Tempat Ramai Jelang Lebaran, Apa Saja?

Welly Handoko

Welly Handoko

On Indonesia
Ilustrasi masjid Ilustrasi masjid

Hari Raya Idul Fitri kerap hadirkan keseruan tersendiri. Namun uniknya, ada beberapa tempat ramai jelang Lebaran. Biasanya orang mendatangi kawasan tersebut untuk tujuan tertentu. Apa saja? Yuk, simak bersama Teman Traveler.

Toko Bangunan

Ilustrasi toko bangunan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Beberapa orang kerap merenovasi rumah agar terlihat bagus saat menerima tamu Lebaran. Hal ini membuat pusat bahan bangunan serta merta dibanjiri pengunjung. Apalagi menjelang Idul Fitri biasanya ditawarkan harga dan potongan menarik.

Ilustrasi toko bangunan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tak hanya supermarket bahan bangunan, toko bangunan kecil di pinggir jalan pun biasanya juga ramai diserbu pembeli. Biasanya mereka yang datang ke sini mengincar harga lebih murah. Dengan begitu, masih ada dana tersisa untuk membeli keperluan lain.

Pusat Perbelanjaan

Ilustrasi pusat perbelanjaan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tak hanya di kota besar, pusat perbelanjaan atau mall kini juga sudah merambah kota kecil di kabupaten. Pola belanja masyarakat pun berubah. Pasar dan toko kecil mulai ditinggalkan karena mall dianggap lebih modern dan barang yang dijual dinilai lebih bagus.

Terlepas dari benar tidaknya anggapan tersebut, belanja di mall memang lebih praktis. Tak perlu pindah-pindah tempat untuk mencari aneka kebutuhan Lebaran, mulai dari baju, bahan makanan, hingga kelengkapan lain. Selain itu biasanya juga ada banyak tawaran diskon.

Pasar

Ilustrasi pasar (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Jelang Lebaran, belanja kebutuhan dapur jadi salah satu hal wajib. Tempat yang tawarkan pilihan komplet dan murah tak lain adalah pasar. Jelang Lebaran, kepadatan pasar akan semakin menjadi-jadi. Tak hanya belanja untuk Lebaran, pengunjung biasanya membeli bumbu dan bahan dapur guna disimpan beberapa hari setelah Idul Fitri.

Hal tersebut harus dilakukan karena hingga dua hari setelah Lebaran biasanya belum banyak pedagang yang berjualan. Bahkan kadang tidak ada sama sekali.

Ilustrasi pasar (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Belanja di pasar tradisional memang memberikan kesan tersendiri. Teman Traveler bisa mendapat barang-barang yang tak ada di toko swalayan. Selain itu harganya bisa ditawar dan kalian bebas memilih sesuka hati. Tak hanya bahan makanan, kebutuhan sandang pun biasanya juga tersedia di pasar.

Pegadaian

Ilustrasi gedung pegadaian (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Terlihat sempurna sudah jadi kebiasaan jelang Lebaran. Baju, perhiasan, dan barang baru lainnya dipakai dengan harapan jadi pusat perhatian. Namun kadang ada yang sampai rela mengorbankan harta demi hal tersebut. Salah satunya dengan menggadaikan barang.

Melepas barang di pegadaian biasanya dilakukan mereka yang tidak mendapat THR atau kekurangan dana untuk memenuhi kebutuhan Lebaran. Apapun alasannya, pegadaian kerap jadi solusi terbaik bagi beberapa orang menjelang Lebaran.

Taman Makam

Ilustrasi komplek makam (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tempat lain yang kerap dipadati orang jelang Lebaran adalah pemakaman. Bagi seorang muslim, mendoakan saudara atau orang tua yang sudah meninggal adalah hal lazim. Namun aktivitas ini akan terasa makin intens jelang Hari Raya Idul Fitri.

Beberapa hari jelang Lebaran, banyak orang akan mendatangi makam sanak saudara untuk sekedar berziarah dan membersihkan pusara. Setelah itu, doa-doa dan harapan akan dipanjatkan bagi Sang Almarhum.

Terminal, Stasiun, dan Bandara

Ilustrasi stasiun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Jelang lebaran artinya makin dekat momen mudik. Agar tak kehabiskan tiket, biasanya orang akan membeli jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Hal ini membuat terminal, stasiun, atau bahkan bandara kerap penuh sesak oleh calon penumpang.

Beberapa hari menuju Lebaran, tempat-tempat tersebut juga akan terlihat makin sibuk dengan kehadiran para pemudik. Suasananya bakal terasa sangat berbeda.

Bank

Ilustrasi bank (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Lebaran juga menjadi saat di mana perputaran uang dalam jumlah besar terjadi di mana-mana. Tak heran jika bank jadi salah satu tempat paling sibuk. Salah satunya untuk melayani penukaran uang pecahan kecil. Masyarakat kerap menggunakannya untuk dibagi-bagikan pada sanak saudara di kampung halaman.

Penukaran yang kerap dibuka Bank beberapa saat menjelang Lebaran. Banyak orang akan rela mengantre sejak pagi untuk ini. Daftar tunggunya bisa menjadi-jadi dan bahkan dimulai sebelum jam operasional Bank.

Masjid dan Mushola

Ilustrasi masjid (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Namanya saja Ramadan, bulan yang istimewa. Orang tentu akan berlomba-lomba mendekatkan diri pada Allah. Mulai dari shalat di masjid, mengaji, semuanya dilakukan. Jelang Hari Kemenangan, masjid akan makin ramai dipadati jamaah.

Selain kian banyak yang beribadah, tak sedikit pula yang melakukan shalat malam. Terutama di malam-malam lailatul qodar. Ada juga masyarakat yang datang untuk menyalurkan zakat menjelang Lebaran.

Itulah beberapa tempat ramai jelang Lebaran di Indonesia. Bagaimana menurut Teman Traveler, adakah tempat-tempat lain yang menurut kalian juga kerap dipadati manusia menuju Hari Kemenangan?