Telun Berasap, Eksotisnya Air Terjun Berbalut Asap dan Pelangi

Teman Traveler pegal-pegal selepas mendaki gunung? Jangan khawatir. Di Kabupaten Kerinci ada lokasi menarik yang bisa kalian kunjungi selepas melakukan aktivitas berat macam pendakian. Namanya unik, Air Terjun Telun Berasap.

Selain bisa mandi dan menyegarkan badan, di sini juga sangat cocok untuk menyegarkan pikiran kusut. Apalagi jika Teman Traveler sudah penat dengan rutinitas kantor. Mau tahu seperti apa tempatnya? Yuk, simak ulasan berikut.

Sajian Alam Memukau

Anak air terjun (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Jika Teman Traveler berpikir Gunung Kerinci adalah satu-satunya destinasi menarik di Kabupaten Kerinci, kalian salah besar. Sebab Air Terjun Telun Berasap hadirkan sajian alam yang begitu memukau. Aliran airnya pun terasa begitu segar. Paduan sempurna buat kalian yang cari lokasi santai sambil berbasah ria.

Beda dengan destinasi sejenis di Jambi, air terjun ini memiliki keunikan berupa asap yang menyelubungi permukaan airnya. Yap, saking besarnya debit air di Telun Berasap, percikan air yang jatuh jadi nampak seperti asap. Itu juga yang membuat destinasi ini diberi nama ‘berasap. 

Bias Warna Pelangi

Panoramanya sangat indah (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Bila Teman Traveler datang saat cuaca cerah, paduan percikan air dan sinar matahari akan hasilkan bias pelangi yang indah. Fenomena unik ini yang kerap jadi daya tarik para pengunjung. Mereka umumnya rela menunggu untuk bisa menyaksikan langsung panorama elok di wisata Jambi satu ini.

Aliran airnya nampak begitu indah (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Panorama alam eksotis di sekitar air terjun juga bisa membuat siapa pun malas berpaling. Di dekat sini Teman Traveler akan melihat suguhan rimbunan pepohonan, berpadu dengan suara gemuruh menghantam bebatuan terjal.

Bias pelangi di air terjun (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Air yang mengalir di celah tebing setinggi 50 meter tersebut konon terbawa dari hulu Danau Gunung Tujuh. Bila hendak menikmati pemandangan epik ini, Teman Traveler bisa langsung naik ke puncak tertinggi. 

Potensi menarik lainnya adalah gua di balik air terjun. Sayangnya, hingga kini belum ada yang menelusurinya. Tingginya debit air terjun menjadi salah satu kendala. Jika Teman Traveler punya nyali dan kemampuan khusus dalam penelusuran gua, barangkali tempat ini bisa jadi list tujuan. 

Akses Menuju Air Terjun

Debit air di sini cukup tinggi (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Air Terjun Telun Berasap berada di Desa Telun Berasap, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Posisinya masuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat. Jadi tak perlu heran jika keasrian tempat ini masih terus terjaga hingga sekarang. 

Suasana asri yang sangat terjaga (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Bila hendak berkunjung ke sini, Teman Traveler bisa memulai perjalanan dari Jambi menuju Sungai Penuh. Menempuh jarak 500 kilometer, kalian bakal butuh waktu sekitar delapan jam. Kalian bisa menumpang kendaraan umum (mini bus) atau pribadi. 

Alternatif lain adalah lewat rute Padang menuju Tapan dan dilanjutkan ke Sungai Penuh. Waktu tempuhnya berkisar tujuh jam, dengan melintasi jalur sepanjang 287 km. Teman Traveler bisa digunakan transportasi umum (mini bus), kendaraan sewaan, atau mobil pribadi. 

Dari Kota Sungai Penuh, perjalanan dilanjutkan menuju Desa Talun Berasap dengan jarak tempuh 60 km. Tenang saja, jalurnya masih bisa dilalui kendaraan roda empat kok. Setibanya di sana, air terjun bisa dicapai dengan berjalan kaki sejauh 300 meter. 

Anak tangga menuju air terjun (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Selama perjalanan dari desa ke lokasi, Teman Traveler akan menemukan anak tangga tertata rapi. Kalian juga bakal melihat jajaran pohon besar, yang oleh masyarakat sekitar diyakini sudah berusia ratusan tahun. Oh ya, pemandangan di sini juga tidak kalah indah lho. Suasana asri dan hijau sangat kental terasa.

Begitu sampai di air terjun, semua lelah Teman Traveler bakal langsung terbayar dengan pemandangan memukau air terjun. Dijamin takkan kecewa deh.

Deretan Fasilitas Menarik

Pondok untuk nikmati air terjun (c)

Sebenarnya fasilitas di Air Terjun Telun Berasap cukup lengkap. Hanya saja sebagian besar kondisinya kurang terawat. Teman Traveler bisa menemukan beberapa shelter untuk bersitirahat, deretan pondok, toilet umum, dan juga mushola.

Selain itu, Teman Traveler juga bisa menyambangi beberapa pedagang untuk membeli sejumlah kebutuhan usai puas basah-basahan di dekat air terjun. Kalian pun boleh mencicipi makanan khas Kerinci seperti gulai ikan semah, teh kayu aro, kopi kerinci, hingga dodol kerinci. 

Bila datang dari luar daerah dan hendak menginap, Teman Traveler harus mencari penginapan di Kota Sungai Penuh. Soalnya di sini tidak tersedia tempat bermalam. Bagaimana, tertarik berpetualan di air terjun satu ini?

Tags
Air Terjun Telun Berasap Jambi kontributor Travelingyuk wisata jambi
Share