HATI-HATI, Kereta Gantung Bisa Error Hingga Berbahaya Seperti Ini

Sebanyak 76 orang di evakuasi dari kereta gantung yang macet di atas sungai Rhein, Cologne, Jerman, setelah salah satu kereta gantung menabrak pilar, Minggu (20/7/2017). Kejadian ini menyebabkan sebanyak 32 kereta gantung berhenti dan mengakibatkan penumpang di dalamnya menunggu proses evakuasi yang dilakukan oleh pemadam kebakaran setempat. Sehingga pemandangan dramatis terjadi ketika melihat proses evakuasi penumpang yang terjebak pada kereta gantung di ketinggian 40 meter.

Beberapa kereta gantung dapat dijangkau dengan tangga darurat yang terdapat pada mobil pemadam kebakaran. Karena berada tepat di atas jembatan yang melintas di atas sungai Rhein. Selebihnya petugas pemadam kebakaran harus menggunakan kabel untuk menurunkan penumpang yang terjebak. Selain orang dewasa, pada kejadian tersebut juga terdapat beberapa anak dan balita yang juga terjebak di dalamnya.

Proses evakuasi yang berjalan lancar berkat perjuangan pemadam kebakaran setempat
Proses evakuasi yang berjalan lancar berkat perjuangan pemadam kebakaran setempat [image source]
Dalam usaha penyelamatan penumpang tersebut, terdapat seorang perempuan hamil dan seorang laki-laki yang mengalami luka ringan. Selebihnya, tidak ada korban jiwa tambahan yang dilaporkan. Penyebab terjadinya kecelakaan tersebut juga belum diketahui secara mendetail. Hanya saja menurut masyarakat setempat, pada saat itu memang kondisi angin memang sedikit kencang. Sehingga kereta gantung yang sedang melintas sedikit terombang-ambing karena terpaan angin.

Beberapa kereta gantung yang masih dapat dijangkau oleh mobil pemadam kebakaran
Beberapa kereta gantung yang masih dapat dijangkau oleh mobil pemadam kebakaran [image source]
Tapi hal yang berbeda disampaikan oleh Direktur pengelola kereta gantung tersebut, Thomas Miebach. Seperti dilansir dari daily mail (30/07) Thomas menjelaskan bahwa dirinya heran bagaimana dapat terjadi kecelakaan ini, padahal saat itu tidak terjadi angin yang kencang. Padahal, transportasi yang menghubungkan Kebun binatang dan Rhein Park di seberang sungai tersebut tidak pernah mengalami insiden apapun.

penumpang yang harus diturunkan menggunakan tali
penumpang yang harus diturunkan menggunakan tali [image source]
Dikutip dari The Guardian (30/7) Walikota Cologne, Henriette Reker, mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada brigade pemadam kebakaran Jerman atas dedikasi mereka yang luar biasa. Karena mereka proses evakuasi ini dapat berlangsung cepat dan aman. Begitu juga kesabaran dan keberanian yang dimiliki oleh para penumpang untuk menunggu proses evakuasi dan kepercayaan mereka terhadap brigade pemadam kebakaran Cologne.

Tags
Cable Car Cologne German insiden kereta gantung
Share