Mengenang Jasa Pahlawan, 4 Tempat Bersejarah di Surabaya

Surabaya merupakan salah satu kota yang menjadi saksi perjuangan pahlawan dalam melawan pasukan Belanda. Peristiwa sakral perobekan bendera Belanda pun juga terjadi di Surabaya. Selain itu, Kota Pahlawan ini juga menjadi lokasi peperangan antara pasukan Indonesia dan dengan pasukan Inggris pada tanggal 10 November 1945. Karenanya dapat ditemukan beberapa tempat bersejarah di Surabaya yan dapat dikunjungi.

Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan via shutterstock.com

Tugu Pahlawan adalah salah tempat bersejarah di Surabaya yang berada di depan Kantor Gubernur Jawa Timur, tepatnya di Jalan Tembaan. Dengan ketinggian 40,5 meter dan diameter 3,10 meter, monumen ini dibangun untuk menghormati jasa pahlawan yang gugur pada pertempuran 10 November 1945. Bangunan yang berbentuk paku terbalik ini memiliki trisula, cakra, dan padma yang merupakan simbol api perjuangan.

Jembatan Merah

Jembatan Merah via instagram/panoramasurabaya

Jembatan Merah merupakan salah satu tempat bersejarah di Surabaya. Tak hanya karena warnanya mencolok dan terletak di kawasan perdagangan, jembatan ini memiliki sejarah yang luar biasa. Tempat ini juga menjadi lokasi pecahnya pertempuran anatara pejuang Indonesia dengan pasukan Inggris. Di tempat ini pula pejuang Indonesia dapat melumpuhkan pemimpin pasukan Inggris Brigadir Jenderal Aubertin Mallaby.

Gedung Pertamina

Gedung Pertamina Surabaya via kekunaan.blogspot.com

Di sekitar Jembatan Merah, teman traveler dapat menemukan banyak sekali gedung-gedung tua yang memiliki arsitektur kolonial. Beberapa masih terawat hingga saat ini, namun beberapa juga mulai habis dimakan zaman. Salah Satunya adalah Gedung Pertamina yang berada di Jalan Niaga. Gedung ini dibangun pada 25 Oktober 1945 yang kemudian diduki pasukan sekutu untuk mengajarkan cara merampas senjata perang warga Surabaya.

Monumen Jenderal Sudirman

Monumen Djenderal Sudirman via kamerabudaya.com

Monumen Jenderal Sudirman berada di Jalan Yos Sudarso, tepat di depan Balai Kota Surabaya. Untuk memperingari hari pahlawan dan jasa beliau yang sukses memukul mundur tentara Inggris ke Semarang, monumen ini dibangun pada 10 November 1970. Jenderal Sudirman dalam patung tersebut tampak menggunakan seragam PETA (Pembela Tanah Air), sepatu boot, dan pedang di pinggang sebelah kiri. Di bawah patung terdapat kubus yang berisi kata-kata yang serting beliau lontarkan selama revolusi.

Dengan predikatnya sebagai Kota Pahlawan, Surabaya memiliki banyak tempat-tempat bersejarah yang menjadi saksi kemerdekaan Indonesia. Karena itu di Surabaya teman traveler masih dapat menemukan beberapa bangunan kolonial yang berdiri. Seperti empat lokasi yang telah disebutkan di atas. Teman traveler pernah mengunjungi salah satunya?

Tags
Indonesia Jawa Timur sejarah Surabaya Wisata
Share