Tempat Wisata Blitar Dengan Pemandangan Super keren!

Blitar yang cemerlang bagai permata berpendar akan selalu jadi kenangan manis bagi siapa yang berhasil mengunjungi tempat-tempat eksotisnya. Sebuah daerah yang berada di Provinsi Jawa Timur itu terkenal sebagai salah satu destinasi wisata menggiurkan, penuh makanan enak dan ke mana saja kamu melangkah ada keseruan yang tersuguh. Mungkin jika berbicara tentang Kota Patria itu, Makam Sang Proklamator yaitu Soekarno tak pernah luput dari daftar kunjungan.

ebenarnya masih ada banyak sekali ikon-ikon wisata baik yang berupa alam maupun sejarah lainnya.Seperti halnya beberapa tempat berikut ini, siapa sangka jika ternyata Blitar jauh lebih Indah dari berita-berita yang beredar. Biar kamu nggak semakin penasaran, langsung saja simak ulasan berikut ini agar semangatmu pergi liburan jadi lebih menggebu-gebu.

1. Goa Luweng
Goa Luweng [image source]
Goa Luweng [image source]

Datanglah ke tempat ini, kamu akan melihat penampakan alam yang istimewa berupa gua, di mana ada lubang di bagian atapnya dari atas mengalir air terjun yang jernih menciptakan gemericik air yang suaranya membahana di dalam gua. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai Gua Luweng, posisinya berada di Dusun Prodo, Desa Ngerjo, Kecamatan Bakung. Kamu bisa masuk melalui dua pintu yang sama-sama keren. Pintu pertama dilalui oleh air terjun sedangkan pintu kedua adalah aliran air menuju ke luar gua. Meski hanya memiliki kedalaman 50 meter, tapi keindahan yang ditawarkan begitu memukau.

2. Rambut Monte
Rambut Monte [image source]
Rambut Monte [image source]

Rambut Monte adalah kolam pemandian yang memiliki view bagus serta Instagram-able. Letaknya yang berada di Lereng Gunung Kawi juga menjadikan suasana serta udara di tempat ini jadi terasa sejuk. Kesegaran yang lebih nyata baru akan kamu dapatkan setelah menyentuh air yang jernih di Rambut Monte. Dari kejauhan, air di kolam ini menampilkan gradasi warna biru, sungguh cantik sekali. Untuk sampai di tempat ini kamu harus menempuh perjalanan selama 40 hingga 60 menit menuju Kecamatan Gandusari.

3. Sumber Dandang
Sumber Dandang [image source]
Sumber Dandang [image source]

Lokasinya tidak begitu jauh dari Rambut Monte di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari. Kamu bisa bertanya pada warga di sekitar situ arah menuju Sumber Dandang. Tak perlu kendaraan karena kamu bisa menempuhnya hanya dengan berjalan kaki. Sumber Dandang sebenarnya adalah bendungan yang dikelola olah warga untuk mengaliri persawahan. Namun, yang membuat tempat ini jadi terkenal adalah kejernihan airnya yang berwarna biru, layaknya air laut.

4. Jurug Bening

Jurug Bening [image source]
Jurug Bening [image source]

Jurug Bening adalah destinasi keren yang saat ini membutuhkan perhatian dari berbagai pihak terutama pemerintah, mengingat tempat ini sangat berpotensi jadi wisata andalan yang nantinya membuat nama Blitar semakin tenar. Buktikan sendiri bagaimana keindahan air terjun ini dengan datang ke lokasinya di Desa Wonorejo, Kecamatan Wates. Jika kamu bingung, bisa bertanya pada para penjual di Pasar Bantengan.

5. Air terjun Tirtogaluh
Air Terjun Tirtogaluh [image source]
Air Terjun Tirtogaluh [image source]

Saat ini Air Terjun Tirtogaluh lebih populer disebut Kedung Malang, merujuk pada palung-palung di sungai yang membentuk kolam alami berair segar. Ada juga bebatuan besar yang dialiri oleh air berarus deras. Di tempat yang secara administratif berada di wilayah Bakung. Dari parkiran kendaraan, kamu tidak langsung berjumpa dengan gemericik air tersebut, tapi harus berjalan kaki sekitar 500 meter. Karena bebatuan di tempat ini licin, kamu harus berhati-hati ya agar tidak tergelincir.

6. Kedung Entong
Kedung Entong [image source]
Kedung Entong [image source]

Jika dilihat dari ketinggian, palung berbatu ini seperti alat untuk mengambil nasi atau dalam bahasa Jawa disebut entong. Itulah mengapa kawasan wisata yang juga menyuguhkan air terjun ini disebut dengan Kedung Entong. Kamu bisa menemukan hidden paradise ini di Desa Pulerejo, kecamatan Bakung tidak begitu jauh dari Kedung Malang. Meski air terjunnya deras, tapi alirannya cukup jernih. Masyarakat setempat percaya jika ada penunggu berwujud buaya putih yang tinggal di Kedung Entong.

Itulah tempat keren yang ada di Blitar. Sebenarnya masih banyak destinasi lain yang belum diulas, namun kamu bisa mulai petualanganmu dari beberapa lokasi di atas.

Tags
Alam Blitar Wisata wisata blitar
Share