Jelajah Tempat Pembuatan Cerutu di Jember yang Terkenal Sampai Mancanegara

Benda bernama cerutu kini sudah sangat jarang ditemui. Namun, di Jember, Jawa Timur ternyata ada tempat pembuatan cerutu yang menjadi destinasi wisata. Sehingga Teman Traveler bisa melihat proses pembuatannya dari awal sampai pengemasan. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini. 

Wisata Populer di Jember 

tempat pembuatan cerutu
Wisata populer di Jember via Muhamad Rifandy/Travelingyuk

Sebuah tempat yang bernama Pabrik cerutu Boss Image Nusantara (BIN) ini ternyata termasuk destinasi wisata yang paling dicari-cari oleh para pelancong. Hal ini juga telah dikatakan oleh pihak Dinas Pariwisata Jember sendiri. Tempat ini selalu disandingkan dengan Pantai Papuma Jember sebagai wisata terbaik di salah satu kota di Jawa Timur tersebut. 

Kepopuleran yang didapat BIN sampai saat ini dihasilkan dari jerih payah masyarakat Jember sendiri. Para warga kompak untuk mempromosikan di berbagai media. Mulai dari media traveling lokal, situs resmi Dinas Pariwisata Jember, dan lain sebagainya. 

Ada Keunikan di Pembuatan Cerutu 

tempat pembuatan cerutu
Cerutu memiliki keistimewaan via Muhamad Rifandy/Travelingyuk

Ada keistimewaan di balik proses pembuatan cerutu, yaitu ia murni terbuat dari tembakau. Memang ada campuran di dalamnya, tapi bahan yang digabung adalah tembakau dengan varietas berbeda. Jadi, tidak akan menimbulkan ketergantungan kepada penggunanya. Hal inilah yang menjadi pembeda cerutu dengan rokok pada umumnya. 

Cerutu yang Dihasilkan Bermacam-macam 

Cerutu yang dihasilkan bermacam-macam via Muhamad Rifandy/Travelingyuk

BIN ternyata memproduksi berbagai macam cerutu dengan kualitas yang berbeda-beda. Harga cerutu sendiri berkisar Rp500 ribuan sampai Rp4,5 jutaan per box dengan isi bervariasi mulai 10 sampai 20 batang.

Di antara merk yang sudah dihasilkan yaitu Bosluck, Don Agusto, Jember Cigar, Bos Collection, Habano Collection, Elnino dan Cigar Master. Sementara ukuran cerutu yang diproduksi menggunakan standar internasional rounge 40, 42, 44, 46, 48, 50, 52 dan 54.

Dijual di Indonesia Sampai Luar Negeri 

Dipasarkan sampai luar negeri via Muhamad Rifandy/Travelingyuk

Untuk pemasarannya, pihak BIN sudah mendapatkan langganan tetapnya. Seperti cerutu premium BIN dipasarkan di dalam negeri, misalnya beberapa hotel berbintang yang tersebar di beberapa kota besar Indonesia.

Sedangkan untuk pasar luar negeri, cerutu premium BIN sudah menjangkau berbagai negara, di antaranya China, Turki, Jepang, Malaysia dan dalam waktu dekat akan merambah ke Eropa timur serta Uni Emirat Arab. 

Apabila ingin mengunjungi tempat pembuatan cerutu, bisa datang ke Jl. Brawijaya No. 3 Krajan, Kabupaten Jember. Untuk masuk ke sana kalian diwajibkan membayar sebesar Rp50 ribuan dan berkunjunglah di hari Senin sampai Sabtu, karena hari Minggu tutup.

Tempat pembuatan cerutu yang ada di Jember ini bisa jadi rekomendasi kalian jika jelajah wisata Jember. Di sini Teman Traveler tidak sekedar melihat-lihat, tapi juga bisa menambah pengetahuan tentang pembuatan cerutu. 

Tags
Indonesia Jawa Timur Jember tempat pembuatan cerutu Wisata
Share