10 Pilihan Tempat Kulineran di Sleman, Dari Gudeg Sampai Pasta Semua Ada!

Advertisement

Lapar setelah jalan-jalan di Candi Prambanan atau main air di Blue Lagoon Jogja, beberapa tempat kulineran di Sleman ini pas sekali jadi destinasi. Perut yang keroncongan, bisa dengan aman terselesaikan. Teman Traveler mau makan apa? Gudeg? Bakso? Atau pasta? Sleman menyediakannya semua. Berikut ini beberapa tempat makan yang bisa diandalkan! Catat, ya.

1. Warung Mamayang

Aneka Menu di Warung Mamayang via Instagram/ voilajogja

Warung Mamayang spesialis menyediakan Soto Betawi dan Soto Mie. Wah, meski sudah jauh dari Jakarta, makanan satu ini tetap bisa dinikmati ya. Berada di sekitar Jln. Nusa Indah – Kwarasan, Nogotirto, Sleman, Warung Mamayang tidak hanya menyediakan menu kuah-kuahan. Melainkan juga menu lain yang mengenyangkan dan cukup unik. Salah satunya Naskun Goreng. Nasi kuning yang sudah gurih, kemudian digoreng lagi dengan tambahan bumbu dan bahan campuran lain.

Penasaran dengan rasanya? Ayo coba! Harga untuk setiap porsinya cukup terjangkau. Seporsi Naskun Goreng Polos hanya Rp 8 ribu. Jika ingin ditambah babat atau ayam, cukup Rp 12 ribu. Penyajian makanan di warung ini juga unik. Pengelola warung menggunakan piring dan gelas dari seng.

2. Kembang Sawah Resto

Penyajian Makanan di Kembang Sawah Resto yang Unik via Instagram/ ojan_sport_yk

Bernuansa persawahan, tempat kulineran di Sleman ini tawarkan menu-menu tradisional. Kembang Sawah Resto cocok untuk Teman Traveler yang bukan sekadar lapar perut, melainkan juga lapar mata. Sebabnya, resto ini menggunakan omah Joglo berusia 80 tahun sebagai bangunan inti . Unik dan menambah daya tarik ya? Sementara itu, menu andalan di Kembang Sawah Resto adalah Mangut dan Pindang Serani. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp 20 ribu. Jika penasaran dengan rasanya, Teman Traveler bisa datang ke kawasan Dusun Tamanan, Desa Tamanmartini, Kalasan, Sleman.

3. Bakso Panjang Tresno Roso

Coba Sensasi Makan Bakso Panjang di Sleman via Instagram/ makankeliling

Jika bakso yang selama ini Teman Traveler makan berbentuk bulat, pipih atau kotak, saat berlibur ke Sleman coba cicipi Bakso Panjang Tresno Roso! Bakso unik ini berada di Dusun Ngepringan, Desa Sendangrejo, Kecamatan Minggir, Sleman. Bakso yang disajikan benar-benar panjang dengan bentuk spiral. Menggemaskan dan yang pasti mengenyangkan! Harga seporsinya juga cukup murah, sekitar Rp 10 ribu. Penasaran, kan?

4. Jejamuran Resto

Serba Jamur di Jejamuran Resto via Instagram/ williamtannnn

Teman Traveler suka jamur?! Kabar gembira! Karena di Sleman ada kedai yang spesial menyajikan aneka menu jamur. Namanya adalah Jejamuran Resto. Ia berada di kawasan Jln Pandowoharjo, Sleman. Di sini tersedia aneka menu jamur yang menggugah selera. Seperti Sate Jamur, Tongseng Jamur, Jamur Bakar Pedas dan aneka camilan dari jamur. Selain itu, ada juga menu selain jamur yang ditawarkan. Harganya? Mulai dari Rp 10 ribu sampai Rp 50 ribu saja.

5. KaliMilk Sleman

Sajian di KaliMilk Sleman via Instagram/ kalimilk

Biasa memanggil para tamunya dengan Neneners, KaliMilk suguhkan menu serba susu sapi. Susu yang dipakai diambil dari para petani yang ada di Kaki Merapi. Ingin coba kesegaran susu sapi setelah berlelah-lelah plesiran di Sleman? Bisa coba mampir ke sini. Alamatnya berada di sekitar Jln. Kaliurang, Depok, Sleman. Selain susu, kedai ini juga menyediakan beragam camilan ringan. Pokoknya pas untuk nongkrong tipis-tipis.

6. Gudeg Bromo Bu Tekluk

Seporsi Gudeg Bromo Bu Tekluk via Instagram/ merli_sansan

Rasanya memang ada yang kurang jika ke Jogja tanpa makan gudeg. Karena itu, demi terpenuhinya kekurangan tersebut, Teman Traveler bisa mampir ke kedai Gudeg Bromo Bu Tekluk. Tempat kulineran di Sleman ini berupa tenda kaki lima, tapi jangan tanya antrenya, ya. Luar biasa! Kedai Bu ‘Tekluk’ buka mulai jam 23.00 sampai 05.00. Pas banget untuk Teman Traveler yang kelaparan tengah malam.

Isi dari seporsi gudeg di sini bisa dipilih sesuai selera. Harganya pun menyesuaikan. Penasaran dengan rasanya? Bisa datang ke kawasan Jln. Gejayan, Mrican, Sleman ya. Lokasinya tidak jauh dari Universitas Negeri Yogyakarta.

7. Entok Slenget Kang Tanir

Entok Slenget Kang Tanir yang Pedasnya Bikin Melek via Instagram/ foodnusantara.id

Tempat kulineran di Sleman yang harus banget Teman Traveler coba selanjutnya adalah Entok Slenget Kang Tanir. Karena, kedai ini tidak buka cabang di mana pun. Di tangan Kang Tanir, daging entok yang terkenal alot dan sulit diolah menjelma jadi sajian lezat yang berhasil membuat lidah goyang-goyang. Kang Tanir membuka kedainya di kawasan Pasar Agropolitan Pules, Donokerto, Turi, Sleman.

Daging entok disajikan dengan rasa yang pedas. Segar! Uniknya, proses memasak masih menggunakan tungku lho. Kebayang kan cita rasa dan aromanya? Seporsi Entok Slenget Kang Tanir dihargai mulai dari Rp 25 ribu – Rp 30 ribu.

8. Tengkleng Gajah Bulurejo

Potongan Tulang Kambing yang Besar di Tengkleng Gajah via Instagram/ reynardap

Namanya saja gajah, tetapi bahan utama yang digunakan tetap daging kambing. Kata ‘gajah’ digunakan karena potongan tulang kambing yang disajikan kedai ini berukuran besar-besar. Berbeda dengan tengkleng kebanyakan yang memang disajikan lebih kecil. Berasal dari Solo, kuliner satu ini memiliki banyak peminat di Sleman. Tidak heran karena rasanya memang yahud! Jika penasaran, Teman Traveler bisa datang langsung ke Dusun Bulurejo, Minomartani, Ngaglik, Sleman. Lokasinya tidak jauh dari Jln. Kaliurang. Harga satu porsinya mulai dari Rp 39 ribu.

9. Pasta Banget Signature

Chicken Juliene di Pasta Banget Signature yang Harus Dicoba via Instagram/ riskachang

Jauh-jauh ke Sleman makannya pasta? Kenapa nggak? Tempat kulineran di Sleman yang beraneka macam justru memudahkan siapa pun untuk mengisi perutnya. Jika Teman Traveler termasuk pasta addict, Pasta Banget Signature yang ada di kawasan Jln. Watugede, Wonorejo, Sariharjo, Ngaglik, Sleman bisa langsung disambangi. Menu yang ditawarkan tentu saja serba pasta. Soal harga? Tetap bersahaja. Seperti satu porsi Chicken Juliene yang harganya sekitar Rp 29 ribu saja.

10. The Westlake Resto

Sajian Lengkap di Westlake Resto via Instagram/ pherlinda

Satu lagi tempat kulineran di Sleman yang harus dicoba, terutama untuk Teman Traveler yang menyukai seafood. Berada di sekitar Jln Ring Road Barat, Bedog, Trihanggo, Sleman, resto ini memiliki luas sekitar 3,5 hektare. Ia juga memiliki konsep yang unik, yaitu restoran dengan danau. Westlake Resto tawarkan aneka seafood dan ikan air tawar segar, seperti olahan cumi, udang galah dan gurami. Fasilitasnya lengkap, mulai dari mushola, ruang meeting, panggung terbuka hingga kolam ikan. Jadinya benar-benar piknik lagi, deh. Seporsi ikan gurami yang dijual di sini, dibanderol dengan harga Rp 85 ribu.

Sehabis lelah berjalan-jalan, menghabiskan waktu liburan, paling pas memang kulineran. Nah! 10 tempat kulineran di Sleman di atas, salah satunya bisa dicoba. Mau bakso panjang atau naskun goreng dulu, nih?

Advertisement
Tags
Indonesia kuliner kuliner Sleman wisata kuliner jogja Yogyakarta
Share