Dari Naik Gajah hingga Mobil VW, Ini Cara Seru Nikmati Candi Borobudur

Punya waktu luang di akhir pekan adalah sebuah kenikmatan. Kamu bisa liburan ke tempat-tempat yang mengagumkan. Seperti Borobudur contohnya. Candi peninggalan Dinasti Syailendra ini menawarkan berbagai macam keseruan selain wisata sejarah itu sendiri. Kamu bisa mengelilingi area candi dengan beberapa cara berikut ini. Coba satu per satu ya!

1. Naik Andong

Naik Delman di Borobudur
Naik Delman di Borobudur Via Instagram/@candiborobudur

Mumpung di Borobudur, cobalah untuk naik andong. Yaitu kereta yang ditarik oleh kuda. Sensasinya jelas berbeda dengan naik kendaraan pribadi. Rasakan hembusan angin yang langsung menerpa wajah sambil melihat taman-taman dan pepohonan rindang. Apalagi jika kamu datang bersama dengan buah hati, si kecil pasti akan senang diajak naik andong. Harga sewa untuk satu andong biasanya berkisar antara Rp30.000 hingga Rp50.000.

2. Odong-odong Atau Kereta Mini

Kereta Mini Candi Borobudur
Kereta Mini Candi Borobudur Via geometri

Area wisata di Magelang ini terdiri dari beberapa bagian yang keren-keren. Jalanannya rindang dengan pepohonan besar. Kamu bisa mengelilinginya dengan naik kereta mini bersama dengan keluarga dan pengunjung lain. Dengan membayar sekitar Rp7.000 kamu akan diajak melihat pesona borobudur tanpa lelah.

3.  Naik Mobil VW

Candi Borobudur
Naik VW di Candi Borobudur Via Twitter/@candiborobudur

Selain andong dan kereta mini, pengelola Candi Borobudur juga menyediakan mobil VW yang bisa digunakan pengunjung untuk berkeliling. Jumlahnya ada 30 unit dengan berbagai warna menarik. Selain untuk melihat keindahan candi, mobil VW tersebut juga akan mengantarmu ke desa-desa wisata terdekat.

4. Naik Gajah

Naik gajah di Candi Borobudur
Naik gajah di Candi Borobudur Via INstagram/@candiborobudur

Gajah sering menjadi atraksi wisata di berbagai tempat, termasuk Borobudur. Kamu bisa mencoba untuk naik binatang berbadan besar tersebut dan keliling area candi dengan tarif sekitar Rp50.000. Pengunjung yang ingin mencoba fasilitas ini, bisa menuju kandang gajah yang letaknya tidak begitu jauh dari candi.

Itulah beberapa cara seru untuk menikmati Candi Borobudur. Sebenarnya jalan kaki pun juga menyenangkan. Apapun caranya, karena yang dilihat adalah Borobudur maka jadi lebih istimewa. Setuju?

Tags
Borobudur Indonesia Jawa Tengah Magelang
Share