Sensasi Taklukkan Ikan Ganas, Inilah Tujuh Spot ‘Mancing Mania’ di Indonesia

Sebagai Negara Maritim, tidak mengejutkan jika Indonesia memiliki kekayaan bahari luar biasa. Hampir setiap sudut Tanah Air menawarkan surga kecil bagi para penggemar wisata maupun olahraga bahari. Bagi mereka yang mencari sensasi menaklukkan ganasnya ikan di lautan, menemukan spot keren ala ‘Mancing Mania‘ juga bukan sesuatu yang sulit. Inilah tujuh titik yang direkomendasikan TravelingYuk untuk memancing.

1. Teluk Awang, Lombok

Lombok Tengah memang sangat terkenal dengan deretan pantai di Mandalika tapi juga terdapat sebuah teluk yang luas yaitu Teluk Awang terletak di dekat Teluk Ekas. Area ini dikenal dengan kekayaan ikan, jadi tidak mengejutkan jika penduduk sekitar kebanyakan berprofesi sebagai nelayan. Jika datang ke sini di pagi hari, kamu akan dengan mudah menemukan beberapa orang duduk di dermaga dan asyik memancing.

Indahnya pemandangan Teluk Awang via Devanstorial Blogspot

Bagi yang ingin merasakan tantangan lebih, bisa menyewa perahu dan menebar umpan di perairan yang lebih dalam. Selain bisa menangkap tuna dan lobster, kamu juga bisa merasakan sensasi pertarungan dengan ikan pedang di sini.

2. Kepulauan Seribu

Ilustrasi pria memancing di atas kapal, via Travel Buana

Bagi yang tinggal di ibu kota Jakarta, Kepulauan Seribu adalah pilihan yang tepat. Ada begitu banyak pulau besar maupun kecil tersebar di area ini. Dijamin, kamu takkan kekurangan tempat untuk menepikan perahu dan melepas kail. Beberapa tempat yang bisa dicoba antara lain adalah Pulau Macan, Pulau Bokor, dan Pulau Pari. Adapun ikan yang biasa ditemui di sini antara lain Bandeng dan Ikan Ekor Kuning.

3. Pulau Weh, Aceh

Pulau Weh merupakan pulau yang terletak di ujung Indonesia. Selain terkenal sebagai surganya penyelam, Pulau Weh juga populer di kalangan pemancing. Aksesnya juga tidak terlalu sulit. Dari Banda Aceh, kamu cukup melakukan perjalanan kira-kira satu jam dengan menaiki perahu. Patut diperhatikan, tidak ada satu titik spesifik untuk menangkap ikan di sini. Hampir semua lokasi bisa dijadikan tempat melempar kail.

Kapal sewaan untuk memancing di Pulau Weh, via Indonesia Fishing Carter

Pengunjung juga tidak perlu khawatir soal fasilitas yang ada di sekitar pulau. Ada banyak pilihan akomodasi yang bisa dipilih, beberapa bahkan menawarkan paket wisata memancing untuk rombongan kecil maupun besar. Ikan yang bisa coba kamu tangkap di sini antara lain adalah tuna dan kerapu. Jika beruntung, kamu bisa juga bertemu hiu mulut besar yang langka di Pulau Weh.

4. Pulau Alor, Nusa Tenggara

Wisatawan sedang coba menangkap ikan di perairan Pulau Alor via Blog Mancing

Untuk menuju Pulau Alor, kamu bisa menumpang pesawat carteran dari Kupang. Selain itu, kamu juga bisa menumpang perahu ke sini. Ada banyak spot memancing yang cukup sering direkomendasikan di Pulau Alor, dan biasanya cukup jauh dari pantai. Meski demikian, arus dan gelombang di beberapa titik biasnya cukup berbahaya. Pastikan kamu datang ke sini bersama warga lokal atau mengikuti tur wisata memancing yang disediakan oleh agen perjalanan. Ikan yang bisa ditangkap di sini salah satunya adalah tuna gigi anjing.

5. Pesisir Pantai Gunung Kidul, Yogyakarta

Aliran air di dekat Gunung Kidul, Yogyakarta, menyimpan beragam jenis ikan yang menarik. Perairan di kawasan ini memiliki ciri khas berupa tebing dan perbukitan di kawasan pesisir. Salah satu titik favorit yang biasanya digunakan untuk memancing adalah Pantai Wedi Ombo. Lokasi ini cocok sekali untuk mereka yang ingin melakukan rock fishing atau memancing dari atas tebing atau karang.

Seorang pengunjung melakukan Rock Fishing di Perairan Gunung Kidul via Youtube

Namun demikian, tetap utamakan keselamatan karena ombak di sini cukup tinggi. Selain itu, kamu juga bisa menikmati indahnya kawasan pantai dan menantikan pemandangan matahari terbenam. Beberapa jenis ikan yang bisa ditangkap di sini antara lain kuwe greong atau kerap disebut ikan belitong.

6. Pulau Biak, Papua

Pantai dan perairan di kawasan timur Indonesia memang menawarkan keindahan yang tiada duanya. Selain itu, kawasan tersebut juga sempurna bagi Anda yang ingin merasakan nikmatnya sensasi wisata memancing. Salah satu tempat yang bisa Anda tuju adalah Pulau Biak. Titik paling direkomendasikan untuk pemancing terletak di sekitar area pulau.

Salah satu sudut pemandangan di Pelabuhan Biak via Devanstoria Lantern

Arus air di sini biasanya relatif tenang, jadi kamu bisa menebar kail terlebih dulu dan santai menikmati pemandangan saat menunggu ikan menyambar umpan. Salah satu ikan yang bisa ditangkap di sini antara lain adalah ikan saramia, atau dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Ruby Snapper.

7. Kepulauan Mentawai

Wisatawan asing tengah memancing di perairan Mentawai via Soul Surf Travel

Kepulauan Mentawai adalah tempat yang sudah begitu familiar di antara para peselancar dan penggemar memancing. Sejumlah even mancing berskala Internasional bahkan juga sempat digelar di sini. Konon ada tak kurang dari 43 titik memancing yang bisa Anda coba. Bagi yang benar-benar berhasrat menangkap ikan berkualitas, disarankan untuk menyewa perahu dan menebar umpan di perairan yang lebih dalam.

Usahakan jangan datang ke sini di musim penghujan karena angin berhembus lumayan kencang. Beberapa ikan yang bisa anda tangkap di Kepulauan Mentawai antara lain giant trevally atau ikan kuwe gerong dan barracuda.

Berlibur tidak harus melulu diisi dengan berenang atau berjalan-jalan. Jika Anda mencari sesuatu yang unik dan menantang, tidak ada salahnya mencoba salah satu dari lokasi mancing yang sudah kami rekomendasikan ini.

Tags
Aceh Gunung Kidul Kepulauan Seribu Lombok mentawai Papua Pulau Alor pulau biak Pulau Weh teluk awang Wisata Yogyakarta
Share