal di dalam pasir. Lorjuk ini banyak ditemukan di pantai-pantai Madura dan biasa diburu saat laut pasang. Selain bisa dimasak menjadi berbagai menu lezat, lorjuk juga nikmat dijadikan keripik. Keripik lorjuk ini populer sekali lho, sebagai oleh-oleh khas Madura!

Lorjuk [image source]
Lokasi : Jl. R. Semanggi No. 24 Kapedi, Bluto, Kapedi, Bluto, Sumenep

6. Otok

Otok [via Instagram]
Otok [via Instagram]
Selain keripik lorjuk yang gurih, Anda juga bisa menjadikan otok sebagai oleh-oleh saat bertandang ke Madura. Otok merupakan camilan yang terbuat dari biji kacang panjang. Dengan berbagai bumbu kgas Madura, otok memiliki rasa gurih yang bikin ketagihan. Saat makan otok dijamin Anda tak akan bisa berhenti sebelum menghabiskan seplastik penuh. Otok bisa dengan mudah dijumpai di toko oleh-oleh yang ada di Madura.

Otok [image source]
Lokasi : Sumenep, Jawa Timur

7. Topak Ladeh

Topak Ledeh [image source]
Kalau di Jawa, opor dan kare merupakan masakan yang selalu jadi langganan saat Lebaran. Beda lagi dengan di Madura! Di pulau ini Anda akan disuguhi makanan bernama topak ladeh saat Lebaran atau acara-acara penting lainnya. Topak ladeh merupakan makanan berkuah santan dan rempah yang memiliki isian daging sapi dan biasa disantap dengan lontong.

Topak Ledeh [image source]

8. Tajin Sobih

Tajin Sobih [image source]
Dikenal juga dengan nama bubur Madura, penampilan tajin sobih memang tidak seperti bubur pada umumnya. Tajin sobih ini mirip sekali dengan bubur sum sum kalau di Pulau Jawa. Dengan bubur lembut berwarna putih yang rasanya sangat gurih, makanan ini biasa disajikan dengan siraman gula merah cair di atas bungkus daun pisang. Makanan ini pas sekali dijadikan pencuci mulut setelah menyantap aneka menu berlemak seperti soto atau sate.

Tajin Sobih [image source]

9. Nasi Serpang

Nasi Serpang [via Instagram]
Nasi Serpang [via Instagram]
Mirip dengan nasi campur, nasi serpang khas Madura disajikan dengan berbagai lauk seperti bihun, telur asin, ikan laut, serta sambal. Yang lebih istimewa lagi, ada kerupuk rambak bumbu rujak yang membuat kuliner ini makin memanjakan lidah. Anda juga bisa menambahkan lauk lain yang bisa dipilih sesuai selera seperti daging, ayam, atau jeroan.

Nasi Serpang [image source]
Lokasi :  Jl. Raya Ketengan, Pejagan, Kec. Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur

10. Kaldu Kokot

Kaldu Kokot [via Instagram]
Kaldu Kokot [via Instagram]
Penyuka makanan berlemak wajib mencoba menu khas Madura yang satu ini. Kaldu kokot merupakan makanan berkuah yang terbuat dari kacang hijau dan aneka rempah. Unik sekali kan, menjadikan kacang hijau sebagai bahan makanan dengan rasa gurih? Yang membuatnya makin lezat, dalam kaldu kokot terdapat juga potongan kikil berukuran besar. Biasa disajikan dengan bumbu petis dan kacang ulek, menu satu ini tak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Madura.

Kaldu Kokot [image source]
Lokasi : Jl. Trunojoyo, Patemon, Kec. Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur

11. Rujak Cingur Madura

Rujak Cingur [image source]
Menu ini mudh ditemukan terutama saat kamu memasuki Jawa Timur. Sebut saja Surabaya atau Malang, tak ketinggalan juga Madura yang dikenal sebagai Pulau Garam. Rujak Cingur juga jadi santapan populer di tempat asal Sakerah ini. Sekilas memang nampak seperti rujak pada umumnya, namun kamu akan menemukan ciri khas saat menyantapnya. Coba saja kalau tidak percaya.

Rujak Cingur [image source]
Lokasi :  Jl. Raden Abdul Azis, Jungcangcang, Kec. Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur

Nah, liburan mendatang tak ada salahnya menyempatkan diri untuk berkunjung ke Madura dan merasakan sensasi kuliner di sana!

Advertisement
Tags
bebek sinjay kuliner madura makanan khas madura
Share