Teluk Saleh, Spot Camping dengan Sunset Indah di Sumbawa

Advertisement

 

 Tak kalah dengan Lombok, Sumbawa juga memiliki pulau-pulau kecil yang eksotis. Setiap pulaunya mempunyai daya tarik tersendiri, sangat menarik untuk dijelajah satu persatu. Ada banyak spot snorkeling dan diving yang bisa dieksplorasi di Sumbawa. Salah satunya adalah Teluk Saleh yang menjadi ibu dari banyak pulau mini seperti Gili Mariam, Sentigi, dan lainnya. Yuk, lihat teluk ini lebih dekat lagi.

Bagian Kecil dari Sumbawa yang Seindah Surga

Indahnya Teluk Saleh
Indahnya Teluk Saleh [image source]
Teluk Saleh merupakan perairan jernih yang termasuk dalam 3 kawasan, yaitu Sumbawa, Dompu, dan Bima. Daerah ini menjadi lahan basah karena merupakan kawasan pemancingan bagi rakyat yang tinggal di ketiga wilayah di atas. Lokasinya berbatasan langsung dengan Laut Flores, Nusa Tenggara Timur. Tak terlalu susah untuk menjangkau Teluk Saleh. Kamu bisa berangkat dari beberapa titik, seperti Labuhan Jontal. Cukup menyewa kapal atau speedboat yang muat untuk 10 orang dengan harga sekitar Rp 400.000-an. Lumayan kan bisa patungan.

Teluk Saleh
Teluk Saleh [image source]

Perairannya Sebening Kristal

Beningnya perairan Teluk Saleh
Beningnya perairan Teluk Saleh [image source]
Perairan di Teluk Saleh sangat bening dan sejernih kristal. Keindahan ini bisa dinikmati saat berkeliling pulau dengan menggunakan kapal. Dasar laut yang tampak jelas dari atas membuat teluk ini seperti akuarium raksasa. Tentu saja dilengkapi dengan terumbu-terumbu karang yang melambai-lambai dari kedalaman, juga ikan-ikan hias yang indahnya bikin betah. Teluk Saleh, khususnya Gili Mariam biasanya digunakan para traveler untuk mendirikan tenda. Sudah terbayang kan menikmati cantiknya langit malam ditemani dengan suara ombak yang berdebur. Angin dan aroma laut yang khas lah yang akan membangunkanmu dari tidur. Setelah melek, langsung bisa terjun bebas ke perairannya. Liburan yang sempurna, bukan?

Teluk Saleh, Sumbawa
Teluk Saleh, Sumbawa [image source]

Pemandangan Sekitar yang Melelehkan Penatmu

Sunset di Teluk Saleh
Sunset di Teluk Saleh [image source]
Laut super jernih yang mengelilingi pulau-pulau di Teluk Saleh ternyata hanya sebagian kecil dari keindahan yang ditawarkan. Dari titik ini, kamu bisa melihat keagungan Gunung Tambora. Tak hanya itu, padang ilalang yang ada juga menjadi lokasi yang sempurna bagi kamu yang hobi berswafoto. Jangan khawatir, kamu tidak akan kehabisan spot selfie di sini. Kelebihan yang bisa didapatkan saat kamu kemping di sini adalah kesempatan untuk menyaksikan romantisnya sunset di Teluk Saleh. Benar-benar fenomena yang harus kamu saksikan sendiri kecantikannya.

Keindahan Teluk Saleh
Keindahan Teluk Saleh [image source]

Aktiftas Lain yang Bisa Dilakukan

Gili Mariam
Gili Mariam [image source]
Banyak hal yang bisa dilakukan saat berada di Teluk Saleh dengan gili-gili eksotisnya. Jelas, sehari saja tak cukup untuk menjelajah setiap sudutnya. Berkemah dan menikmati sunset di sini hanyalah bagian kecil dari keseluruhan hal asik yang bisa dilakukan di lokasi ini. Apa lagi kalau bukan basah-basahan dengan snorkeling dan diving. Teluk Saleh merupakan akuarium raksasa yang keindahan alam bawah lautnya sudah terlihat dari atas. Bayangkan apa yang bisa kamu saksikan jika langsung terjun dan melihatnya dari dekat? Wah, pasti jadi lupa pulang.

Snorkeling di Teluk Saleh
Snorkeling di Teluk Saleh [image source]

Kuliner Khas Sumbawa

Ilustrasi Singang, Kuliner Sumba
Ilustrasi Singang, Kuliner Sumba [image source]
Saat berkunjung ke kota atau negara asing, hal yang tak boleh terlewatkan adalah mencicipi kuliner khas dari daerah tersebut. Di Sumbawa sendiri ada banyak makanan tradisional yang sebagian besar menggunakan bahan dari laut, salah satunya dalah Singang, yaitu ikan yang dimasak dengan kuah kuning. Ada juga uta mbeca, yang merupakan sayuran yang menyerupai daun kelor, dan hanya ditemukan di Bima atau Dompu. Segar banget, apalagi jika disantap siang hari dengan lauk ikan goreng.

Ilustrasi Utam Beca, Kuliner Sumbawa
Ilustrasi Uta Mbeca, Kuliner Sumbawa [image source]
Nah, semakin banyak saja wisata indah yang wajib dikunjungi di Sumbawa. Yakin masih bisa menolak pesonanya. Bagaimana, mau ajak siapa nih untuk menikmati sunset romantis ala Teluk Saleh?

Advertisement
Tags
Indonesia Sumbawa teluk saleh
Share