Sambal Acan Khas Banjarmasin di Rumah Makan Raja Banjar, Pedas Banar!

Sambal yang merupakan pendamping makanan, memiliki keunikan di tiap daerah. Termasuk sambal acan khas Banjarmasin. Rumah makan yang cukup populer di Banjarmasin dengan menu khas Banjar dan tentunya produk sambalnya adalah Rumah Sambal Acan Raja Banjar (ARB). Penasaran apa keunikan dari rumah makan ini? Berikut ulasannya.

Rumah Sambal Acan Raja Banjar

Rumah Sambal ARB via Instagram @rumahsambalarb

Kedai yang berlokasi di Jalan RE. Martadinata Nomor 20, Kertak Baru Ilir, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini menyajikan berbagai menu khas masakan Banjar yang disajikan dengan sambal acan. Rata-rata pengunjung kedai ini adalah keluarga yang memang ingin menikmati waktu bersama sekaligus makan siang. Rumah Sambal Acan Raja Banjar yang mempunyai empat cabang ini, buka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam.

Menu di Kedai Acan Raja Banjar

Menu di Rumah Sambal ARB via Instagram @rumahsambalarb

Kedai satu ini menyediakan berbagai kuliner khas Banjarmasin. Satu porsi lengkap di sini biasanya berisi nasi, ikan, sayur, dan sambal acan. Pecinta kuliner bisa memilih berbagai menu ikan dan sayur seperti Ikan Gabus Bakar, Betok Bakar, Ikan Patin Bakar, Gangan Waluh yaitu sayur berkuah berisi labu, Gangan Nangka yang merupakan sayur nangka muda kuah, dan Haliling, sayur kuah berisi keong kecil-kecil berwarna hitam. Tentunya semua menu yang dihidangkan, dilengkapi dengan sambal acan.

Sambal Acan khas Banjarmasin

Sambal Acan via Instagram2 @rumahsambalarb

Acan atau biasa disebut terasi, adalah sambal khas Banjarmasin yang diulek bersamaan dengan campuran buah. Sambal rumahan ini tentu bisa dengan mudah ditemukan di berbagai warung di Kalimantan Selatan. Tentunya warga sertempat juga tidak asing dengan sambal turun temurun ini. Sambal Acan khas Banjarmasin memiliki cita rasa pedas yang akan terasa belakangan. Awalnya tidak terlalu pedas, tetapi lama kelamaan akan terasa juga pedasnya. Cocok banget untuk pecinta kuliner pedas.

Varian Rasa Sambal Acan

Sambal Acan via Instagram @rumahsambalarb

Rumah Sambal Acan Raja Banjar berinovasi dengan membuat sambal acan berbagai varian rasa, seperti terong asam, ramania atau biasa dikenal dengan sebutan gandaria, binjai, limau, dan tentu saja mangga. Bagi pecinta kuliner yang tidak sempat pergi langsung ke kedai ini, bisa memesan lewat Go-Food. Harga sambalnya dibanderol sekitar Rp15.000 saja per botol. Tidak hanya tersedia di Rumah Sambal Acan Raja Banjar, produk sambal acan Raja Banjar juga tersedia di ritel modern di Banjarmasin.

Itulah ulasan mengenai salah satu sambal yang patut dijajal oleh pecinta kuliner pedas. Kalau berkunjung ke Banjarmasin, jangan lupa icip sambal acan ya. Selamat berwisata kuliner !

Tags
banjarmasin Indonesia Kalimantan Selatan kuliner Sambal Acan
Share