Tugu di Indonesia Sering Jadi Lokasi Selfie Muda Mudi

Tugu merupakan bangunan yang dibangun dengan berbagai tujuan. Bisa digunakan untuk ikon suatu tempat, bisa juga sebagai simbol, sampai dengan untuk menandai sebuah peristiwa penting. Di Indonesia ini memiliki banyak sekali tugu yang hampir tersebar di seluruh penjuru negeri. Namun hanya ada beberapa saja yang sering dijadikan lokasi selfie. Mari kita ulas tugu lokasi selfie yang jadi favorit di Indonesia..

1. Tugu Pal Putih, Jogja

Berpose di Tugu Jogja, Via Instagram piknik_djogja

Salah satu tugu yang bisa dibilang selama ini jadi langganan para wisatawan adalah Tugu Pal Putih yang terdapat di Jogja. Banyak sekali orang berburu foto di tugu yang sudah berusia sekitar 3 abad ini. Tugu Pal Putih ini memiliki nilai simbolis dan merupakan garis yang bersifat magis yang menghubungkan antara laut selatan, Kraton dan juga Gunung Merapi, Tugu Pal Putih ini berada di tengah perempatan Jl. Pangeran Mangkubumi – Jl. Jenderal Sudirman – Jl. AM. Sangaji, dan juga Jl. Pangeran Diponegoro.

2. Tugu Monas, Jakarta

Berfoto di Tugu Monas, Via Instagram alexandrojulio

Selanjutnya yang tidak kalah populer dari Tugu Pal Putih di Jogja adalah Monas yang terdapat di Ibu Kota. Ini merupakan tugu yang memiliki ketinggian mencapai 132 meter yang di bagian puncaknya terdapat lapisan emas seberat 35 kg. Pembangunan Monas ini dimulai sejak tahun 1961 dan dibuka untutk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Banyak wisatawan berburu foto di Monas saat sedang berkunjung. Lokasi dari Monas ini berada di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

3. Tugu Pahlawan, Surabaya

Tugu Pahlawan Surabaya, Via Instagaram octavia._wijaya

Lokasi tugu lainnya yang juga menjadi favorit para muda mudi untuk selfie adalah Tugu Pahlawan, Surabaya. Tinggi tugu ini adalah 41,15 meter dan memiliki bentuk seperti paku terbalik. Tak hanya sebagai tempat selfie, Tugu Pahlawan ini juga menjadi salah satu pengingat perjuangan arek-arek Suroboyo ikut serta dalam perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia. Lokasi dari Tugu Pahlawan ini berada di dekat Kantor Gubernur Jawa Timur.

4. Tugu Khatulistiwa, Pontianak

Tugu Khatulistiwa, Via Instagram margiani1986

Tugu Khatulistiwa juga menjadi salah satu jujukan muda mudi untuk selfie. Ini merupakan tugu yang dibangun sejak tahun 1928. Dan di tahun 1990, Tugu Khatulistiwa ini direnovasi menjadi bentuk yang sekarang ini. Uniknya, karena berada di titik nol garis khatulistiwa, kamu tidak akan menemukan bayangan di tugu ini. Tugu Khatulistiwa ini berada di Jl. Khatulistiwa, Pontianak, Kalimantan Barat.

5. Tugu Muda, Semarang

Tugu Muda Semarang, Via Instagram id.selviana

Memiliki bentuk seperti lilin, Tugu Muda di Semarang ini memiliki makna semangat juang para pejuang untuk mempertahankan Indonesia yang tidak pernah padam. Ada taman yang mengelilingi tugu ini sehingga membuatnya terlihat cukup asri. Di balik maknanya yang sangat dalam, lokasi ini juga menjadi salah satu jujukan para wisatawan untuk selfie. Lokasi Tugu Muda ini berada di tengah-tengah persimpangan lima jalan utama di Semarang.

6. Tugu Nol Kilometer, Sabang

Tugu Nol Kilometer, Via Instagram ohwisa

Tugu Nol Kilometer merupakan salah satu lokasi yang selama ini dijadikan jujukan wisata saat orang pergi ke Sabang. Tugu Nol Kilometer atau yang disebut dengan Monumen Kilometer Nol ini adalah penanda titik 0 kilometer Indonesia yang lokasinya berada di ujung paling barat Indonesia, tepatnya berada di Desa Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Aceh. Tugu Nol Kilometer ini diresmikan pada tanggal 9 September 1997.

Gimana, apakah kamu juga pernah selfie di salah satu tugu yang disebutkan di atas?

Tags
Indonesia tugu Indonesia tugu lokasi selfie
Share