Liburan ke Kalimantan Selatan? Pastikan Kunjungi Deretan Tempat Wisata Banjarmasin Ini

Advertisement

Kota Banjarmasin merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan yang tersohor dengan banyaknya pasar terapung, seperti Lok Baintan dan Muara Kuin. Namun tidak hanya itu saja, Teman Traveler juga bisa mengunjungi destinasi wisata lain yang berada di kota ini dan sekitarnya. Berikut merupakan tempat wisata Banjarmasin yang bisa Teman Traveler singgahi. Dicatat ya.

Sungai Martapura

Sungai Martapura via Instagram @klikpromote

Tempat wisata Banjarmasin satu ini adalah Sungai Martapura yang menarik untuk ditelusuri dengan perahu. Bahkan pemerintah setempat mendukung adanya pelampung demi keselamatan. Teman Traveler bisa melakukan susur sungai menggunakan kelotok, yaitu perahu kayu bermesin yang memang sudah disediakan di beberapa titik di kawasan Sungai Martapura. Selain berkeliling, Teman Traveler juga bisa mampir ke pasar terapung yang berada di atas sungai. Selain itu, Teman Traveler juga bisa mampir ke beberapa kuliner enak yang berada di dermaga seperti, Soto Banjar Bang Amat yang sudah tersohor.

Air Terjun Bajuin

Air Terjun Bajuin via Instagram @klikpromote

Air terjun ini berlokasi di Desa Sungai Bakar Kabupaten Tanah Laut. Wisata ini bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor dan memakan waktu kurang lebih 1 jam 30 menit hingga 2 jam. Akses menuju air terjun Bajuin tergolong mudah karena jalannya ada yang sudah beraspal walau sebagian kecil masih jalan setapak. Teman Traveler bisa menyaksikan langsung keindahan pemandangan gunung yang asri dengan suasana sejuk apalagi jika berdekatan dengan kucuran air terjun.

Danau Biru Pengaron

Danau Biru Pengaron via Instagram @klikpromote

Danau Biru Pengaron terletak di Desa Pengaron, Kecamatan Pengaron Kabupaten Banjar, bisa ditempuh selama kurang lebih 1 hingga 2 jam dari pusat kota Banjarmasin. Danau ini merupakan bekas tambang pasir. Air danau begitu mempesona saking jernihnya dan berwarna kebiruan. Teman Traveler jangan lupa untuk membawa kamera ya, karena tempat ini merupakan wisata alam yang sangat instagenic. Selain warna airnya, juga karena adanya semacam tebing yang mengelilingi danau. Sungguh indah.

Danau Cempaka

Danau Cempaka via Instagram @abdorrahmansalim

Tidak hanya Danau Pengaron yang merupakan bekas lokasi penggalian pasir, Danau Cempaka juga satu diantaranya. Terletak di Desa Sungai Tiyung Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru, berjarak kurang lebih 40 kilometer dari Kota Banjarmasin. Terdapat gundukan pasir yang cukup tinggi di sekitar danau ini yang merupakan jejak para penambang pasir.

Wah, pastikan Teman Traveler mencatat dan mengunjungi satu persatu deretan tempat wisata Banjarmasin yang telah direkomendasikan di atas. Bagaimana, mau ajak siapa nih?

Advertisement
Tags
banjarmasin Indonesia Kalimantan Selatan Wisata
Share