4 Negara Wisata ini Warganya Tinggal di Tempat yang Tidak Manusiawi

Wisata luar negeri terutama di Asia memang menyuguhkan nunasa indah dengan budaya masing-masing. Korea Selatan misalnya, belakangan banyak dihujani turis karena tempatnya dipamerkan lewat tayangan drama televisi. Pun India, yang menarik ribuan wisatawan lewat kecantikan Taj Mahalnya. Tapi, tahukah kalian bahwa ada warga yang masih tinggal di tempat tak layak?

India

Keindahan Taj Mahal
Keindahan Taj Mahal (image source)

India dikenal dengan bangunan berbentuk indah yang sudah ada sejak zaman kerajaan. Sebut saja Taj Mahal, yang pernah menjadi salah satu dari 7 Keajaiban Dunia. Ada juga kuil-kuil menawan yang sering kita lihat di serial televisi, Agra. Tapi di Dharavi, Mumbai, terdapat pemukiman kumuh terbesar di Asia. Harga per 10m perseginya mencapai 800 ribu rupiah, lho.

Pemukiman kumuh di Mumbai, India
Pemukiman kumuh di Mumbai, India (image source)

Hongkong

Disneyland Hongkong
Disneyland Hongkong (image source)

Salah satu yang menarik dari Hongkong adalah Disneyland. Sandra Dewi sampai memilih lokasi wisata ini sebagai tempat resepsi pernikahannya. Dan sudah bukan rahasia, lahan daerah ini sangat mahal. Ibu dalam foto di bawah ini harus membayar sebesar 6,5 juta rupiah hanya untuk tinggal di kamar sempit. Tapi ini masih lebih baik dari ‘kandang-kandang’ yang terpaksa disewa agar punya tempat tinggal.

Kamar sempit di Hongkong
Kamar sempit di Hongkong (image source)

Tiongkok

Great Wall China
Great Wall China (image source)

Tahu kan bahwa salah satu 7 keajaiban dunia ada di Tiongkok? Ya benar, yang dimaksud adala Tembok Besar China. Wisata yang menarik banyak wisatawan karena kemegahannya. Bahkan bangunannya terlihat dari luar angkasa meski dengan mata telanjang. Di Negeri Tirai Bambu ini, tempat tinggal juga sangat mahal. Bahkan, pasien yang tak punya biaya rawat inap, terpaksa menempati apartmen yang hanya berukuran 7.5 meter persegi.

Pasien di Tiongkok
Pasien di Tiongkok (image source)

Korea Selatan

Jeju Island di Korea Selatan
Jeju Island di Korea Selatan (image source)

Korea semakin ramai dikunjungi lantaran drama televisi yang menunjukkan berbagai tempat indah ala Negeri Ginseng. Sebut saja Pulau Jeju, atau Everland yang penuh dengan bunga warna-warni. Namun, di bagian Gangnam rupanya ada nenek yang tinggal di ruang sempit berukuran 2 meter persegi, di mana kamar mandi menjadi satu dengan dapur.

Rumah nenek di Korea Selatan
Rumah nenek di Korea Selatan (image source)

Pernah dengan peribahasa, Hujan emas di negeri orang, masih lebih baik hujan batu di negeri sendiri, kan? Sebaik-baiknya negara tetangga, lebih baik tanah air sendiri. Setuju?

Tags
Hongkong India Korea Selatan Tiongkok
Share