4 Tempat Naik Kereta Gantung di Indonesia, Ekstrem dan Memukau

Ada beberapa cara untuk menikmati indahnya panorama alam dari ketinggian. Selain dengan paralayang, naik sky cable atau kereta gantung juga tidak kalah mengasyikkan. Kereta gantung sendiri sudah jadi fasilitas yang mudah ditemui di berbagai tempat wisata di luar negeri. Sementara di Indonesia, meski sudah ada banyak wacana, hingga kini belum ada satu pun yang benar-benar terwujud. Namun tenang, saat ini setidaknya sudah ada tiga tempat yang bisa memberikan sensasi naik kereta gantung di Indonesia, mulai dari yang memukau hingga ekstrem.

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Kereta gantung di TMII memberikan kesempatan pada pengunjung untuk ‘mengelilingi’ Indonesia dalam waktu singkat. Sky cable menyajikan pemandangan indah miniatur pulau-pulau Indonesia di danau yang ada di kompleks taman. Selain itu masih ada view menarik dari rumah ibadah agama-agama yang ada di Nusantara.

Pemandangan dari dalam kereta gantung TMII via Instagram heni_sinu

Menaiki kereta gantung di TMII adalah salah satu cara efektif bagi traveler yang ingin melihat semua sudut taman namun tidak punya banyak waktu. Ditambah lagi atmosfer yang tersaji di ketinggian juga cukup romantis, apalagi jika naik menjelang matahari terbenam. Satu gondola atau kereta gantung di TMII bisa menampung hingga empat orang. Pengunjung wajib membayar tiket seharga Rp50 ribu per orang.

2. Pulau Kumala

Pulau Kumala adalah salah satu kawasan khusus di Kalimantan Timur yang menyediakan wahana rekreasi permainan. Para pengunjung di sini juga akan dimanjakan dengan indahnya panorama sungai serta kota Tenggarong. Dengan luas mencapai 81 hektar, Pulau Kumala baru diresmikan sebagai tempat wisata pada 2002 silam.

Ilustrasi kereta gantung via Instagram aensutton

Lokasi ini bisa dicapai dengan bus atau kendaraan pribadi dari Samarinda, namun tentu saja akan jauh lebih mengasyikkan jika menaiki kereta gantung. Selain disediakan sebagai alternatif transportasi untuk mencapai Pulau Kumala, kereta gantung yang ada di sini juga bisa digunakan menikmati pemandangan di sekitar pulau. Setelah puas melihat-lihat, pengunjung bisa menghabiskan waktu dengan menjajal sejumlah wahana seperti jet coaster, komedi putar, dan sky tower.

3. Taman Impian Jaya Ancol

Terkenal sebagai salah satu tempat liburan favorit warga Jakarta, Taman Impian Jaya Ancol membuka wahana baru pada 2003 silam. Wahana tersebut diberi nama Gondola Ancol. Bentuknya mirip kereta gantung yang ada di Taman Mini Indonesia Indah. Namun sistem pengoperasiannya menggunakan sistem komputer, diklaim sebagai yang pertama di Indonesia dan menawarkan jaminan keamanan lebih.

Gondola Ancol dilihat dari bawah via Instagram atikadaniaa

Masing-masing kabin di Gondola Ancol dilengkapi dengan kaca dan lantai transparan untuk memaksimalkan pengalaman pengunjung menikmati pemandangan Ancol dari ketinggian. Satu kabin bisa memuat hingga enam orang dan waktu perjalanan memakan waktu kurang lebih 20 menit pulang-pergi.

4. Pantai Timang

Berkunjung ke Yogyakarta belum lengkap jika tak jalan-jalan ke Pantai Timang. Akses menuju pantai yang ada di kawasan Gunungkidul ini memang sulit, namun hal tersebut membuatnya relatif sepi pengunjung dibandingkan pantai populer seperti Wedi Ombo.

Kereta gantung manual di Pantai Timang via Instagram carmen.loo

Salah satu daya tarik utama Pantai Timang, selain alamnya yang masih asri dan perawan, adalah kereta gantung manual yang menghubungkan pantai dan Pulau Timang. Banyak wisatawan datang ke sini karena penasaran ingin coba menaikinya, hingga akhirnya mulai dikomersilkan sejak 2012.

Kereta yang dioperasikan dengan tenaga tangan ini meluncur sepanjang 98 meter ke Pulau Timang. Ketinggiannya mencapai 9-11 meter di atas permukaan laut. Cukup ekstrem dibandingkan kereta lainnya di daftar ini. Kereta gantung Pulau Timang juga pernah mendapatkan sorotan dunia Internasional, usai dijadikan sebagai salah satu lokasi syuting variety show kenamaan Korea Selatan, Running Man.

Itulah daftar empat tempat untuk menjajal naik kereta gantung di Indonesia. Mana kira-kira yang bakal kamu pilih, kereta dengan pemandangan menawan atau jalur ekstrem?

Tags
Jakarta Kalimantan Timur kereta gantung Wisata Yogyakarta
Share