Tempat Menginap Tradisional di Magelang, Berasa Kembali ke Alam

Jalan-jalan ke Jawa Tengah memang sayang kalau tidak mampir ke Borobudur. Warisan sejarah yang satu ini mengingatkan bahwa Indonesia sudah megah sejak dari zaman dahulu kala. Agar liburanmu semakin berkesan, pilih saja tempat menginap tradisional di Magelang. Bangun tidur di bangunan klasik dengan pemandangan sawah? Wah, bisa makin betah nih. Ini dia daftarnya.

1. Ndalem Nitihardjan Guesthouse

Ndalem Nitihardjan Guesthouse
Ndalem Nitihardjan Guesthouse via Instagram/@salmi_hafni

Pilihan pertama tempat menginap tradisional di Magelang adalah Ndalem Nitihardjan. Cottage-cottage klasik dari kayu ini berlokasi di Dusun Djowahan, Desa Kecamatan Borobudur, Wanurejo, Borobudur, Magelang. Ada beragam kamar, dari harga kisaran Rp900 ribu per malamnya untuk dua orang. Ada juga villa dengan sewa sekitar Rp2 juta per malam yang bisa ditempati hingga delapan orang. Meski bergaya Jawa banget, guest house satu ini memiliki restoran yang menyediakan berbagai sajian pasta yang sangat enak. Wajib dicoba nih.

Kamar di Ndalem Nitihardjan Guesthouse
Kamar di Ndalem Nitihardjan Guesthouse via Instagram/@iqqe_artandcraft

2. Cempaka Guesthouse Borobudur

Cempaka Guesthouse Borobudur
Cempaka Guesthouse Borobudur via Instagram/@cempakavilla

Pilihan lainnya ada Cempaka Guest House yang terletak di Jalan Medang Kamulan No. 8B, Borobudur, Magelang. Semua bangunan terbuat dari kayu yang hangat. Meski tradisional, pelayanan tetap ala bintang lima. Per malamnya, Cempaka Guest House memasang tarif kisaran Rp500 ribuan. Fasilitas yang diberikan adalah kamar nyaman dengan sarapan, nasi goreng atau mie. Serunya lagi, guest house satu ini hanya berjarak 500 meteran dari utara Candi Borobudur. Mau menikmati sunrise di candi? Bisa banget.

Cempaka Guesthouse di Borobudur
Cempaka Guesthouse di Borobudur via Instagram/@cempakaguesthouse_borobudur

3. Rumah Boedi Borobudur

Rumah Boedi Borobudur
Rumah Boedi Borobudur via Instagram/@rumah_boedi

Ada juga Rumah Boedi yang bisa dijadikan pilihan saat mencari tempat menginap tradisional di Magelang. Selain kamar-kamar klasik yang cantik, homestay satu ini memiliki halaman rumput yang luas. Terdapat meja dan kursi tamu untuk menikmati sajian jamu yang disediakan. Cocok banget untuk tempat menginap saat liburan bersama dengan anak-anak. Tak hanya itu, lokasinya pun sangat menarik untuk tempat resepsi. Adem dan Jawa banget dengan lingkungan yang sangat asri. Serasa di rumah sendiri, deh.

Taman di Rumah Boedi Borobudur
Taman di Rumah Boedi Borobudur via Instagram/@adityaanggono

4. Puri Menoreh Borobudur Hotel & Restaurant

Puri Menoreh Borobudur
Puri Menoreh Borobudur via Instagram/@yenyenmeilinda

Tempat menginap tradisional di Magelang lainnya adalah Puri Menoreh Borobudur. Letak dari tempat ini berada di Jalan Mayor Kusen, Mendut I, Mendut, Mungkid, Magelang. Ada kamar untuk dua orang juga family room yang bisa untuk beramai. Beberapa kamar dilengkapi dengan balkon teras yang menghadap pemanadangan sawah. Bangun tidur sudah disambut panorama hijau yang bikin mata segar. Per malamnya, Puri Menoreh hanya memasang tarif kisaran Rp400 ribuan, lho. Harga tersebut sudah termasuk sarapan. Murah meriah dan Jawa banget, nih.

Puri Menoreh
Puri Menoreh via Instagram/@raditzip

Nah bagi yang ingin merasakan liburan berkesan, bisa mencoba beberapa pilihan tempat menginap tradisional di Magelang. Bagaimana, mau ajak siapa nih?

Tags
Akomodasi Borobudur Indonesia Jawa Tengah Magelang tradisional
Share