Pantai Papuma Jember, Keindahan Megah Samudra di Sisi Jawa Timur

Pantai Papuma Jember terkenal akan hamparan pasir putihnya yang indah. Destinasi ini berada di Kecamatan Wuluhan, Jember. Untuk menuju sini, Teman Traveler bakal butuh perjalanan sekitar satu jam dari pusat kota.

Karang di sekitar Papuma (c) Sofi Alawiyah Amini/Travelingyuk

Daerah sekitar pantai dikelilingi perbukitan, membuat udara di sekitarnya terasa sangat sejuk. Nama Papuma sendiri sebenarnya merupakan akronim ‘Pasir putih malikan’. Oh ya, selain menyaksikan keindahan sekitar, Teman Traveler juga bisa menanti cantiknya sunrise maupun sunset di sini.

Tarif Masuk Sepadan dengan Keindahannya

Berpose di pesisir (c) Sofi Alawiyah Amini/Travelingyuk

Mamasuki momen liburan, wisata Jember ini kerap jadi primadona wisatawan. Jangan kaget jika Teman Traveler lantas merasa destinasi ini mirip lautan manusia, saking ramainya. Oleh karena itu, sebisa mungkin jangan mampir di akhir pekan atau saat hari libur.

Untuk menikmati keindahan Pantai Papuma Jember, wisatawan dikenakan tarif masuk yaitu Rp15.000 per orang untuk weekday dan Rp30.000 per orang untuk weekend. Sementara untuk turis mancanegara, tarifnya sekitar Rp17.000 per orang untuk weekday, dan Rp30.000 untuk weekend.

Tiketnya lumayan mahal dibandingkan wisata lain di Jember, namun Teman Traveler tidak akan kecewa karena suguhan keindahan di Papuma memang luar biasa. Selain itu fasilitas juga lengkap, sudah ada beberapa kamar mandi dan musholla.

Banyak Spot Foto Keren

Salah satu spot foto favorit (c) Sofi Alawiyah Amini/Travelingyuk

Bukan menikmati indahnya hamparan pantai pasir putih, di Papuma pengunjung juga bisa berfoto dengan latar belakang batu karang. Begitu air mulai surut, karang tersebut akan nampak makin dekat.

Namun demikian, ombak di sini sangat besar lho Teman Traveler, apalagi ketika siang hari. Pengunjung tak boleh melewati batas keamanan jika sedang bermain air ataupun mandi. Sangat rawan sekali terseret ombak.

Bukan hanya sebagai tempat wisata, Papuma juga jadi sumber mata pencaharian masyarakat sekitar, terutama mereka yang bekerja sebagai nelayan. Ketika berkunjung ke sini, saya melihat ada banyak perahu nelayan yang bersandar di pinggir pantai. Pemandangan ini biasa dimanfaatkan para pengunjung untuk berfoto-foto.

Menginap pun Bisa

Spot Sri Hinggil (c) Sofi Alawiyah Amini/Travelingyuk

Papuma juga sediakan villa bagi pengunjung yang ingin menginap. Jika ingin kemping juga bisa kok. Villa-nya sendiri sangat memadai, cocok untuk menikmati keindahan sunrise.

Masih ada lagi Teman Traveler. Papuma juga punya spot foto yang lagi kekinian nih. Namanya Siti Hinggil. Untuk bisa foto di sini, pengunjung harus mengeluarkan uang Rp10.000, sedikit mahal sih, namun di sini kalian bisa melihat keindahan pantai dari ketinggian.

Pemandangannya benar-benar bikin takjub saking indahnya. Apalagi ketika sunset, pesona cantiknya tampak makin mengagumkan jika dilihat dari Siti Hinggil.

Bagaimana, apakah Teman Traveler tertarik berkunjung dan nikmati indahnya Pantai Papuma? Jangan lupa mampir jika sedang liburan di Jember ya.

Tags
Jember kontributor Travelingyuk Wisata Jember
Share